Nyontreng Yuukk!!

Alhamdulillah hasil tes darah menyatakan darah saya normal-normal saja, tidak ada campuran darah biawak maupun darah hewan liar lainnya. Trombosit yang sering jadi perhatian utama kalo lagi musim DB masih dalam angka normal, 226.000. Cuma leukosit saya memang agak turun, dari seharusnya di angka 4-10ribu punya saya di angka 3.100. Trus lagi yang bikin saya curiga ada widal : S. Para Typhus B 1/80 dari angka normal yang seharusnya negatif. Apa ini berarti saya kena tipus? 🙄

Cukuplah soal hasil tes yang menegangkan itu. *waktu diambil darahnya make suntikan itu saya merem, siyal! Itulah kenapa saya ngotot ndak mau diajak ke rumah sakit sama si ibu, saya takut jarum!* 😯

Dan inilah yang mau saya ceritakan sebenarnya sodara-sodara.

Beberapa hari yang lalu ada petugas dateng ke rumah saya, satu nenteng SS-1, satunya bawa bazzooka, membawa Surat Pemberitahuan Waktu dan Tempat Pemungutan Suara! Ternyata saya terdaftar di DPT untuk pemilihan presiden nanti di TPS 10 Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Mungkin buat sampeyan ini norak, tapi buat saya rasanya luar biasa. Insya Allah ini nanti akan jadi saat pertama kalinya saya nyontreng. *padahal pengen juga ngerasain yang nyoblos*

Dulu pertama kali punya hak pilih saat saya lulus SMA tahun 1999, saya dipanggil orang tua untuk ikut nyoblos di kampung, tapi saya ndak gitu peduli coblos-coblosan, saya milih luntang lantung di Jogja. Wira-wiri antara Kalasan sampe batas kota, berharap bisa menularkan budaya nggandhol truk pada anak-anak Jogja yang kalem-kalem itu.

Waktu pemilu 2004 saya sudah mburuh di Probolinggo. Saat itu pun saya ndak milih karena saya ragu pilihan saya akan berguna buat negara ini. Anderestimet? Mungkin. Saya pernah beberapa kali ikut penyuluhan di DPRD, dan saya ndak heran kalo Gus Dur pernah berkelakar anggota DPR itu kayak kumpulan anak TK. Gaya ngomongnya mirip-mirip antara satu dengan yang lain, tipikal yang bakal membuat orang di kampung saya terpesona, untungnya saya ini orang kampung yang sudah terkontaminasi, saya tau mana omongan dengan otak setengah isi dan mana omongan dengan otak beneran ada isinya.

Secara intelektual saya yakin banyak di antara sampeyan yang bisa lebih saya percaya dibanding mereka. Sayangnya mereka punya duit sementara sampeyan ndak, jadi mereka bisa mencalonkan diri sedangkan sampeyan terpaksa hanya mampu milih. :mrgreen:

Pemilu legislatif kemaren pun saya ndak gitu antusias, paling cuma mikir, “wah, kalo saya terdaftar di DPT saya mau milih yang ini, cakep banget…”

Minimal kalo nantinya saya kecewa saya ndak akan tega nglemparin dia sandal jepit yang bisa mengakibatkan dia kaget trus meninggal kena serangan jantung tho.

Sekarang saya mencoba berpikir optimis, negara ini bisa bangkit! Alasan optimisme saya bukan omong kosong, saya melihat kepada diri saya sendiri dan pabrik tempat saya mburuh. Jaman awal-awal saya mburuh dulu sudah lazim saya dateng ke sodagar-sodagar itu sekedar minta uang bensin, ndak perlu ngomong mereka harus sudah ngerti. Namanya setoran, upeti sudah jadi mainan sehari-hari.

Sekarang? Mohon maap, bukannya mau nyombong, jangankan minta, orang yang nyodorin amplop sudah ndak terhitung yang saya tolak. Kenapa? Takut dilaporin, takut kena sanksi, takut dosa, banyak alasan lah.

Poinnya adalah sesuatu yang selama ini seolah-olah momok yang tak tersentuh ternyata bisa dirubah asalkan ada tekad yang kuat dari level atas.

Yang selama ini selalu optimis mari teruskan optimisme sampeyan, yang skeptis mari coba renungkan kembali, yang mutung tunggu di pojokan, pesen kopi dulu, nanti habis nyontreng saya temani sampeyan ndobos. 😆

Menurut sampeyan seberapa besar pengaruh presiden terpilih pada bangkitnya negeri ini?

24 comments on “Nyontreng Yuukk!!

