Sebenernya saya rada ragu untuk nulis ini, soalnya agak menelanjangi diri sendiri, tapi saya pikir mungkin akan bermanfaat untuk sebagian orang, jadi ndak papa ya saya ndobos sedikit soal kantor saya.
Dulu di postingan pertama saya pernah nulis bahwa saya ini adalah birokrat pusat, maksudnya saya ini PNS di daerah tapi secara administrasi bukan di bawah Pemda. Jadi di manakah saya? Ehmm⦠saya mburuh di departemennya mbak Sri Mulyani, jadi anak buahnya pak Darmin Nasution. Masih ndak mudheng� Yo wis lah bloko saja, saya ini mburuh di Direktorat Jenderal Pajak, setelah sempet mendekam 5 tahun di Probolinggo sekarang saya ngetem di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan.
Trus maksudnya apa saya nulis kalo saya kerja di pajek, apa mau sok mbagusi karena kerja di instansi yang konon katanya basah pemerintah? Tentu bukan sodara-sodara, saya Cuma mau memberi sedikit informasi buat sampeyan yang selama ini mungkin agak trauma berhubungan dengan kantor pemerintah karena mabok dengan ruwetnya birokrasi, pingpong sana sini, dan sebagainya.
Seperti sudah didengungkan sejak awal tahun 2008 (walaupun sebenernya jauh sebelum itu reformasi di instansi saya sudah dimulai) bahwa di Departemen Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak khususnya sudah diadakan reformasi birokrasi, diantaranya dengan perbaikan remunerasi, peningkatan pelayanan, perubahan struktur organisasi, penegakan disiplin, dan lain sebagainya. Pokoknya manteb lah konsep reformasi birokrasi yang dibikin sama boss-boss saya itu. Kalo prakteknya gimana? Ya sampeyan yang nilai tho, mosok saya menilai hasil kerja sendiri, ndak ilok kata orang jawa.
Kalo dalam prakteknya salah satu yang paling banyak berhubungan dengan Wajib Pajak adalah suatu posisi yang bernama Account Representative, saya sendiri ndak gitu mudheng kenapa harus make boso linggis, tapi yang jelas ini adalah terobosan dari DeJePe agar tidak terjadi lagi masyarakat yang dateng ke kantor kami dipingpong kesana kemari.
Dulu DJP membagi seksi-seksinya per jenis pajak, jadi misalnya sampeyan butuh informasi Pajak Penghasilan Badan dateng ke sana, butuh informasi Pajak Penghasilan Orang Pribadi dateng ke sini, butuh informasi Pajak Pertambahan Nilai ke situ, butuh info Pajak Penghasilan 21 ke sani, butuh info Pajak Bumi dan Bangunan ke sinu, pecas ndahe mumet pokoknya Wajib Pajak itu. Belum lagi kalo mau urusan cepet kadang harus ngasih pelicin mbakar menyan. Bisa jadi orang yang semula bermaksud baik berbakti sama negara dengan mbayar pajak jadi berbalik antipati karena ruwetnya prosedur yang harus dijalani.
Lha trus hubungannya apa sama Account Representative? Begini, secara gampangnya sekarang di DeJePe ditunjuk petugas yang bertanggung jawab atas wilayah tertentu, segala macem urusan pajak di wilayah itu diurus lewat satu pintu, petugas itu disebut Account Representative. Butuh informasi Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, butuh ndaftar NPWP, mau protes PBB terlalu besar, butuh informasi peraturan terbaru, mau curhat soal pajak, mau info panti pijat di wilayah tertentu, hubungi saja AR sampeyan. Nanti AR ini yang akan membimbing sampeyan, kalo perlu ngajari sampeyan soal pajak dari nol. Tapi jangan soal Pajak Kendaraan Bermotor lho ya, soale yang begini ini yang ngurus bukan kantor saya, melainkan Pemda dengan Samsatnya.
Jadi kalo sampeyan masih takut-takut malu-malu mau ke kantor pajak karena ndak ngerti nanti di sana harus kemana atau nemui siapa, silakan telepon dulu kantor pajak di wilayah sampeyan, tanya siapa AR yang bertanggung jawab di wilayah tempat tinggal sampeyan. Jadi nanti sampeyan tau siapa yang harus sampeyan hubungi bila ada masalah yang berkaitan sama pajak. Dan ingat, pelayanan di DeJePe sama sekali ndak dipungut biaya!
