Lampu Kendaraan, Mata di Malam Hari

lampuKemaren waktu pulang kantor saya lewat di Purwosari sekitar jam 17.45, sudah lumayan gelap di situ. Kebetulan daerah situ lagi mati lampu, jalanan yang terbagi dua oleh pembatas jalan pun gelap karena lampu penerangan jalan umum yang di tengah mati. Seperti biasa jam pulang kantor gitu rata-rata kendaraan jalannya rada cepet, semua orang lagi kebelet pipis terburu-buru. Di belakang saya ada mobil, lupa persisnya, model mpv gitulah, masang lampu jauh! Asem! Dipikirnya Cuma dia yang kesulitan liat jalan, saya yang naik motor di depannya sudah gelap masih ketambahan silau jadi makin ndak kliatan. Saya kasih isyarat make tangan supaya beliau yang nyetir make lampu deket, tapi baru turun sebentar sudah nyorot lagi, ampun! 😯

Mungkin sampeyan juga pernah mengalami kejadian yang sama, minimal mirip lah, pernah kan? Ayo lah, mosok ndak pernah?? *maksa!* Reaksi sampeyan gimana? Jengkel, misuh-misuh, memperlambat kendaraan supaya disalip trus sampeyan ganti nembakin dari blakang make lampu jauh? Pasti macem-macem jawabannya, tapi yang pasti banyak kenyamanan berkendara di jalan yang terganggu karena satu komponen yang lumayan vital itu, lampu.

Berikut ini contoh gangguan kenyamanan berkendara di jalan yang saya alami gara-gara lampu:

1. Jalan ndak make lampu

Ini mungkin karena lagi latihan sebelum sampe tahap selanjutnya yaitu berkendara dengan mata tertutup. Untuk yang suka berkendara dengan metode seperti ini saya ingatkan, memang kecil kemungkinan sampeyan nabrak karena sampeyan bisa liat lampu kendaraan lain tapi mbok ya diinget kalo sampeyan itu nyaris invisible alias ndak keliatan, jadi kemungkinan besar sampeyan bakal ditabrak. Jangan salahkan yang lain kalo ternyata ndak sesakti sampeyan.

2. Lampu rem mati

Ini juga ndak kalah berbahaya, apalagi kalo kondisi jalan lagi rame dan nuansanya lagi nuansa sirkuit, alias orang-orang lagi pada terburu-buru. Saya pernah nyaris nabrak gara-gara kendaraan di depan saya ngerem tapi lampu remnya mati.

3. Lampu belakang berwarna putih

Mbok ya ndak usah macem-macem, lampu belakang itu warnanya merah memang ada maksudnya, merah artinya berani berhenti. Ada lagi yang lebih nyebelin, sudah lampunya warna putih, dikasih reflektor pula, jadi suka bingung ini lampu depan apa lampu belakang.

4. Lampu terlalu tinggi

Sampeyan tentu sudah maklum kalo lampu terlalu tinggi misalnya putus jadi susah nggantinya, harus nyari pinjeman tangga dulu. *pentung! Jangan ngelantur!* saya ralat, lampu di sini adalah lampu kendaraan, nyetel lampu ini memang gampang-gampang susah, terlalu rendah jalanan ndak keliatan, terlalu tinggi nganggu pandangan kendaraan dari arah berlawanan.

5. Keseringan nge-dim

Saya ndak tau nge-dim ini bahasa mana, tapi yang penting sampeyan mudheng tho maksudnya. Nge-dim itu cukup sekali-kali, ndak perlu terus-terusan, bikin orang yang di depannya merasa terintimidasi, ndak nyaman, jengkel, trus misuh-misuh. Kalo alesannya karena jalanan ndak keliatan ya salah sampeyan ngedam-ngedim, harusnya sampeyan lebih pelan jalannya, ati-ati gitu.

Saya menghimbau, hindari perilaku yang memancing emosi di jalan, soale kalo sudah panas-panasan sambil berkendara berpotensi memancing kerusakan, minimal kerusakan hati karena keseringan misuh. 😆

Apa sampeyan juga pernah mengalami kejadian ndak menyenangkan gara-gara lampu kendaraan?

