Tanah Abang – Lempuyangan

Naik kereta api tut… tut… tut…
Siapa hendak turut
Ke Bandung Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma…

Sampeyan pasti tau lagu itu tho? Kalo ndak tau mungkin karena saking ndesonya sampeyan jadi dulu di kampung sampeyan itu ndak ada sekolah yang bernama Taman Kanak-kanak. *rupamu mas, koyok pernah ngalami TK wae!*

Saya mau cerita sedikit pengalaman saya waktu masih jaman kuliah dulu, sekitar tahun 2000. Waktu itu saya kuliah di sebuah perguruan tinggi kedinasan yang terletak di sebelah Bintaro Jaya Sektor V. Sebuah perguruan tinggi untuk kaum dhuafa karena kuliah ndak mbayar, buku tulis dikasih, buku teks dipinjami.

Waktu lagi libur semesteran saya pengen sekali mempererat tali silaturahmi dengan temen-temen SMA saya yang lagi kuliah di Jogja, tapi dana saya cekak. Akhirnya saya putuskan untuk mengikuti apa yang sudah diajarkan dari masa kanak-kanak, naik kereta api dengan percuma. *niat itu penting, konon katanya amalan itu tergantung niat*

Berbekal duit seadanya saya berangkat berdua sama temen saya anak betawi Cipinang. Naik angkot dari kampus ke stasiun Pondok Kranji bayar 400 perak, dari Pondok Kranji ke stasiun Tanah Abang naik kereta api ndak mbayar, katanya boleh naik dengan percuma kan?

Dari stasiun Tanah Abang saya naik kereta api Bengawan jurusan Solo. Di sinilah saya baru menyadari kesalahan saya, saya kurang memperhatikan lirik lagunya dengan seksama. Ternyata yang gratis itu Cuma jurusan Bandung sama Surabaya, yang ke Solo berarti harus bayar! 😯

Saya duduk di bordes, bukan karena kursi di dalam sudah penuh, tapi karena dengan duduk di bordes saya bisa lebih merasakan gimana rasanya jadi rakyat kecil. Merasakan gimana duduk lesehan berdesak-desakkan di depan kamar mandi kereta yang pesingnya minta ampun. Melihat gimana orang-orang dagang asongan ndak laku-laku sampe saking putus asanya waktu turun dari kereta sambil gerayang-gerayang dompet orang. Selain itu di bordes juga saya bisa lebih leluasa merokok tanpa takut mengganggu penumpang lain. *halah, mbok bilang saja dari tadi duduk di bordes biar bisa merokok!*

Selama perjalanan dari Jakarta ke Jogja pak kondektur memeriksa karcis sebanyak tiga kali, tiap kali pemeriksaan saya sedekah kepada beliau 2000 perak. Kasian lho pak kondektur itu, sudah pisah jauh dari keluarga, mondar mandir kayak setrikaan dari gerbong ke gerbong, gajinya ndak seberapa. Makanya waktu saya sadar kalo kereta jurusan ke Solo itu ndak gratis saya putuskan untuk sedekah sama pak kondektur, soale di atas kereta saya nyari-nyari loket yang jualan tiket juga ndak ada.

Ada yang menarik waktu pemeriksaan karcis kedua. Waktu itu hari sudah malam, saya ngasih dua lembar seribuan yang sudah saya siapkan di tiap kantong. Tiba-tiba penumpang di sebelah njawil saya, “mas, liat itu deh, mosok mas yang itu ndak beli karcis, tadi dia ngasih duit ke kondekturnya. Liatin aja, nah! Tuh liat! Beneran kan dia ndak mbeli karcis, dia ngasih duit ke kondekturnya!”

Saya Cuma ngangguk-ngangguk bego sambil agak terkesima, “lha memangnya situ ndak liat tadi saya juga sama”, bisik saya dalam hati. *jangan anderestimet sama orang kecil*

Akhirnya kereta tiba dengan selamat sampe ke Jogja, setelah melewati perjuangan yang panjang dan tragis, ganti lokomotif sampe tiga kali! Naik bis kota dari stasiun Lempuyangan sampe ke UGM 600 perak, total jenderal abis 7000 perak dari tempat kos saya di Jakarta sampe ke kontrakan temen di Jogja. *sebenernya ndak ngirit-ngirit banget, wong jaman itu kereta ekonomi ke Jogja ndak sampe Rp 20.000*

Setelah jalan-jalan di Jogja temen saya yang betawi Cipinang itu mau pulang ke Jakarta, saya bilang beli karcis saja soale agak mengkhawatirkan kalo mau melanggar hukum ndak ada saya yang punya ilmu kebatinan. *maksudmu cuma bisa mbatin?*

Tapi temen saya nekat naik kereta tanpa tiket, alhasil waktu ada pemeriksaan beliau diturunkan paksa di stasiun Purwokerto, ditahan beberapa lama di ruang kepala stasiun, sampe akhirnya diperbolehkan naik kereta berikutnya setelah beli tiket. *lain kali kalo saya bilangi mbok nurut…*

Apakah sampeyan dulu pernah sekolah di Taman Kanak-kanak?

