Orang yang Beruntung

Siapakah orang yang beruntung? Kalo sampeyan tanya Kaka Slank mungkin jawabnya adalah orang yang kecil dimanja, muda terkenal, tua kaya raya, dan mati masuk surga. *mbahmu kuwi!* 😯

Ada juga yang bilang kalo faktor umur dan kelakuan lah yang menentukan kita beruntung atau ndak. Paling beruntung itu umur pendek kelakuan baik, paling celaka umur panjang kelakuan bejat.

Beberapa tahun lalu mbak saya yang di Jogja kena musibah. Dalam perjalanan pulang ke Jogja setelah menghadiri resepsi kawinan seorang temennya, mobil yang dia tumpangi ditabrak dari depan oleh panther yang nyelonong karena sopirnya ngantuk. Mbak saya yang duduk di depan harus kehilangan bayinya yang tinggal menunggu seminggu dari jadwal melahirkan.

Sakitkah rasanya? Jelas, sedih, merasa kehilangan, menyesal, berandai-andai kalo saja begini, kalo saja begitu.

Dalam percakapan dari hati ke hati saya bilang ke mbak saya, “semua sudah ada garisnya mbak, ada saatnya manusia harus percaya bahwa Yang Di Atas lebih tau apa yang terbaik buat kita. Sebenarnya kalo kita mau liat dari sisi berbeda anak sampeyan itu beruntung, ndak kayak kita yang tiap hari dikasih kesempatan mencicipi dosa, anak sampeyan sudah jelas langsung masuk sorga”.

Kemaren saya ditelepon sama istri saya, ngabari kalo temen saya Sigit Bahtiar, drummer dalam orkes dangdut saya dulu di sekolah tinggi kaum dhuafa kedinasan, ndak ikut in hotel training karena anaknya meninggal kena muntaber. Innalillahi wa innailaihi roji’un.

Saya ndak bisa ngomong apa-apa, cuma berdoa semoga sampeyan tabah ridho dan ikhlas menerima cobaan ini. Saya tau sampeyan orang yang kuat, mental yang sudah teruji waktu dulu sampeyan mbakar duit yang dikasih sama orang di pabrik untuk memanipulasi data.

Konon katanya untuk orang yang nantinya masuk sorga, senikmat-nikmatnya hidup yang sekarang dijalani bisa diibaratkan neraka baginya. Sedangkan untuk orang yang nantinya masuk neraka, betapapun sengsaranya hidup di dunia bisa diibaratkan sorga.

Bayinya mbak saya, anaknya temen saya, mungkin termasuk orang-orang paling beruntung. Ndak perlu merasakan nikmat yang ibarat neraka maupun sengsara yang bagaikan sorga. Ndak ada acara mengais-ngais pahala, menjilat-jilat dosa.

Buat mas Sigit, sampeyan pasti masih ingat lagunya Dream Theater, “the spirits carries on”

Move on be brave
Don’t weep at my grave because I am no longer here
But please never let your memory of me dissapear

Mumpung ini hari jumat, mari saya ajak sampeyan merenung, sudahkah sampeyan merasa sebagai orang yang beruntung?

51 comments on “Orang yang Beruntung

  1. zefka berkata:

    Memang mas semua yg ada di dunia ini udah ada “garisnya” sendiri2. Orang awam kayak gw ini kadang kalo “garisnya” memberikan manfaat besar, gw sebut lg beruntung, ntar kalo pas dapat “garis” yg gak enak disebut gak beruntung. Padahal kan semua udah digariskan dari awal, gak diundi atau dirandom, jadi istilah beruntung atau gak beruntung serasa kurang pas. Tetapi apapun yg gw dapat..ya Alhamdulillah

  2. intan berkata:

    Yahh…kalo nganggep diri aq kurang beruntung, ..masih banyak yang lebih gak beruntung dari aq.. jadi mungkin aq bakal bilang kalo aq nih uda beruntung banget bisa dilahirin kedunia, ngerasain hidup ini tu gmana, yahh…beruntung lahh.. bersyukur juga sama Yang Di Atas…:)

  3. zee berkata:

    Kalo saya mikirnya, selama kita masih bisa merasakan senang, artinya ada tempat tinggal, bisa makan minum, bisa tertawa, tidak dibenci oranglain, itu namanya sudah beruntung.