  1. zefka berkata:

    selamat mas.. hasil lab ternyata aman2 aja, jgn2 masuk darah biru 🙂
    Gw jg udah dapat undangan nyontreng… mudah2an dapat memilih yg terbaik 🙂
    Kalo piplres ini emang gw perjuangkan spy masuk DPT, pileg kemarin gw gak nyontreng hehehe.. males, kayaknya gak bawa pengaruh banyak ke hidup gw.
    Kalo Presiden memang sedikit banyak pasti bersinggungan langsung dengan kondisi gw saat ini, dan mungkin jg kondisi seluruh masyarakat di Indonesia ini. Gw pengin kerja dengan tenang, perusahaan tetap berjalan normal, iklim perekonomian yg mantap sehingga kata PHK gk akan gw dengar lagi. Agak miris juga kemarin dengan di Freeport & Inco, banyak teman yg ter PHK, apalgi di BHP malah udah tutup perusahaannya, sekitar 450 engineer di PHK… sedih.
    Mudah2an Presiden baru mendapat kepercayaan dari dunia internasional dan domestik tentunya.. sehingga semuanya bisa hidup nyaman 🙂 amin….

  2. arman berkata:

    wah iya udah mau harinya nyontreng ya…
    kok saya gak dikirimin form nya ama KJRI ya? apa gara2 pas pemilu kemaren form nya gak saya kirim balik ya? huahahaha….

    ya wis lah nitip sama sampeyan2 wae, milih presiden nya sing genah ya mas… ojo sampe salah pilih! 😛

  3. samsul arifin berkata:

    aku juga cukup optimis, om. alhamdulillah aku diamanahi untuk menjadi saksi dalam pemilu presiden di tempat tinggalku. semoga aku bisa melaksanakan tugasku dengan baik. mohon doanya ya, om. 😀

  4. Entahlah berpengaruh ato enggak.
    saya skeptis mas.
    tapi saya tetep nyontreng…
    berat nih topiknya mas

  5. frozzy berkata:

    hmh…..saya terdaftar nun jauh di seberang pulau di kampung asal kandidat yang punya jargon “lebih cepat lebih baik” itu. ndak nyontreng, abis tak ada ongkos, mahal mas musti naek pesawat. *kok curcol?* hehehe.

  6. yustha tt berkata:

    nyontreng sapa yah???
    *mikir berat*

  7. Mas Adien berkata:

    waktu tau kl ga masuk di DPT aku pasrah…tapi bgt kemarin ada pengumuman kalo boleh nyontreng dg mbawa KTP jadi semangat..masalahnya is KTP ku di Jabar sementara posisi lg di JATIM….Stein pinjem duit donk buat ongkos pulang….plisssss

  8. hawe69 berkata:

    rencana gw buat besok, abis nyontreng mau maen air di waterboom..
    duh gak sabar rasanya, maen airnya itu yang ditunggu-tunggu karena besok kantor liburrrr… *senangnya*

  9. adipati kademangan berkata:

    sampeyan nyontreng ndek endi mas, kemirahan, polowijen, arjosari, opo ndek endi ?

  10. deeedeee berkata:

    ngaruh gak ya,,?! ngaruh ga ngaruh kali ya… :mrgreen:

    Namun berhubung saya dah menetapkan pilihan, jd saya tetep nyontreng, lebih baik memilih yang terbaik dari pada pasrah dengan hasil yg ada 🙂

  11. sugiman berkata:

    besok nyontreng pake KTP + KK, aku ke daftar DPT

  12. sugiman berkata:

    besok nyontreng pake KTP + KK, aku ga kedaftar DPT

  13. marshmallow berkata:

    wew! ada yang kontemplasi. saya pikir, seperti yang ramai diiklankan, setiap suara yang kita berikan adalah sangat bermakna. dan lima menit yang kita habiskan di dalam bilik suara akan menentukan nasib bangsa ini lima tahun ke depan. saya percaya itu, mas. dan mudah-mudahan, bismillah, yang terbaiklah yang menang.

    saya juga optimis, melihat iklim demokrasi bangsa kita yang demikian kondusif, orang akan berpikir panjang untuk main-main dengan jabatan dan tanggung jawab yang diembannya. melihat bagaimana para calon pemimpin berupaya mengambil simpati rakyat, moga-moga janjinya istiqamah, ditepati.

  14. kucrit berkata:

    waduh.. kayaknya pilpres sekarang ini saya masih belum bisa menuangkan hak pilih saya, soalnya masih berada di luar daerah, sebenarnya sekarang sudah dipermudah cukup dengan ktp dan kk saja sudah diperbolehkan untuk nyontreng, tapi apalah daya, kelurahan kayaknya sudah ndak peduli saat saya daptar buat ktp baru, ya karena saratnya belum dapat saya penuhi.. wes berdo’a saja, semoga siapa saja yang menang dapat benar-benar mengemban amanat rakyat..