33 comments on “Tanah Abang – Lempuyangan

  1. wijna berkata:

    Nikmatnya jaman dulu naik kereta ke Jogja cuma 20.000 perak. Tapi petugas KA sekarang tegas-tegas, apalagi klo KA yang arahnya ke barat.

    #mas stein:
    kayaknya sih gitu, apalagi liat spanduk di stasiun yang bilang kalo ndak beli tiket denda 5x, takut…

  2. adipati kademangan berkata:

    aku numpak matarmaja sangu 20.000 ewu. tekan malang nyampe pasar senen. Efektip tenan carane sampeyan gawe sing bokek durung kerjo. saiki wes kerjo, yo isin je wes dhuwe dhuwit kok gak mbayar. arep digae opo dhuwit iku ?

    #mas stein:
    hehe, saiki wis sugih yo sampeyan om 😆

  3. Muzda berkata:

    Itu ponakan saya suka nyanyi lagu itu Mas,
    Ke Badun – Ulabaya ..

    Padahal belum TK,, hehee ..
    Saking senengnya sama kereta api, besok ini mau ke Solo bulak-balik pake Pramex ..

    Lain kali kalo ke Jogja, inget telpon saya yo Mas yooo 🙂

    #mas stein:
    lho, kayaknya sampeyan belum ngasih nomer ke saya
    *inget-inget*

  4. Ely berkata:

    adu mas .. langsung ngakak aku baca pertanyaan terakhirnya 😀
    jadi inget masa imut2 saat msh di TK 😛

    #mas stein:
    brarti sampeyan ndak ndeso mbak, soale ngrasakno TK 😆

  5. ekaria27 berkata:

    Hahahha, tau ndak mas… saya pernah ke jogja naek Argo Lawu ndak bayar ! Ndak beli Tiket 😉 hihihi
    Argo lawu itu di cek tiket cuma 2x, nah yg pertama di cek kalo gak salah di cirebon… jadi ya kita pura2 turun, cek tiket yg kedua.. ya cari2 akal lagi..
    Gitu lah
    And i did that not because i didn’t have d money but jus to get the sensation !!
    Dan i did that together w/ my dad ! Sinting kan, bapak – anak yg satu ini hahahhaha !!

    Btw mo tanya, kalo di STAN itu memang muka mempengaruhi kelulusan tes ga?
    Moso saya dulu gak lulus tes.nya.
    kalo kata mantan pacar yg jebolan situ juga, khusus utk cwek ada seleksi tampang, yg cakep2 kayak saya pas gak lulus 😉 krn pasti cepet kawinnya (kan cakep :P) ntar gak mau dikirim ke daerah lagi.
    Saya cuma mau klarifikasinya saja… Bener ya? 😉 hihihi

    #mas stein:
    wew! bapak sampeyan jahil tenan. 😆
    memang bener mbak, ada seleksi tampang, saya kurang tau untuk yang cewe, tapi kalo yang cowo memang dicari yang ganteng! 😎

  6. Uke Poet berkata:

    Sing tenan-tenan wae yo Mas.
    Sekarang sih kondektur KA lebih garang dan bengis. Belum pernah nyobain sih naik KA gak pake tiket.

    #mas stein:
    belum pernah nyoba..?? 😯
    apa kata dunia? :mrgreen:

  7. zefka berkata:

    asyik ya… kenangan naik kereta.
    Dulu waktu masih di Jkt, juga punya banyk kenangan dengan si hitam manis ini (kereta), mulai dari antri tiket sampe berjam2 hanya untuk mudik lebaran, jadi korban copet, duduk semaleman di depan toilet kereta, tas yg ilang gak tau kemana. Seru deh kalo ingat….
    Sekarang pindah ke kalimantan…. gak ada kereta 🙂

    #mas stein:
    pertama kali ke jakarta saya juga kecopetan, untung sudah di kereta dalam perjalanan pulang ke Blora, dikasih orang duit 5000. Alhamdulillah, bisa sampe rumah.

