Diklat Ujian Dinas

oldmilitaryHari ini saya lagi ndaftar ulang buat mengikuti diklat ujian dinas tingkat I, ini kalo di pegawe negeri sipil macam saya semacam diklat yang harus diikuti untuk bisa naek pangkat jadi golongan III. Bener-bener pendidikan kilat, wong Cuma 2 minggu, satu minggu materi, minggu berikutnya ujian.

Menurut pemahaman ngawur saya sih ini diklat yang harus lulus supaya saya bisa menjadi semacam perwira di militer, bukan serta merta kalo saya lulus langsung naik pangkat, bukan! Tapi kalo saya ndak lulus ya jangan mimpi naik pangkat.

Saya mau cerita sedikit yang jadi ganjelan di batin saya. Temen seangkatan eSeMA ada yang masuk Akademi Militer di Magelang, itu lho, sekolah yang siswanya gagah-gagah pada make seragam, sementara saya masuk SeTAN, itu kampusnya di daerah Tangerang tapi ngaku-ngaku masuk wilayah mBintaro.

Empat tahun kemudian saya ketemu sama dia, makin tegap perkasa gitu lah keliatannya. Iseng-iseng saya nanya, “dines dimana boss?”, trus dengan mbisik-mbisik dia bilang, “jadi kumandan peleton di armed malang, masih begitu aja kok, anak buah baru ada 32 orang…”

Welhadalah, saya mbatin, sama-sama sekolah tiga taon ndak mbayar, begitu lulus saya jadi kroco kok dia bisa jadi kumendan ya?? Kalo di aturan-aturan pajak lulusan kampus saya itu perlakuan pajaknya sama kayak pelda alias pembantu letnan dua, bukan berarti levelnya sama lho ya, saya Cuma bilang perlakuan pajaknya sama, jadi mungkin ya hampir selevel lah (yang bener tho stein! Tadi kamu bilang ndak sama sekarang bilang selevel, mbok jangan mencla mencle!!) Sedangkan temen saya itu lulus akademi langsung jadi letnan dua, dua level lebih tinggi.

Maap ya buat mas-mas dan mbak-mbak yang jadi serdadu, bukan maksud saya menyinggung sistem yang sudah berjalan di militer, saya Cuma mau ngeluarin uneg-uneg yang ngganjel aja. Mungkin harusnya kalo lulusan Akmil jadi letnan dua ya lulusan STAN dapet golongan III-a :mrgreen:

10 comments on “Diklat Ujian Dinas

  1. egah mengatakan:

    jadi kroco memang gak enak mas…diperintah2 tok kalo berhasil yg dapat pujian atasannya nasib..nasib hehe…

    seng penting dadi kroco seng pinter mas dadi iso nipu atasannya meskipun dikit2…nampaknya kerja padahal ngenet..abidin lagi…(ojo d laporno kitsda lo mas..

    #mas stein:
    huahahaha… 😛

  2. anto84 mengatakan:

    pokoknya paling enak tuh jadi yang printah2 kok om

    #mas stein:
    welhah, yo ndak kayak gitu tho, wewenang itu berbanding lurus dengan tanggung jawab, berat itu…

  3. mercuryfalling mengatakan:

    Mungkin AKMIL sekolahnya sengsara, mas. Disuruh cium lumpur, push up, ditendangi.

    #mas stein:
    memang sih mbak, pantes lah mereka keluar dapet gelar letnan dua 😆

  4. Mas Adien mengatakan:

    sabar Stein…..aku dulu wkt lulus dr Jurangmangu jg kroco dulu…
    tapi kan sekarang dah perwira hehe…..
    mangkanya sekulah yg bener….setinggi2nya…kalo perlu ke luar negeri alias suwasta haha

    #mas stein:
    blom ngajuin ijin lagi om, ijin kuliah saya yang dulu ditolak boss, gak sopaan!! 👿

  5. Mas Adien mengatakan:

    sopo bosmu?
    durung tau mangan pojok sekolahan po yo….

    #mas stein:
    ndadak pura-pura ndak kenal sampeyan ini, wong beliaunya sempet satu pulau sama sampeyan :mrgreen:

  6. Vicky Laurentina mengatakan:

    Ya, hidup itu memang harus milih. Kalo mau dapet aturan pajak selevel Pelda, ya mesti sekolah yang enak-enak apa adanya. Kalo mau jadi yang selevel Letda, musti sudi sekolah sambil nyium lumpur dan ditendangi siang malam. Kalo saya sih nggak milih dua-duanya. Buat saya, jadi boss untuk diri sendiri, jauh lebih wueenaak! Hahaha!

    Oh ya Mas Stein, saya berusaha nyari-nyari nama aslinya Mas Stein dari kemaren, kok nggak dapet-dapet ya? Siapa sih nama KTP-nya, Mas??

    #mas stein:
    memang yang paling enak jadi boss bagi diri sendiri tapi kan ndak semua berkesempatan masuk sekolah calon boss kayak sampeyan mbak 😆
    nama ktp perlu tho mbak? nanti saya japri deh

  7. MzJiwo mengatakan:

    Wah..Diklat…. Aq kapan ya?? Jadi Abdi negara..disekolahke gratis..naik pangkat..asal bukan jadi Pejabat yang berhati “penjahat”…

    #mas stein:
    gajimu jadi tukang minyak kurang minyak kurang po wo…? 😆

  8. suwung mengatakan:

    iri tanda tak mampu? atau ehmmmmm minta naik pangkat? ke pak drmin bossss

    #mas stein:
    ampun om suwung, jangan dilapor ke atas… 😯

  9. hawe69 mengatakan:

    jadi kocro tapi gaji bos ada gak yah ?

    #mas stein:
    ada mbak, kroco yang jualan kokain misalnya, ato tukang angon tuyul :mrgreen:

  10. Master APK mengatakan:

    keep posting bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s