Rp 20.000 Petik Apel Sepuasnya, Mau?

Apabila sampeyan berkunjung ke Batu, Jawa Timur, manakah tempat wisata yang pengen sampeyan kunjungi? Jatim Park, Batu Night Spectacular, Museum Satwa, Secret Zoo, Wisata Air Panas Cangar, Songgoriti, Selecta?

Atau mungkin sampeyan tertarik pada wisata agro, petik apel misalnya?

Bagi sampeyan yang pengen menikmati wisata petik apel mungkin sudah sering mendengar nama Kusuma Agrowisata, yang memang sudah lama menyediakan paket wisata petik apel dan strawberi serta dikelola secara profesional. Tapi buat saya wisata di situ ndak asik, silakan cek di situsnya, dengan membayar minimal Rp 32.000 sampeyan cuma diperbolehkan memetik dua buah apel.

Secara ndak sengaja kemaren saya nemu tempat lain yang menawarkan wisata petik apel dengan harga lebih bersahabat untuk buruh pabrik dengan kantong cekak macem saya, Rp 20.000 boleh metik apel sepuasnya. Kalo sampeyan mau bawa pulang juga boleh, silakan petik langsung dari pohon, nanti setelah ditimbang tinggal bayar sesuai harga pasar, waktu saya kemaren ke situ satu kilogram apel dihargai Rp 15.000.

Paket wisata ini ditawarkan oleh Kelompok Tani Makmur Abadi, yang beralamat di Jalan Diponegoro 10 Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Nomor teleponnya (0341) 511158, atau bisa sampeyan kontak via email kt_makmurabadi@yahoo.co.id. Sampeyan juga bisa kontak langsung ke pengurusnya, Pak Herry di (0341) 9638045 atau Pak Harno di (0341) 9689229.

brosur kelompok tani makmur abadiSetelah sempet nyasar ke tengah-tengah kebun apel, saya diantar seorang petani ke kantor Kelompok Tani Makmur Abadi, ternyata letaknya tepat di pertigaan jalan masuk ke Selecta. Kalo sampeyan dari arah Malang, letaknya di sebelah kanan jalan. Dari situ saya diantar oleh Pak Harno menuju kebun apel yang terletak di atas lokasi wisata Selecta. Kebun milik petani apel yang sebenarnya, bukan kebun jadi-jadian macem di Kusuma Agrowisata, suasana ndesonya lebih terasa, dan di situ anak-anak saya benar-benar bisa menjelajah serta memetik apel sepuasnya.

haidar menjelajah kebun apel

Puas memetik apel, saya balik lagi ke kantor Kelompok Tani Makmur Abadi, bukan mau komplain, saya pengen sekalian mencoba memeras susu sapi, cukup bayar Rp 15.000 per orang. Lagi-lagi saya diantar oleh Pak Harno, kali ini ke Jalan Melati, tepat sebelum masuk Kampung Wisata Kungkuk, ada sebuah rumah cukup asri di sebelah kanan jalan yang akan menjadi tempat saya mencoba memeras susu sapi.

airnya berlimpah, pancuran dari sumber air

airnya berlimpah, pancuran dari sumber air

Di situ saya disambut oleh Pak Ribut, seorang sepuh yang saya yakin akan membuat sampeyan terpana dengan keramahan, lebih-lebih akan pengetahuan dan kearifan yang beliau miliki. Saya sempat agak lama ngobrol dengan beliau, tentang berbagai kendala yang dihadapi petani serta peternak, tentang lebih efektifnya bergabung dalam kelompok tani daripada koperasi, juga tentang perjuangan beliau mengubah mindset petani di kawasan itu, salut buat beliau.

siap-siap meras susu

siap-siap meras susu

Enaknya berkunjung ke sini, sampeyan seperti sedang berkunjung ke tetangga, bukan seperti sedang mengunjungi tempat wisata. Tempatnya bikin ayem tentrem. Di sini anak-anak sampeyan juga bisa bermain-main di kolam yang sumbernya dari mata air alami, sueger tenan. Selain sapi di tempat ini juga ada kambing, kalkun, kuda, dan kelinci.

santai sambil menikmati susu hangat

santai sambil menikmati susu hangat

38 comments on “Rp 20.000 Petik Apel Sepuasnya, Mau?

  1. risdania mengatakan:

    rekomendasi menarik!! bosen ama paket promo sepuasnya ujung2nya cuma dapet tester seiprit..

  2. Nuzli L. Hernawan mengatakan:

    CTRL+D dulu, insyaAllah berkunjung ke sana. Thanks infonya om.

  3. nafisya_checa mengatakan:

    Mantabs… bisa di coba ne berkunjung k situ… ntar kalo ada yg baru info lagi ya…

  4. hendy mengatakan:

    oke keliatannya gan…rencana ntar lebaran mau kesana deh..
    tapi biayanya cm itu aja, ato aja fee untuk guide nya…

    #stein:
    itu saja mas, ndak ada biaya lain

  5. malangchoret mengatakan:

    sapine mek siji tah mas?