  8. Chic berkata:

    mas.. yang boleh naek dengan percuma itu ke bandung sama ke surabaya…
    kalo ke jogja mesti mbayaaaar!!! 😆

    #mas stein:
    itu lah mbak, saya baru nyadar pas udah di atas kereta

  9. Takodok! berkata:

    Waktu itu saya kuliah di sebuah perguruan tinggi kedinasan yang terletak di sebelah Bintaro Jaya Sektor V. Sebuah perguruan tinggi untuk kaum dhuafa karena kuliah ndak mbayar, buku tulis dikasih, buku teks dipinjami.

    oya? Pantesan ibu saya dulu agak maksa supaya masuk ke situ 😆

    Cuma pernah naek kereta api wisata. Yang hebatnya, keretanya bisa distop di tengah jalan, asalal ada penumpang lebih dari 10 :mrgreen:

    #mas stein:
    kereta di mana itu mbak…?

  10. Silly berkata:

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAH…

    Saya dulu kuliah di UI, kost disana, tapi kadang pulang kerumah ortu di jaksel

    Pernah sekali saya naik kereta dari psar minggu, temen saya bilang gak usah beli karcis, gak ditagih kok. Eh, apesnya pas saya naik, pas ada pemeriksaan… jadi kita berpindah dari gerbong satu ke gerbong depan hanya untuk menghindari petugas.

    Sampe depok, udah mo abis gerbongnya, kita udah di gerbong yg terdepan… udah malu banget rasanya… pas dia nyolek2… saya gelagapan… pura2 ngerogoh2 tas… temen saya juga pura2 ngerogoh tas, sambil berharap pintu segera kebuka… gak taunya, temen saya tiba2 nyodorin karcis ke kondekturnya, yang langsung dibales dengan, “Beli karcis gak sih, ini khan karcis kemarin”… dan pintu didepan saya tiba2 terbuka. Gak nunggu diomelin, saya ngacirrrr… sambil diteriakin… “Wuuuuu, cakep-cakep kok gak mau bayar karcis, malu2in ajahhhh”

    hehehehehehe… anak mahasiswa kalo gak nakal dikit gak seru khan??? 😛

    #mas stein:
    kalo jaman kuliah dulu saya sudah kebiasaan, tiap disenggol sama kondektur mulut saya secara reflek akan bilang, “sudah pak”. ndak pernah mbayar!
    pernah suatu saat saya beli karcis, pengen jadi anak baik lah. lha kok waktu di kereta ada pemeriksaan, kebetulan yang meriksa saya polisi kereta, reflek saya bilang, “sudah pak”. dan pak polisi pun berlalu 😆

  11. egah berkata:

    wah mas sampeyan iki dibalik tampang kul ternyata nekat pisan koyo suporter sepak bola hehehehe..

    #mas stein:
    lho, saya ini dulu populer di sekolah boss 😆

  12. suwung berkata:

    naik ekonomi masih jadi sniper? nembak diatas? jadi inget pas pendidikan di slipi tapi yang bisnis broo wakakaka ngak malu ama gaji?

    #mas stein:
    itu dulu om, sekarang yo mbayar tho. bukan malu sama gaji tapi karena taat aturan… 😎

  13. Kampus saya depannya juga stasiun KA Jakarta-Bogor.
    Kalo masih punya tiket kemarin jangan dibuang. Disimpan dengan rapih trus kalo ada pemeriksaan pasang tampang mahasiswa teladan trus dikasih sambil senyum

    pak kondektur biasanya ga rewel tuh…
    *jarang lihat tanggal expired date nya*

    #mas stein:
    tips dari saya, jangan ragu liat matanya. biasanya orang cenderung curiga sama orang yang ndak berani liat ke mata. ini sudah pernah saya praktekkan waktu ndak mbayar bis dari ngawi ke solo.
    *omaigat, ternyata saya tukang ngemplang sejati*

  14. frozzy berkata:

    gyaaa…..aku dong…rajin bayar..*dikemplang kulkas*
    wah, saya dulu ga lolos tes STAN tuh…disangka anak bawah umur kali yah…. ? hihihihi

    #mas stein;
    saya dulu lolos STAN modal doa saja mbak, konon katanya orang pinter masih kalah sama orang beruntung 😆

  15. hawe69 berkata:

    hm, mas dah tau kan…
    saiyah kemana-mana naik jet pribadi.. jadi, gak pernah tuh pengalaman naik kereta api tanpa tiket 😉
    wis, jangan iri hati sama saiyah yo.. HAHAHA

    #mas stein:
    mm… jadi pengen nyoba naik pesawat tanpa beli tiket, gimana caranya ya…? *mikir*

