Merah kok Jalan?

Saya ndak tau anak saya dapet hobi ini dari mana, liat lampu merah. Kata temen-temen saya, “anakmu kok hobinya murah bener, cukup diputerin kota, dilewatin prapatan yang ada lampu merahnya sudah seneng”. Saya sendiri ndak tau, kok seneng banget liat lampu merah. Kalo saya parkir di jalan yang deket lampu merah pasti anak saya langsung ngajak, “ayah, yuk liat lampu merah dari deket”. πŸ˜†

Ada susahnya ndak? Tentu ada. Berhubung Malang itu kotanya kecil jadi anak saya rada apal lampu merahnya. Misalnya anak saya bilang, “mau liat lampu merah mati”, berarti saya harus lewat jalan Sukarno Hatta yang di pertigaan Brawijaya ada lampu merah mati. Klo “lampu merah belok kiri jalan terus”, berarti saya harus lewat pertigaan masjid Sabilillah trus belok kiri ke arah jalan Borobudur. Yang repot kalo anak saya bilang, “lampu merah bobo”, ini adanya di daerah Batu, lumayan jauh dari rumah saya. Jadi sering saya tawar dengan, “lampu merah ada angkanya”, atau, “lampu merah yang angka ijonya mati”. *bener-bener ndak lucu negosiasi sama anak umur 3 tahun*

Kalo naik mobil bareng anak saya harus tertib di traffic light, soalnya dia suka protes, misalnya lampu sudah ijo tapi mobil di depan blom jalan dia pasti ngomel, “kok ijo ndak jalan?”

Yang lebih parah kalo sudah kuning, apalagi sudah merah, saya nekat nerobos, dia ndak akan berhenti nanya, “kok merah jalan?”

Pertanyaan itu bisa diulang terus-menerus sampe rumah, dan kalo saya ndak berhasil mengalihkan ingatan dia soal insiden itu dia akan protes terus, “kok merah jalan, ayo muter lagi!”

Ediyan! Saya dipaksa muter, lewat lampu merah yang sama, melakukan yang seharusnya dilakukan menurut isyarat lampu lalu lintas, baru anak saya akan diam.

Anak saya blom tau soal keselamatan berkendara, blom tau soal tilang, blom tau ngejar waktu. Yang dia tau lampu merah berhenti, kuning ati-ati, dan ijo jalan. Dan kebetulan dia menikmati traffic light.

Anak saya belum tau kalo traffic light di Indonesia ini ijo artinya jalan, kuning jalan lebih cepet, dan merah artinya jalan lebih cepet lagi.

Selamat pagi sodara-sodara, buruan, lampu lalu lintas di depan sudah kuning!!

51 comments on “Merah kok Jalan?

  1. christin mengatakan:

    Diajarin anaknya ya πŸ˜†

    yuk dek ikut tante nyolong lampu merah yang ada angkanya πŸ‘Ώ

  2. arman mengatakan:

    hahaha ada2 aja…
    tapi emang anak kecil itu sebenernya gak perlu mahal2 untuk nyenengin hatinya ya…

    anak saya demen banget liat mobil. dulu pas masih tinggal di apt yang cuma seupil dimana dia gak bisa lari2 di dalem, kalo dia kebosenan, dia bakal minta dibawa ke… tempat parkir! huahahaha… iya cuma jalan2 di tempat parkir, ngeliatin mobil2. sambil bilang toyota, honda, lexus, dll… kalo ada mobil yang dia gak tau namanya apa, dia tanya ini apa… πŸ™‚

    as simple as that, dan dia udah seneng… hehehe

  3. yustha tt mengatakan:

    Udah lampu merah ni.. Waktunya berhenti bw trus tidur..

    Btw kamu kok pinter si nak,ayo ikut tante aja. Di jogja lampu merahnya banyak nak..

  4. fanz mengatakan:

    calon polantas kali anaknya mas πŸ˜€

  5. Ade mengatakan:

    klo lampu merah tapi lagi sepi rugi soalnya klo berenti ya mas πŸ˜€

    stein:
    kayak iklan, maap saya ndak liat ada bapak :mrgreen:

  6. mawi wijna mengatakan:

    Saya doain mas, moga-moga klo dah besar Bara jadi polisi lalu lintas deh. Ada bakat sepertinya. Tapi saya bingung “Lampu Merah Bobo” itu maksudnya apa ya? Yg ngantri lampu merah pada tidur semua?

    #stein:
    ini lampu merah yang posisinya horisontal mas, alias tidur πŸ˜†

  7. Gandi Wibowo mengatakan:

    Lah untung gak di Jakarta mas, Nanti ada “Lampu merah gak berarti” nah yang kayak gini banyak nih.

    BTW malu juga ya, sampe diingetin anak kecil..

    stein:
    jakarta memang tempatnya pengendara edan, stress nyetir di jakarta mas πŸ˜†

  8. mazcendhol mengatakan:

    hahahahaaaa..
    asli aku ketawa bos denger crita ini..mesti besok kalo SD ikut ekskulnya jadi polisi sekolah ato PKS..

    stein:
    kok nyambungnya ke polisi kabeh yo boss…?

  9. sandi mengatakan:

    besarx mesti pengin jadi polic gan, πŸ™‚
    jd bersyukurlah, pny anak yg pinter (yg kadang qt g nyadar +pinterx anak qt)….