29 comments on “Lampu Kendaraan, Mata di Malam Hari

  1. edy berkata:

    mika lampu warna putih emang menyebalkan
    pengennya ditendang aja biar pecah 😈

    #mas stein:
    lho kok sama dengan keinginan khayalan saya :mrgreen:

  2. ekaria27 berkata:

    nanti saya buat postingannya mas…
    ingat saya ini supir medan.. ! :p
    yang kayak gitu seuuurrrring bgt
    paling sebel ya yg pake lampu sorot putiiih deuuuch

    #mas stein:
    hohoho, jangan maen tabrak ya mbak 😆

  3. cenya95 berkata:

    Keren tuch lampu na, Mas.
    mo donk kaya gitu… dimana harus kucari, mas ?
    salam hangat

    #mas stein:
    wew! itu poto asal comot saja dari mbah google kok 😆

  4. Muzda berkata:

    Usul ..
    Tambahin lagi Mas, tu poinnya

    yang bawa tu mobil anak abg biaya’an ..
    😀
    mantep banget deh,, hhaa ..

    #mas stein:
    saya yang pernah nyaris nabrak gara-gara ada jazz isinya anak-anak muda gitu maen nerobos aja, padahal jalan kanan tebing, kiri jurang 😆

    yang ketemu abg waktu di mall, saya lagi markirin mobil mertua, di samping saya gerombolan anak-anak kecil paling umuran SMP lagi markir fortuner. mantab! :mrgreen:

  5. hawe69 berkata:

    Apa sampeyan juga pernah mengalami kejadian ndak menyenangkan gara-gara lampu kendaraan?

    Gak tuh… saiyah kemana-mana naek jet pribadi.. 😛

    boong deh.. paling sering sih masalah point no.4, jadi silau-mennn 🙂

    #mas stein:
    saya percaya kok kalo sampeyan dulu perah nyoba ngantor make jet pribadi, tapi mungkin akhirnya kapok karena ndak ada gunanya, lho?? lha iya, misale sampeyan rumah di bintaro kantor di senen, dari bintaro sampeyan ke cengkareng dulu, trus muter-muter jakarta turun di cengkareng (lagi), baru ke senen. lha trus ngapain naek pesawat?? 😆

  6. riZda berkata:

    trus jangan dalam keadaan mabuk mas..hehe

    #mas stein:
    setuju! kalo saya biasanya penumpang yang mabok, soale nyetirnya anjrut-anjrutan…
    *lha, ini mabuk apa tho…? “

  7. Muzda berkata:

    Beuh …
    Mamerin fortuner di depan mobil mertua,, gyahha 😀

    #mas stein:
    ndak pamer, wong mertua saya ndak ikut kok… 😆

  8. Rindu berkata:

    wah saya sering banget mas, tabrakan cahaya sama lampu mobil beda arah … asli bawaannay pengen marah.

    #mas stein:
    ya itulah, mbikin kerusakan hati, jadi pengen misuh tho? :mrgreen:

  9. Uke Poet berkata:

    lebih sebel lagi kl lampu depannya warna putih (neon gitu) dan gak dikasih penghalang sedikit… bikin silau pengemudi dari arah berlawanan… kan bahaya tuh!
    apalg kl pengemudinya kek saya yg matanya butuh bantuan buat melihat dengan baik dan benar… hayyya… kenapa jd ngomel…

    #mas stein:
    hehehe…

  10. Ade berkata:

    Nambahin Mas.. paling sebel ma yang ganti lampu rem sama lampu kelap kelip kayak lampu disko.. asli bikin silau man!!

    #mas stein:
    mungkin sampeyan saja yang terpana, jadi pengen ngedance! :mrgreen:

  11. mbelGedez™ berkata:

    .
    1. Jalan ndak pake lampu.
    Kalo inih motor, reaksi yang paling sayah sukai adalah “meludahi” si biker.

    2. Yang ini serba salah. Moga-moga bukan kesengajaan. Bisa dilihat dari kondisi kendaraan dan lampu itu sendiri. Kalo komponen lampu lengkap, mungkin memang sedang trouble. Kalo komponennya emang amburadul, berarti dia emang ndak peduli dengan keselamatan orang laen.

    Sayah pernah ngalamin sendiri soale. Malem taon baru lalu pas di tempat chika mBandung, Blazer sayah disruduk motor dari belakang.
    Usut punya usut, rupanya switch rem Blazer sayah rusak. Padahal sebelomnya fine-fine ajah. 😆

    3. Ini ada yang rancu. Contohnya komen si Edi Caplang. Harus dibedain antara mika bening dan lampu. Soale banyak mobil dengan mika bening, lampunya merah dan kuning juga. Inih Altezza Style.

    Yang goblog adalah mika bening dan lampu juga bening.