Masih ada yang kurang jelas? Sampeyan bisa menghubungi saya Halo Pajak di 500200, ato sampeyan bisa langsung kontak sama AR sampeyan. Harapan saya kalo orang pajeknya sudah bener, trus wajib pajaknya juga bener, trus diikuti yang mendistribusikan duit pajeknya juga bener, negara kita ndak akan kelihatan menyedihkan lagi.
Menurut sampeyan masih ruwetkah berurusan sama DeJePe?
Ah tempo hari jam 3.30 tlp ke knator pajak, wong pajak2 wes mabur. gak tau kemana ! Haaaaaa !!!
Jadi akhirnya skr ini sampeyan berani ngaku juga kalo di ditjen pajek ? Kemaren2 ndak berani soale lagi rame2 sunset policy takut dikeprui karena DePeJe sampeyan itu sosialisanya kurang yo ? π
hihihi
mumpung, aji mumpung iso muni2 karo wong pajak ! huahahha π
#mas stein:
sudah biasa diomelin mbak, saya kan kerja di pablik serpis… π
puyeng aku pa’e klo mikirin pajak heuheuhue…
npwp udah ada, tp lom ngurus spt dan lain2nya :p
#mas stein:
nunggu saya ngasih penjelasan ke tempat sampeyan tho mbak…? π
SPT taon lalu belom sayah isi. Males.
Lagi nyiapin surat penundaan pelaporan.
#mas stein:
dasar! π
waktu msh di tanah air dulu mas, sahabatku yg sering ke kantor pajak, dia yg ngurusi pajak kursusanku, aku ribut dgn urusan murid dan guru guru yg lain π
#mas stein:
sudah biasa itu mbak, boss besar ndak akan turun tangan sendiri ke kantor pajak… π
hehehehe….soalnya petugas2 “penting” gini nee sering berlagak seh kang…..katanya…bentar yah saya ngupi dulu….bentar tangan saya pegel nulis…bentar …mata saya lagi ijo….kekekekeke seribu alasan dalam tugas… (saya seh ndak pernah berurusan dengan pajak gini….cuma dulu sering berurusan dengan beliau2 di imigrasi…(ngurus passport nya keluarga bos2 saya yg mau nderek sang kanjeng nya ke LN)
#mas stein:
weh! mosok ya kayak gitu mas? semoga ke depan ndak terjadi lagi…
wew.. jadi klo nanti aku punya pertanyaan boleh ke mas stein toh?
#mas stein:
bole bole… nanti konsultasinya diitung per karakter ya mbak
becanda mbak, kalo ada yang perlu ditanyakan kirim imel saja mbak, sapa tau saya bisa bantu
kerja aja blum, jadi males deh mikirin pajak haha
#mas stein:
bener juga sampeyan π
*urusan pajak gw taon depan, kudu nyiapin menyan*
#mas stein:
welhah! memang masih ruwet yo mbak? sudah ndak perlu menyan sekarang…
wah ada juga orang PNS yang punya blog….
hebad
mana DJP lagi
apa bisa mbagi waktu pak?
ngak dimarahi bosnya?
#mas stein:
lha bossnya kan sampeyan om
saya masih ga gt mudeng ma pajak, Mas..
Kmrn pajak saya yg ngurusin kantor π
Tp makasih infonya, ntar saya hubungin sampean di 500200
#mas stein:
nanti kasih tau saya yang ngangkat cowo apa cewe ya, kalo cewe yang suaranya
mendesahsekseh saya mau ikut nelpun juga πsebagai teman sejawat sekaligus teman berbagi komputer mastein, saya katakan bahwa tidak ada hal yang ruwet atau menakutkan dari pajak asal segala sesuatunya telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kita sudah terbuka…bagaimana dengan anda???
salam satu jiwa
#mas stein:
saya suka yang terbuka!
mari kita sukseskan, pajak, memang sulit juga… karena belum terbiasa…
#mas stein:
berbakti buat negara kok susah bener… π
Tapi seru juga ya, jadinya berbondong-bondong menuju kantor pajak
#mas stein:
tahun ini lumayan mas, warungnya rame!
aku tak pnh ke kantor pajak, cukup pakai kantor pos terdaftar, kasian kantor pos kan kurang laku gara-gara e-mail π
#mas stein:
plus ndak perlu antri kayak lagi nunggu BLT ya mas π
ruwet….
#mas stein:
mumet…
Sosialisasi kurang ? yah tulung dimaklumi kalo sosialisasi juga butuh dana, dan dana buat sosialisasi palak eh pajak dkk itu ndak sama perlakuannya dengan dana buat beli mobil dinas baru di kantor PNS lain…
#mas stein:
walah ada yang curhat π