  15. mercuryfalling berkata:

    oh jelas mas…sekarang gak banyak lagi preman2x, calo2x di pemerintahan. bikin stnk pun bayarnya bisa pake atm yg tentu saja mengurangi peluang buat korupsi.

    andai pilihan presidennya manohara, cinta laura dan sendal jepit pun aku akan tetap noyntreng 😀 lha drpd milih sendal jepit khan msh mending milih cinta laura tak iye

    heran ama yg gak nyontreng, tapi tetap komplen and menjelekkin Indonesia.

  16. uke poet berkata:

    Golput tahun ini. Telat didaftarin sama kantor suami. Hmm, saya sih berharap siapa pun yang terpilih punya concern yang tinggi terhadap negara dan bangsa Indonesia.

  17. suwung berkata:

    sayang diriku jadi golput terpaksa

  18. nomercy berkata:

    yang mana duluan mau ditanggapin ya … ah terserah saya sajalah … hehehe

    soal sakit itu memang lebih baik menghindari pengobatan medis mas … enakan ke pok ari, murah dan … gak tahu cepet sembuh apa nggak … yang jelas capek duluan ikut antri … hehehe
    ennggak … itu canda aja …
    setahu dan pengalaman saya sendiri, kalau suatu ketika raga ini ngedrop sering sekali dokter menganalisanya gejala sakit typus (disertai hasil lab) … tetapi saya nggak pernah makan obat-obatan resep dokternya … saya selalu mencoba obat kampung dulu dan selama ini mujarab untuk mengembalikan stamina saya … kalau tidak salah ramuannya: kunyit, madu, bawang, dan pandan … itu kalau gak salah … katanya itu obat orang jaman dahulu kala … tetapi bisa jadi sugesti saya lebih berperan untuk penyembuhan itu sendiri …

    mengenai presiden terpilih nanti saya hanya dapat mendoakan saja semoga tetap sehat, mampu mengemban amanat rakyatnya, dan dapat bekerja tulus ikhlas dan tanpa pernah lelah … semoga jadi supermanlah … hehehe

  19. mawi wijna berkata:

    wah mas, saya kira njenengan ada campuran darah sapi perah gitu, kan domisili di Malang 😀
    Saya juga pulang ke Jakarta lho mas jauh2 dari Jogja cuma buat bikin kotor jari kelingking aja.

  20. Ade berkata:

    Lapor mas.. sudah memilih..
    dan berharap semoga 5 tahun ke depan, Indonesia bisa jadi lebih baik..

  21. Muzda berkata:

    Kupikir slogan lanjutkan itu bener-bener mensugesti, karna kemudian jadi banyak yang beranggapan, lima tahun itu gak cukup buat membuktikan bahwa mereka bisa, jadi mungkin butuh sekali lagi lima tahun berikutnya.

    Terserah lah, apakah yang dipilih itu benar-benar pilihan…

    Betewe aku geli melihat stasiun TV yang bingung, bergiliran menayangkan dan memberitakan antara contrengan dan pemakaman Michael Jackson.
    😀

  22. januar berkata:

    Nggak bakalan ada banyak pengaruhnya Mas.
    Wong Presiden yg mungkin akan terpilih ini sering bilang : Lanjutkan…..lanjutkan….

    Kondisi seperti ini koq dilanjutkan kan.

    Kalo yg dimaksudkan perjuangannya yang dilanjutkan, koq saya gak berasa ada sesuatu yang revelusioner untuk bangkitnya bangsa ini. Semua biasa biasa saja.

    Sementara calon yg lain juga gak terlalu ada bedanya. (sepertinya)

    Kita ini ngurus database tunggal kependudukan aja gak beres beres…(cuma nyatet lho…dengan TI yang sekarang sudah maju).

    Malu kita sama kemajuan yg bisa dicapai negara tetangga.

  23. warm berkata:

    pengaruhnya presiden ya guedhe mas, itu juga kalo bisa memanfaatkan kekuasaannya secara maksimal & benar tentunya

    dan hmm ada tiga kesamaan dalam postingan ini dengan diri saya
    takut jarum suntik, suka ‘numpak’ truk
    dan alergi sama amplop :mrgreen:

    jangan-jangan sampeyan ini..
    ah sudahlah 😀

  24. www.micron.me.uk berkata:

    Precisely how much time did it take you to create “Nyontreng Yuukk!
    ! mas stein”? It has plenty of great details. Thank you -Francisco

Tinggalkan Balasan