    Bila sayah sedang bermotor ria di kepadatan lalin Jakarta, sayah suka dengan sengaja “menubrukkan diri” pada motor dengan lampu kayak gituh. Maklum, silau. 😆

    4. Kalo lampu tinggi sayah ndak terlalu hirau. Kuncinya adalah kita fokus ke pandangan dan arah laju kendaraan kita. Kesalahan kebanyakan driver, justru suka memandangi lampu yang ketinggian ituh.
    Ya kan ??? Ngaku ajaaa…

    Cuekin ajah, kita akan lebih selamat.

    Yang parah adalah, pengguna HID yang kemaki bin belagu, setelannya sengaja dibikin tinggi. Kalo yang inih mah norak bin kampungan.

    5. Dim itu boso linggis juga boss. Tapi mestinya, artinya justru meredup. Jadi mungkin maksudnya, supaya diredupin.

    Yang parah adalah di sepanjang pantura mulai dari Cikampek sampe Cirebon. Ituh bis lampune sak asu-asu. Kalo udah nyerobot lajur kanan, semua lampu dengan beban 1000 watt bisa nyala semua.

    Kalo udah gini, biasanya sayah lempar sopirnya dengan botol krating daeng. Manjuuuuurr…. 😀

    Silakan mencoba….

    .
    .
    [fyuuuuh….puas aku bikin postingan di kolom komen ]

    #mas stein:
    ediyan! panjangan komen daripada postingannya!!

  12. esdoger berkata:

    1. knalpot bunyi cemprang macam soundrenalin 3 hari 3 malam ndak ilang dari kepala

    2. sok nyalip dari kanan tiba tiba belok ke kiri

    tapi yang saya paling suka, naek RX-King dinas komplet spion kanan kiri + plat merah + berlagak jadi bapak2 yang takut ngebut dan nyalip rombongan sepeda pretelan sambil pura pura cuek jalan diatas 90 KM/jam 🙂

    #mas stein:
    weh! juru siksa ternyata suka kebut-kebutan… 😆

  13. Ya sekarang ini….
    entah kenapa lampu depan suka mati klo motor lewat jalanan berlobang atau kena getaran yang keras, kacau mana klo lobang biasanya di jalan yang gelap lagi

    #mas stein:
    mungkin waktunya sampeyan ganti motor mas… :mrgreen:

  14. Masenchipz berkata:

    iyah.. lampu putih di belakang yg menyilaukan ya? 🙂

  15. deeedeee berkata:

    berhubung saya gak pernah nyupir atau pun jadi supir, jadi saya okeh2 ajah ma lampu kendaraan..

    Tp kalo saya gi duduk di depan saya suka silau ma lampu mobil yg berlawanan arah ma mobil saya…
    Nah itu namanya pake lampu apa y, Mas?! Harganya berapa? Merknya apa?! *Hiyaaah! kabur sebelum kena pentung*

    #mas stein:
    ati-ati mbak, kalo jadi penumpang jangan suka molor, bangun-bangun bisa ilang cantiknya lho :mrgreen:

  16. Basyarah berkata:

    Memang lampu berwarna putih bisa mengganggu orang lain apalagi menggunakan lampu panjang. Sepertinya pemerintah perlu membuat peraturan tentang hal itu ya 😀

    #mas stein:
    betul sampeyan mas…

  17. Harsa berkata:

    ikutan nimrung…mumpung ada bos Edy. 😛

    – Lampu dim dari arah lawan. Sungguh terlalu tidak berpripengemudi-yang-baik, biasanya kalo saya kena dim dari arah lawan (kalo lagi pake helm-half face), saya sering bikin ekspresi muke gile (muke jelek), biar yang ngasih dimnya ill-feel liat ekspresi saya dan ga bisa tidur semalam suntuk. meskipun saya selalu gagal bikin muka jelek *narsis* :D.