  6. pratik prihanto mengatakan:

    bos,segera hubungi kami, 081335606632, atau 085235364501. tanggal 3 okt kalau cocok saya bawa 3 bis (160 org )

  7. yayuk mengatakan:

    wah…info bagus nih,harus dicoba. kemarin dah ke yang satunya, tiket paling murah 43 ribu per orang, petik strawbery, bingung metiknya ga ada yang mau dipetik.jambu ga berbuah, apel masih kecil2, akhire nekat nyelonong masuk kebun apel yang agak dalem.habis gondok,bayar mahal ga dapat apa2.namanya doang yang besar

  8. Dicky Ganjos El-nino mengatakan:

    sepertinya bisa dicoba tuh,,, atur nuhun pisan buat infonyaaa….GOOOOO !!!!!! I,M COMING,,,

  9. adul mengatakan:

    mantep bos….saya juga kecewa dengan agro kusuma…bayangan saya kebun apel beneran, pas saya kesana lagi gak berbuah lagi…..kecewa bener…sy nyari yg memang alami kebun apel..

  10. Harno mengatakan:

    KALAU ANDA KURANG PERCAYA ATAS COMENT MAS STEIN DATANGLAH KE TEMPAT KAMI DI SEPUTARAN SELECTA KOTA WISATA BATU TLP.0341511158.

  11. Sadam mengatakan:

    makasih mas infonya, bisa dicoba kapan-kapan🙂

  12. hendrie mengatakan:

    besok saya kesana, Insya Allah akan saya beberkan disini,,,,hehehehe

  13. fuji mengatakan:

    betul om jangan pernah ke agro kusuma….gw dateng jauh2 bayangan gw masuk ke kebun apel bisa metik langsungke…lucunya lagi ada paket makan buah sepuasnya, eh disitu cuman disediain potongan2 kecil jeruk, semangka, apel, siapa juga yg mau makan……malu2in kota malang aja…rukun tani bisa dicoba neh…harus ada paket wisata yg menarik yg bener2 alami ke kebunnya..

  14. Fortuna Tour mengatakan:

    tq infonya, ada rencana bw group kesitu..panen apel biasanya dibulan apa aja y ?

  15. Nur mengatakan:

    Saya bingung nyari jl.dip0negoro 10 . . .kalo dari Djungga jauh lg ya. . .

  16. Fajar mengatakan:

    ada yg tw alamat/no telp kelompok tani Akal dan klompok tani Palapa?

  17. Anton T Hartono mengatakan:

    Info yg menarik, kalo mau bw group dpt diskon g? Kalo untuk bulan september 2014 apakah masuk musim panen?

  18. alin_chen08@yahoo.com mengatakan:

    tq pak infonya hampir aja nov ntr mau ke kusum itu…hehehe..tapi yg di sini hanya buah apel ya?jeruk gak ada? oo iya…mau nitip tanya ke pak harno ni…kalo november lg lebat gak pak? kan menuurt info apel musimnya des jan feb

  19. yeni widarwati mengatakan:

    minta no telp marketingnya dong. saya mau bawa rombongan ke sana

  20. Fatma mengatakan:

    Kayaknya asyik, minggu depan ada tugas ke Malang, nanti saya luangkan waktu ke sana. Thanks infonya.

  21. ali mengatakan:

    minggu depan 5 oktober, meluncur ke situ

  22. Wisnu Transport mengatakan:

    Artikel yang Sangat Menarik, dan Informatif,
    Sukses Selalu.

    Butuh Perjalanan MURAH ke Tempat – Tempat WISATA di Kota Malang ?
    Kunjungi kami di Wisnu Transport, http://cartermobilmalang.blogdetik.com/, 0821 41 555 123 (Simpati)

  23. Lare Nggunung mengatakan:

    Reblogged this on Kulo Niki Namung Lare Nggunung and commented:
    Rekomendasi alternatif agro wisata dengan ulasan yang menarik. Minta izin Reblog Postingannya nggeh Mas🙂

  24. ghoofy ghufront mengatakan:

    penasaran mau ngajak rombongan kecil dr Ibukota utk kesini…
    hunting2….browsing koq nemu info ini. smoga bukan sebuah kebetulan, namun ALLOH jua yg menunjukkan.

    maturnuwus info baguus nya, smoga manfaat dan maslakhaat…aamiin

  25. Fransischae mengatakan:

    boleh tau alamat lengkap nya ya?? blog nya menarik, rasanya pingin kesana besok.🙂

  26. Dwi Riyadi mengatakan:

    Perlu dicoba.., mas Harno untuk keluarga kecil ( 3 orang ) bisa dilayani ?.Apa hrs rombongan…mhn info..tks

  27. wap.my.id mengatakan:

    wah menarik untuk di coba nih tempat.

  28. jumani mengatakan:

    kalau appel setiap saat berbuah ya?

  29. Beton Village mengatakan:

    bagustu keliatane , klau bulan pebruari gini apely apa lagi panen? kebetulan mau da rencana acara kantor….

  30. Siska mengatakan:

    Apa masih ada apelnya bulan juni ini? Renacana mau lihat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s