  16. Masenchipz berkata:

    hm… saya kok blom pernah naek kereta api gratis kek gitu ya? 🙂

    #mas stein:
    jangan ditiru mas, ini khusus buat kaum kepepet 😆

  17. Fanda berkata:

    Berarti enakan saya dong, mas. Ga pake bayar sepeserpun tapi tetep punya tiket. Lha wong tugas kantor, yg bayarin ya kantor. hehehe…Jadi teringat naik kereta ke Yogya nih…

    #mas stein:
    yo lain tho mbak

  18. dwiprayogo berkata:

    temenya kasian mas, ndak jodohnya naik kereta api… hehehe….
    lain kali pura2 jadi pengamen aj mas biar ndak mbayar tiket 😛

    #mas stein:
    wakaka, masa lalu itu mas, mosok mau gratisan terus 😆

  19. humaini berkata:

    salam kenal……

  20. arman berkata:

    hahaha temennya itu apes berarti! 😛

    ngomongin KA, dulu pas kecil saya juga beberapa kali naik KA. Surabaya-Jakarta-Surabaya. dan tiap kali naik KA, pasti mabok sampe muntah-muntah. Hehehe.

    #mas stein:
    wew! naik bis muntah saya biasa nemuin, lha ini naik kereta mabok…? 😆

  21. indra1082 berkata:

    Aku belum pernah naik kereta nih, baru kereta-keretaan di Taman mini, hehehehe

    #mas stein:
    coba mas, asik kok

  22. tetangga berkata:

    Pada waktu itu tiket Jakarta Jogja (KA Empu Jaya) Rp 14.000 . Bukankah dulu waktu pertama kali masuk STAN salah satu penggojlokan dari kakak kelas adalah harus bisa nembak kreta????

    #mas stein:
    mosok sih mas, senior sing endi? gendheng kuwi jenenge! hehe

  23. marshmallow berkata:

    huadoh, maaaass…
    saya tuh baca tulisan ini sambil ngakak pol.
    abis lucu banget!
    ceritanya ringan tapi teteup gak hilang makna.
    pengalaman naik kereta di tanah air cuman sekali thok! hehe…
    jadi mendingan saya nggak usah urun cerita, ya?
    hah, TK? oh, nanya TK, ya?
    hmm… cuman sekali juga sebelum SD. jadi nggak usah cerita juga deh…

    #mas stein:
    sampeyan ini terlalu memuji mbak 😆

  24. preaxz berkata:

    Mengutip lagunya saja … memang lagu anak TK jaman dulu adalah lagu yang TIDAK MENDIDIK UNTUK MENJADI BAIK.

    Why?

    Anak kecil diajak naik kereta dari Bandung ke Surabaya dengan percuma (gratis) .. setelah besar, mereka tidak mau membayar ketika naik kereta ke jurusan mana saja ..

    hahahaha .. Ironi lagu anak-anak ..

    (Teringat kenangan berdiri di pintu sepanjang Tanahabang .. Pasar Turi)

    #mas stein:
    ediyan! kuat tenan sampeyan om

  25. Ade berkata:

    mas, saya ga lulus euy ujian STAN-nya.. padahal dah bela2in jauh dari Padang.. numpak bis dari Padang.. ga ada AC.. sigh.. loo kok malah curcol :mrgreen:

    #mas stein:
    tapi malah sukses tho? brarti jalan sampeyan memang bukan di STAN 😆

  26. masicang berkata:

    hahaha. untung menterinya bukan bu sri…kalau iya sameyan termasuk musuh nomor satunya je… hehehehehe

  27. omiyan berkata:

    heheheh…Sebuah perguruan tinggi untuk kaum dhuafa karena kuliah ndak mbayar, buku tulis dikasih, buku teks dipinjami…..

    duh mas saya jadi malu deh…..heeh ternyata emang cocok buat kita-kita yang punya dana pas-pasan dan maunya gratisan melulu

  28. Raffaell berkata:

    Betul betul tergantung niat, nice journey btw…

  29. haha.. ternyata banyak juga yang pernah naek kereta ga beli tiket.. termasuk mas stein..
    kasian juga temennya, diturunin di purwokerto..

  30. Rindu berkata:

    waktu TK saya sibuk menghafal juz Amma, karena sekolah di TPA Madrasah kang 🙂

  31. kejujurancinta berkata:

    TK ya pernah mas
    naik kereta juga pernah
    ga ndeso toh….. 🙂

  32. Mbelgedez™ berkata:

    Alhamdulilah,…

    Sayah warga negara Indon yang baek. Dari jaman dulu sampe sekarang selalu pake tiket.

    Ada yang mbayarin soale…. :mrgreen:

    ***sisiran…***

  33. sugiman berkata:

    aku wes ping piro yo..? nganti lali…

Tinggalkan komentar