Blood For Life Indonesia

Di bawah ini saya kopi paste imel dari salah seorang dedengkot blogger yang merasa tergerak untuk berbuat sesuatu demi bangsa ini.

Teman teman semua, Salam Unite,

Perkenalkan, saya, Silly, dari Blood For Life Indonesia, Wadah tempat bergabungnya orang-orang yang peduli dan sehati untuk kapan saja dibutuhkan… bersedia menyumbangkan darahnya bagi pasien yang URGENTLY needed blood transfussion, misalnya yang kecelakaan atau operasi jantung dsb. Keberadaan kami bukan sebagai kompetitor PMI, melainkan mensupport kinerja PMI dalam menyediakan darah bagi pasien2 yang membutuhkan.

Jadi BFL merupakan wadah Fresh Donor yang tidak membutuhkan biaya penyimpanan dan biaya administrasi lainnya, karena darahnya tersimpan dalam tubuh pendonor, sampai dibutuhkan diwaktu2 tertentu.

Kami bukan organisasi, bukan juga yayasan sosial, hanya gerakan moral yang lahir dari keprihatinan segelintir Anak Negeri, akan banyaknya pasien yang meninggal karena kekurangan darah sementara stock dari PMI tidak mencukupi, dan birokrasi yang berbelit2, serta biaya yang juta tidak sedikit yang harus dikeluarkan oleh keluarga pasien.

* Apakah dengan Bergabung berarti saya HARUS jadi donor?

Tidak juga… Bergabung dengan BFL tidak harus menjadi donor jika tubuh kita tidak memungkinkan untuk mendonor, atau takut jarum suntik. Tetapi bayangkan begini… Jika keadaan berbalik… kita berada pada posisi YANG BUTUH BANTUAN… apa yang akan kita lakukan, kalau bukan mencari bantuan kesana kemari bukan?…

Dengan bergabung bersama BFL, kita akan mendapatkan informasi berkala mengenai darah, penyakit2 yang membutuhkan darah dsb, sehingga potensial donor yang tergabung disini… cukup meyakinkan jika satu ketika kita membutuhkan bantuan donor bagi orang2 yang kita cintai.

*Lalu kapan saya harus mendonor jika saya tidak keberatan jadi donor.

Prinsip awal dibuatnya gerakan ini adalah… ketersediaan Pendonor untuk case yang URGENT, yang selama ini selalu membawa korban karena keluarga pasien tidak pernah berhasil mendapatkan calon donor dalam waktu singkat, sementara pasien tidak bisa bertahan lama.

Bergabung dengan BFL membuat kita bisa memberi arti bagi Nyawa org2 yang membutuhkan. Kita hanya perlu menunggu kapan KESEMPATAN untuk kita menjadi berarti bagi nyawa orang lain itu datang.

*Loh, jadi gak ada kegiatan donor darah bersama?

Occassionally pasti ada. Dan untuk ini kita akan bekerjasama dengan PMI Unit Transfusi Darah Pusat.

*Gak takut darah kita nanti diperjual belikan oleh PMI???

Saya sudah seringkali mendengar nada skeptik seperti ini terhadap PMI. Namun mengeluh terus tidak akan memberikan dampak apapun bagi bangsa kita…. LETS be THE AGENT OF CHANGE… kita dulu aja yang buat perubahan… kita sebarkan Energy positif kita kepada semua orang… Niscaya, aura positif ini akan menular juga pada semua orang yang ada disekeliling kita.

Seperti kata iklan… “Trust me… it works” 🙂

*Kenapa sih harus mendonor regularly.

Darah kita usianya 3 bulan sekali mengalami pertumbuhan, semakin sering mendonor, darah kita akan semakin sehat, karena selalu terbaharui sel-selnya. Setiap kali kita donorkan, otomatis darah kita akan terbaharui dengan sendirinya. Itu sebabnya kita dianjurkan untuk mendonorkan darah kita tiap 3 bulan sekali.

*Kenapa PMI sering banget kekurangan stock?

Just Fyi, usia darah yang sudah berpindah kedalam kantong darah, dan disimpan di PMI itu hanya 28 HARI (4 minggu), sementara pendonor regular, baru mendonor setiap 3 bulan sekali… itupun belum banyak.

Itu sebabnya PMI seringkali kekurangan stock darah, terutama untuk golongan darah yang langka spt AB.

*Apakah ada Uang yang harus saya bayar untuk menjadi anggota dsb?

TIDAK SAMA SEKALI. Ini gerakan moral yang non profit, jadi kita tidak akan memungut biaya apapun dari siapapun yang ingin bergabung

*Kalau pengen tahu lebih jauh, BFL Indonesia punya website gak?

Website sih belum, tapi kami sudah mendokumentasikan beberapa kegiatan di blog BFL Indonesia disini:

http://bloodforlife.wordpress.com

* Kalau pengen tahu lebih banyak lagi, mesti tanya siapa yah?

Silahkan kirimkan email anda ke : sillystupidlife[at]gmail[dot]com, dengan senang hati saya akan menjawab seluruh pertanyaan mengenai BFL Indonesia.

Untuk sementara itu dulu, semoga dengan email ini ada tergerak untuk bergabung bersama kami di Blood For Life Indonesia.

Mari memberi arti bagi kehadiran kita didunia ini, bagi nyawa sesama kita.

Salam

Silly on behalf of BFL Indonesia
http://bloodforlife.wordpress.com
http://sillystupidlife.com
http://groups.google.com/group/blood-for-life
—————————————————
THE BEAUTY OF LIFE doesn’t depend on HOW HAPPY I AM…
but on HOW HAPPY OTHERS CAN BE, because of ME..

Iklan

14 comments on “Blood For Life Indonesia

  1. Hei… ini menjawab ketakukan gue yang takut jarum tapi ingin berpartisipasi.
    Thx for sharing mas stein…
    skr lbh aktif di ngerumpi kayaknya nih ya mas 😉

  2. Vicky Laurentina berkata:

    Ah..I like this! Ke TKP ah..

  3. adipati kademangan berkata:

    akhirnya sampeyan posting juga. (kok rasanya sampeyan purik disana 😦 ) BFL, semoga menjadi pelopor karya anak negeri di bidang lain.

  4. silly berkata:

    Hai mas stein, makasih udah share artikel ini ya.

    Itu kok nyandu mbok-mbok?… emangnya gue mbok2 😆

  5. samsul arifin berkata:

    mas, definisi dari bergabung di sini bagaimana sih? aku pengin gabung soale, tapi bingung harus ngapain dulu. apa ini karena aku belum baca semuanya dengan baik ya? 😀

  6. andyan berkata:

    asiik
    *senyum2 gak jelas*
    malang aman2 to mas?

  7. annosmile berkata:

    hii..
    aku takut jarum suntik
    *kabooorrrrr*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s