    *)warna-ni urip yah guus…

    keep posting kawan πŸ™‚

    stein:
    makasih boss

  10. yensye mengatakan:

    hahhahahha… guling guling ngakak ngakak… jadi kangen ma bara hahahhahahhahahhahahha.. inget jaman njemput mbak jay di auto 2000 deket mitra, waktu itu servis mobil ada bara, dan bapak ibunya mbak jay..
    mbak jay bilang… aku dibawah lampu merah.. eh beneran.. lagi gendong bara liat lampu merah… ckckckkckckck padahal lagi panas2nya…

    stein:
    itu anak memang bandelnya ampun-ampunan πŸ˜†

  11. adipati kademangan mengatakan:

    #christin
    saya bantuin nyolong lampu merahnya. nanti saya bawa tang potong buat mreteli kabelnya, lampu merahnya saja yang diambil ya, lampu kuning dan lampu iko ditinggal ajah. *lost pokus πŸ˜€ *

    stein: di pabrik sampeyan ndak ada po om? πŸ˜†

  12. christin mengatakan:

    @adipati

    lha papan angkanya mana kok saya ndak dicolongin jugaaaaa πŸ˜₯ *mulai kriminil*

    stein: halah, jangan ngajari yang ndak bener tho mbak

  13. KangBoed mengatakan:

    Waaaakaakakak.. mas Stein bisa wae
    Salam Sayang

    salam sayang juga om, ati-ati di perempatan ya πŸ˜†

  14. ajengkol mengatakan:

    Nggak takut sama lampu merah takutnya sama Polisi hehehe

  15. sugiman mengatakan:

    maklum bapake buyen ratau ruh lampu merah…akhire anake seng mewakili…hihi

  16. egah mengatakan:

    wah untung si bara gak sempat di probolinggo ya mas…kalo lampu merah d probolinggo lampunya kan beda merah,kuning dan biru daun πŸ˜€

    met ultah cak stein…tak nteni slametane πŸ˜€

  17. mas stein mengatakan:

    ngomong-ngomong saya baru tau kalo fitur “balas” itu sebenernya sudah ada, tinggal diaktifin, dasar gaptek!

  18. samsul arifin mengatakan:

    aku yakin, anak njenengan akan patuh pada peraturan lalu lintas kelak!

  19. tukangobatbersahaja mengatakan:

    Saya anterin ke prapatan lampu merah πŸ˜€
    *tempat mangkal*

    *jitak-jitak*

  20. frozzy mengatakan:

    mudah2an akan begitu seterusnya sampai dia dewasa ya mas… πŸ˜€

  21. maya mengatakan:

    πŸ˜† anak2 ada aja yah hobi nya
    gimana kalo nyampe jakarta, dsuruh muter lewatin lampu merah yg sama lagih udh cape kena macet πŸ˜€

  22. kucrit mengatakan:

    wah cerdas men anake sampean mas.. ntar suruh jadi polantas saja mas.. hihihihi..

  23. ireng_ajah mengatakan:

    Calon anak yang pinter tuh mas..

  24. Huang mengatakan:

    ada polisi nggak? kalo nggak hajarrrrrrrrrrrrrrrrrrr 😈

  25. Uke Poet mengatakan:

    Oalah..si bapak malah ngajarin yang ediyan ediyan.
    Ndak enak mas diprotes sama anak 3 thn. Kyk diinterogasi sama polisi. Capek ati! Tapi lucu sih tingkah mereka πŸ˜›

  26. bayu200687 mengatakan:

    mungkin berkenan singgah ke sini http://celotehbayu200687.wordpress.com/2008/11/20/sejengkal-yang-membedakan/
    tulisan yg hampir serupa dg tulisan ini..

  27. hawe69 mengatakan:

    Anak saya belum tau kalo traffic light di Indonesia ini ijo artinya jalan, kuning jalan lebih cepet, dan merah artinya jalan lebih cepet lagi.

    gw keselek nih baca paragraf ini.. hahahhahaa..
    Stein Junior mau jadi polisi lalu lintas sepertinya kalo sudah besar nanti, sudah ada bakat.. hahaa

  28. Eka Situmorang-Sir mengatakan:

    Gedubraaaak
    art lampu merah ala mas stein ini jgn ditiruuuu
    ampuun deh mas bara mari kembalikan ayahmu itu ke jalan yang benar πŸ˜€

  29. bunda rozan dan dhiya mengatakan:

    si rozan sukanya truk besar dan panjang alias truk kontainer, dia selalu bilang ke orang2 termasuk guru TK nya klo dia sukaaaaaaaaaa banget ama truk gede dan panjaaaannngg…qeqe

  30. marshmallow mengatakan:

    oooh… baru tau saya soal arti ketiga lampu itu. pantes para supir angkot di tempat saya begitu.

    ada sebuah cerita, saking para supir di kota saya selalu melanggar lampu merah, suatu saat sang supir berhenti di lampu hijau. penumpang bertanya, “kenapa berhenti, bang?” jawabnya, “iya, takut nanti ada abang saya dari seberang lewat.” lewat maksudnya menerobos lampu merah tentu.

    putranya mastein lucu banget, ya? besar nanti mau jadi polantas apa? huehehe…

  31. nh18 mengatakan:

    Mas Stein …
    I like this …
    saya suka tulisan yang ini …

    Salam untuk Anaknya ya …
    Dan pesan Om …”Jangan pernah berhenti mengingatkan Papanya … kalo dia melanggar aturan …”

    Hehehe

    Salam saya Mas …

  32. moncler down mengatakan:

    I as well as my friends ended up going through the nice items located on the website and so immediately came up with an awful feeling I had not thanked you for those tips. These boys became certainly joyful to read them and now have very much been taking advantage of these things. Thank you for turning out to be really helpful and for getting variety of magnificent subject areas most people are really needing to be informed on. My very own sincere regret for not expressing appreciation to earlier.

  33. β€œMerah kok Jalan? « mas stein” was indeed a extremely
    good posting, . Continue authoring and I’m going to continue to keep browsing! I appreciate it -Janis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s