    – Lampu rem mati dan lampu rem warna putih. dua2nya sama edan, bikin kita “buta” tanpa cahaya dan “buta” karena kebanyakan cahaya. Ketemu yang ginian lebih enak diajak minggir dulu, ngobrol bareng sambil pesen teh botol, trus pamit pulang dan bilang sama tukang teh botolnya “bang, yang bayar dia yah..” hehehehe..itung2 sebagai ongkos nasehat sebelum nanti dinasehati sama polisi gitu.. 😀

    – Lampu ketinggian dan Keseringan nge-dim, udah lampunya tinggi trus sering ngedim pula, ibarat sambel dadap dioles disarung tinju, trus sarung tinjunya di usel2 dimuke, sakit kagak tapi perih iya..hehehehe..kalo yang ini mah didoain aja biar lampunye redup…. 😛

    kita sama2 pernah mengalami hal yang sama koq Mas.. 😀

    #mas stein:
    salah satu komentar paling edan yang pernah saya dapet 😆

  18. madhysta berkata:

    saya sih emang sebel kalau papasan ama yang lampunya teraaaaang banget. Tapi kenapa aku juga pingin punya lampu yang teraaang kaya gitu yah… hehehehehe

    #mas stein:
    lha ini kayak teriak maling sambil mbatin kenapa bukan saya yang maling :mrgreen:

  19. kawanlama95 berkata:

    Mas waktu aku mau touring dari Cibinong ke sukabumi.
    kita dan kawan2 memasuki jalam raya sukabumi stelah melewati bogor, motor kawanku lampunya ga bisa ke bawah padahal waktu sudah memasuki jam 12 malam. wah sepi banget sih akhirnya kita berjalan pelan – pelan ,kalo jalan normal agak sulit juga karena jalan banyak yang bolong – bolong.oke salam kenal ya mas.

    #mas stein:
    kesimpulan: kalo lampu ketinggian brarti ndak bisa liat jalan?

  20. masnoe® berkata:

    wah jakarta jawa tengah PP menghabiskan lampu 1 tapi kalau lampunya di senggol sedikit nyali dan giliran nyla kalau da jalan yang jelek jadinya mati

    #mas stein:
    kalo mau jalan jauh memang harus dicek dulu kondisi kendaraan mas, apalagi lampu kan vital

  21. rian berkata:

    sering juga tuch dapet kejadian kayak gitu..

    #mas stein:
    …..

  22. buJaNG berkata:

    Kayak mata ya….

    #mas stein:
    apanya mas..?

  23. egah berkata:

    yang paling menyebalkan lampu belakang putih…coba aku rame2 tak ajar kalo ada orang yg pake lampu belakang putih..tapi kalo dewean yo…istighfar aja ngelus dada… 😀
    seng enak numpak L2 Super mas seperti di prolink dulu….super pelan..super redup lampunya…

    #mas stein:
    wakakaka, jadi inget nasib eltuji yang mangkrak di mes

  24. suwung berkata:

    caranya mudah…
    penuturanya ringan
    jadi cerpen deh

    #mas stein:
    maksudnya piye tho om…?
    *mikir*

  25. Mas Adien berkata:

    saya sering berkendara malam….karena mata kanan saya mines silinder jadi tersiksa kalo ndak pake kacamata…grobak saya cuman seceng cc nya…alhasil kalo tetep pake lampu setandar ya lampunya krasa melik2..so saya tambahin booster plus bohlam yang besaran wattnya…tapi tenang stein saya tetep memperhatikan pengguna jalan yang lain kok….ndak sampe bikin mata orang bureng…

    #mas stein:
    saya percaya sama sampeyan lah, safety rider 😆

  26. mercuryfalling berkata:

    lho sekarang ada toh lampu rem warna putih ? dooohhh

    gak sopan tuh memang yg suka ngedim. bikin silau aja.

    kalo aku karena terbiasa lampu sen itu warna kuning, suka aneh ngeliat di amerika sini warnanya merah. yah aku suka bingung, itu ngerem apa belok hehhehe

    #mas stein:
    sampeyan kelamaan di amrik mbak, makanya sekali-kali pulang ke indon biar inget betapa kacaunya lalu lintas di sini 😆

  27. preaxz berkata:

    Hahahaha … kalo saya, turun satu gigi, cut engine … DHUAR .. pas di sebelah sopir .. sono menang lampu, sini menang sinting!

    Don’t mess with Scorpio Fighters!

    #mas stein:
    ampun om… 😯

  28. preaxz berkata:

    SERIUS MODE ON!

    Tips mengatasi lampu jauh dari arah berlawanan, jangan sekali kali menghidupkan lampu jauh juga, kalo benar-benar sudah terlalu silau, matikan lampu Anda sampai kendaran sombong dari arah depan itu lewat …

    Ga percaya? Tanya sopir AKAS!

    #mas stein:
    saya sepakat ini, kalo sama-sama nembak lampu jauh lebih berbahaya, soale sama-sama ndak bisa liat
    *pengalaman kalo lagi nyalip trus di-dim sama mobil di depan*

Tinggalkan komentar