  4. yustha tt berkata:

    saya selalu merasa menjadi orang paling beruntung sedunia… *halah…..berle mode ON*
    kadang kalau lagi down, inget lagi keberuntungan2 (baca: anugerah TUHAN) yang sudah saya terima. Cukup membangkitkan semangat…

    mari lihat sisi positif dari setiap perkara… *mudah2an sy juga bisa*

  5. mawi wijna berkata:

    Kalau terus-terusan dikasih cobaan, manusia ya pasti ndak tahan. Tapi kalau terus-terusan dikasih kebahagiaan, manusia ya pasti kesenengan. Menurut saya orang yang paling bahagia adalah orang yang mampu untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ia alami.

  6. Chic berkata:

    saya beruntung masih dikasih kesempatan untuk memperbaiki dosa sama Tuhan :mrgreen:

  7. egah berkata:

    beruntung bisa baca postingan ini jadi bisa instrospeksi dan mensyukuri apa yang sudah saya dapat meskipun banyak keinginan yg belum tercapai..trus tadi pas baca email kantor juga ada yg ngingetin buat zakat…saya merasa beruntung hari ini om stein

    ayo jumatan cak 😀

  8. Orang yang beruntung adalah orang Islam yang beriman dan bertakwa 😀

  9. hawe69 berkata:

    gw beruntung karena sampai saat ini, selalu dikelilingi oleh orang2,teman2, kerabat2 yang baik-baik.

    Mas,
    gw juga sependapat kalo orang yang mati muda, orang yang meninggal, adalah orang yang beruntung.. karena sudah ‘lulus’ dari dunia.. yang makin bejad dan bikin capeeee deuhhh.. 😎

  10. kucrit berkata:

    saya beruntung mas jadi orang jawa, dalam kondisi apapun tetap untung..
    walau dapat musibah pun tetap untung .. “untung.. tidak sedo”, “untung.. gak tugel tangannya”, “untung.. gak pecah kepalanya”.. dan lain-lain.
    pokoknya untung punya lah.. hahahahahhaa..
    siip mas, tulisane sampean masuk dihati…

  11. christin berkata:

    saya sedang berusaha untuk terus bersyukur mas. bahwa saya beruntung dalam hal ini itu. lebih tepatnya mencoba bersyukur tanpa pembanding. duh postingan sampeyan yang itu menohok banget 😆

    yah. optimalisasi kualitas hidup. biar bisa tersenyum setiap pagi dan bilang “if i die tomorrow i’ll be allright because i believe that after we’d gone, the spirit carries on.”

    #stein:
    lho, sampeyan tau juga tho lagu itu 😆

  12. iskandaria berkata:

    Kalo menurut saya sih, orang yang paling beruntung ialah yang semasa hidupnya sudah menemukan panggilan hidupnya di dunia ini, sehingga ia menjadikan segala aktivitasnya sebagai sebuah persembahan dan pelayanan kepada sesama 🙂

  13. Takodok! berkata:

    Turut berduka cita untuk temennya mas stein…

    Soal beruntung, entahlah, kalo saya di posisi yang kehilangan belum tentu saya bisa memandang bahwa yang saya cintai itu beruntung, karena ia telah hilang dari saya 😐

  14. saya? orang beruntung?
    hmm.. mungkin ya, mungkin ga. tapi yang pasti, saya akan selalu berusaha untuk mendapatkan dan memberikan kebaikan..

  15. nietha berkata:

    Jadi merasa beruntung bisa mampir disini ..

  16. deeedeee berkata:

    itu semua tergantu persepsi kita, mas… kalo kita merasa kuraaang aja, pasti merasa tdk beruntung.. padahal dah bisa napas tanpa bantuan alat apa pun sudah termasuk beruntung…

    mungkin harus banyak2 bersyukur…

    turut berduka cita atas meninggalnya anak dari Mas Sigit. semoga diberi ketabahan … aamiin

    *tumben komentar saya rada bener… :mrgreen:

  17. christin berkata:

    Itu lagunya DT yang saya suka dengerin kalo lagi kalut atau ilang kemana gitu. Inspiring. Ada satu lagi lagu macem begini yang saya suka, After All These Years punya Silverchair. Liriknya dalem 😀

  18. suwung berkata:

    ikut berduka untuk sigit

    dan kita akan merasa beruntung

  19. ireng_ajah berkata:

    kadang aku kalo dengerin lagunya DT yang itu, tanpa dikomando lagi, merenung. Malah kadang air mata mpe netes..hikss..hikss…

    harus banyak2 bersukur atas semua yang kita peroleh, baik itu yang baek maupun yang buruk sekalipun.

    Turut berduka cita

  20. adipati kademangan berkata:

    Wong sing beruntung kuwi lek jareku yo wong sing dino iki luwih apik tinimbang dino wingi. wong sing sesuk luwih uapik maneh tinimbang dino iki.

  21. Kus Andriadi berkata:

    wah..kesian juga seminggu sebelum melahirkan eh malah kecelakaan…>..< yang penting kita ambil hikmahnya aja, mungkin kita punya salah dan kurang bersyukur di masa lampau,,^^

  22. Gyl berkata:

    Hmm… semoga kita bisa masuk dalam golongan orang yang beruntung karena pandai bersyukur 🙂

  23. Ade berkata:

    beruntung karena masih bisa komen di sini 😀

  24. nomercy berkata:

    aduh mas … lagunya baru saja lewat saya puter …

    kita memang harus selalu bersyukur dan ikhlas … sebatas apapun karunia dan perolehan kita … tetapi bukan berarti harus menyerah kepada nasib, karena hanya takdir yang merupakan titik …

    semoga kita dapat selalu dalam keadaan bersyukur dan ikhlas …

  25. Silly berkata:

    Aku punya teman yang menurut aku sangat beruntung, punya segalanya. Rumah tersebar diseluruh dunia, di Indo, di jepang, singapore, wina, paris, austria, beli mobil kayak beli kerupuk aja, kadang lagi ngobrol dia bilang bentar, mo landing dulu. Ternyata dia sdg diatas pesawat pribadi dlm perjalanan dr paris ke Austria. Kadang lagi di samudara Indonesia, sedang berlibur ke Christmast Island, 2 hari kemudian tahu2 usah ada ditengah2 pertandingan bola di Inggris, nonton Liverpool. Besoknya tahu2 di Jepang, padahal baru tadi pagi masih di Jakarta.Edan! Sayangnya, dia justru merasa orang yang lain lebih beruntung, karena orang lain sehat, dia enggak, kanker sudah membatasi waktunya menikmati hidup. So, berbahagialah org yang dikaruniai kesehatan, kalian jauh lebih beruntung 🙂

  26. chonz berkata:

    semuanya kita serahkan kepada Allah….
    kita di dunia (klo orang jawa bilang) mung mampir ngombe…
    ada kalanya kita semua berkumpul satu sama lain,,ada kalanya kita semua berpisah satu sama lain….

    saya turut berduka cita,,semoga diberi ketabahan,,

    ada hikmah dibalik kejadian….

    “Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya”

  27. Muzda berkata:

    Bukankah orang yang beruntung adalah orang yang selalu merasa cukup?
    Kalau begitu, adakah orang yang benar-benar beruntung?

    Tapi, hahaa .. orang Indonesia memang gak pernah rugi.
    Contohnya …
    “untung kaki gak patah.” padahal mobil udah ringsek.
    “Untung dapat C.” padahal masih ada nilai A dan B yang lebih baik, cuma karena dosennya killer aja.

  28. arman berkata:

    ikut berduka cita ya mas buat mbak nya dan temennya…
    emang sih kalo dipikir ya anak2nya itu beruntung karena langsung masuk surga, tapi namanya orang tua ya pasti sedih banget lah… ditinggal anaknya dalam masa yang singkat…

    moga2 bisa tabah ya..

  29. Rindu berkata:

    “mengais pahala, menjilat syurga” istilah baru nih kang buat saya … 🙂

  30. Bisnis Online berkata:

    asik banget yach jadi org beruntung 🙂

  31. hanif berkata:

    Orang yang beruntung adalah orang yang memanfaatkan setiap waktunya untuk menggapai ridho-Nya sebagai bekal disaat pulangnya. Mungkin ini yang menjadikan Imam Syafingi mengatakan bahwa jika Allah menurunkan surat Al Asr saja itu sudah cukup.

  32. quinie berkata:

    sayah masih beruntung di kasi kesempatan untuk bisa konek dengan internet, blogwalking ke tempat dikau dan bisa komen. alhamdu? lillah…

  33. marshmallow berkata:

    katanya sih, kehilangan yang paling sakit adalah apabila anak mendului orang tua. jadi saya akan maklum apabila mbaknya mas stein maupun mas sigit akan sangat terpukul dengan kehilangan mereka.

    tapi seperti mas stein, membaca karakter mereka di sini membuat saya yakin bahwa mereka akan kuat. dan surga adalah balasan bagi orang-orang yang sabar menghadapi ujian Allah.

    inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.

  34. warm berkata:

    kalo soal ini sih,
    saya selalu merasa orang yg paling beruntung di dunia, mas
    🙂

  35. Turut berduka cita mas untuk anak mbak nya juga anak temannya.

    Umur manusia memang sudah ada yg ngatur.
    Pandanagan akan keberuntungan anak2 itu, semoga dpt meringankan hati para orang tua yang ditinggalkan tersebut.

    Salam, EKA
    P.S. saya gak naksir suami org, tapi lagi kepengen cendol nangka di Bintaro di depan mesjid besar sektor 1. Tau ga mas? Kan dulu kuliah di daerah sini kan ?

  36. GeLZa berkata:

    Saya terbawa cerita….
    turut berduka cita..
    saya juga pasti merasa sedih jika ditinggal oleh orang yang saya sayang….

    salam…

  37. morishige berkata:

    kadangkala beruntung atau tidak beruntung itu hanya masalah bagaimana cara seseorang menyikapinya saja… [morishige]
    wah.. saya bikin quote baru, nih.. hehe..

  38. Catra berkata:

    Semoga mbak yang keguguran bayinya diberikan ketabahan. Duh kasih banget, tinggal nunggu seminggu lagi padahal

  39. samsul arifin berkata:

    manusia itu makhluk yang beruntung, karena diberi kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri, tentu dengan tetap dibatasi koridor yang bernama takdir. nek menurut saya, dalam setiap usaha itu selalu ada faktor x, orang pinter kadang gagal, orang bodoh, ndak pinter kadang berhasil, apa itu yang disebut beruntung atau ndak beruntung? mungkin, tapi saya sendiri lebih cocok kalo itu disebut koridor nasib, itulah takdir.

    masih ingat komentar njenengan di blogku mas? semoga bisa membantu mas sigit. 😀

  40. mercuryfalling berkata:

    turut berduka cita..semoga yg ditinggalkan tabah.

    *aku shalat dulu aaaahhhh…takut masuk neraka hikhik doh maghribnya jam 9.30 malam disini*

  41. Dian berkata:

    eh nanyak donk mas. kalo ada yg nyewa rumahku di indonesia, bayar pajaknya gimana yak ? kayaknya NPWP-ku belum jadi 😀 perhitungannya gimana ?

  42. Akmal Online berkata:

    Kalo takdirnya emng harus bgitu .. ya harus gmn lgi..

  43. asri berkata:

    turut berduka utk temannya…
    dan mari kita memperbaiki diri selama masih diberi kesempatan hidup d dunia 😀

  44. frozzy berkata:

    beruntung tidak beruntung harus tetap bersyukur mas….

  45. maya berkata:

    turut berduka cita ya mas untuk kakak dan temanya
    beruntung masih bisa posting ini untuk kembali merenung 🙂

  46. Ria berkata:

    semua memang sudah ada jalannya masing2 ya mas…
    manusia berkehendak, Allah yang nentuin…
    kalau manusia mo A tapi Allah ngasih B
    kita cuman bisa iklas nerima aja harusnya…

  47. jarwo berkata:

    iya ya,gmna caranya jadi orng yang beruntung tapi ga pake susah……he……..

  48. […] File Name : Orang yang beruntung – mas stein « menulis selayaknya Source : mastein.wordpress.com Download : Orang yang beruntung – mas stein « menulis selayaknya […]

  49. inayah berkata:

    Saya butuh pinjaman sebesar rp.75 juta untuk ambil sertifikat yang di pegang rentenir,saat ini saya hanya mampu byr bunganya saja Rp.2,5 jt,mohon ada dermawan yang mau bantu meminjamkan saya angsur 5 th dengan angsuran Rp.2,5 jt, jika ada yang mau tlg hub saya di 081513772407

Tinggalkan komentar