Lari Untuk Pemula

Sampeyan masih inget kejadian yang menimpa Aji Massaid? Meninggal karena serangan jantung selesai bermain bola. Ada beberapa kawan saya di pabrik yang bilang kalo salah satu yang jadi penyebab kejadian itu adalah ndak rutinnya selebriti DPR itu berolahraga. Saya sendiri ndak gitu ngerti detil alasan medis yang ada di belakang semua itu, tapi kejadian yang terus-terusan diekspose media itu mbikin saya merasa ndak nyaman karena saya perokok dan nyaris ndak pernah berolahraga.

Masih anget berita soal Aji, dateng lagi berita dari seorang senior saya di salah satu kota di bagian timur Indonesia, dia pingsan usai main tenis meja, serangan jantung ringan. Ediyan! Mbikin tambah deg-degan. Kalo kata orang kulon kali sana ini wake up alarm, mengingat usia yang makin nambah seiring daya tahan remaja labil yang berangsur menghilang (halah!), mungkin sudah saatnya saya sedikit menggerakkan badan. Dan berhubung saya ini ndak suka olahraga yang berbentuk permainan, pilihan saya adalah joging.

Sebenernya dari dulu sudah ada niatan joging, tapi saya selalu mikir apa bisa? Tiap hari saya menempuh 49km sekali jalan menuju pabrik tempat saya mburuh, dengan posisi sebagai sopir yang nyetiri mobil juragan. Kalo olahraga pagi sebelum berangkat mburuh capek tho?

Weekend? Itu kan saatnya istirahat trus ngajak main-main dua precil saya yang tiap hari kerja cuma ketemu sesaat sebelum berangkat dan sesaat setelah pulang. Banyak alasan, alhasil saya ndak pernah kesampaian berolahraga. Cuma kadang-kadang saja pergi ke kolam renang, tapi itu pun dengan tujuan lain.

Sampe dua minggu yang lalu, saya memutuskan bahwa saya memang butuh olahraga. Dan berhubung saya sudah lama ndak menggerakkan badan, saya mencoba mencari referensi, apa yang harus saya lakukan sebagai seorang pemula. Oleh Paklik Gugel saya dianter ke running.about.com, dan inilah yang disarankan di sana:

  • Minggu Pertama : jalan 6 menit, kemudian lari 1 menit, ulangi sebanyak 3 kali. Dalam minggu pertama lakukan sebanyak 3 kali. Ingat, larinya ndak usah ngoyo, tandanya ndak ngoyo adalah sampeyan masih bisa ngobrol sambil lari.
  • Minggu Kedua : jalan 5 menit, kemudian lari 2 menit, ulangi sebanyak 3 kali. Lakukan 3 kali pada minggu kedua.
  • Minggu Ketiga : jalan 3 menit lalu lari 4 menit, ulangi 4 kali. Lakukan 4 kali dalam seminggu.
  • Minggu Keempat : jalan 2 menit lalu lari 5 menit, ulangi sebanyak 4 kali. Lakukan 4 kali dalam seminggu.
  • Minggu Kelima : jalan 2 menit kemudian lari 8 menit, ulangi 3 kali. Lakukan 4 kali dalam seminggu.
  • Minggu Keenam : jalan 2 menit kemudian lari 9 menit, ulangi 3 kali. Lakukan 4 kali dalam seminggu.
  • Minggu Ketujuh : jalan 1 menit kemudian lari 11 menit, ulangi 3 kali. Lakukan 4 kali dalam seminggu.
  • Minggu Kedelapan : lari 20 menit, dan mulai minggu kesembilan silakan lari 30 menit.

Yang perlu diperhatikan, sebelum memulai yang tertulis di atas sampeyan harus melakukan pemanasan dengan cara berjalan selama 5-10 menit, dan jangan lupa diakhiri dengan pendinginan.

Buat sampeyan yang sudah rutin berolahraga monggo diteruskan, buat yang masih males dengan berbagai alasan monggo dicoba dulu. Ternyata ndak seberat yang saya bayangkan, setelah sedikit joging di pagi hari ternyata saya masih kuat nyetiri mobil juragan. Dan saya baru tau, ternyata di saat hari masih gelap gitu sudah banyak ibu-ibu tua pemulung bekerja, saya jadi malu.

Monggo lari pagi, badan jadi sehat, nganu kerja makin semangat.

14 comments on “Lari Untuk Pemula

  1. ndaru mengatakan:

    Buat yang emang endak punyak waktu, coba olahraga yang cuman butuh 10 menit, jongkong berdiri jongkok berdiri 30X..lalu gerak2in badan kek orang nyangkul itu 30X..kalok sampeyan sekaliyan orang yang lumayan sugih punyak rumah 2 lantai, naek turun tangga 10X saja..dijamin sudah krenggosan

  2. Idi suwardi mengatakan:

    Tadi saya search di google terus nemu blog ini dan setelah saya lihat2 ternyata tulisannya bagus23

  3. pri crimbun mengatakan:

    lari pagi… boleh di coba ni gan… mang gara2 murahnya kendaraan sekarang dah jarang kali jalan kaki…. punya duit 300 ribu aja dah bisa bawa motor pulang…

  4. deteksi mengatakan:

    wah kang noyo tumben ndak muncul nyela? :d

  5. Ceritaeka mengatakan:

    Intinya jangan kaget yo mas…
    Mesti terbiasa.
    eeeh skr udh pasang foto diri yah 🙂

  6. ardhinugros mengatakan:

    kisah Ajie Massaid ada benarnya juga… saya udah lama nggak olahraga, atawa jogging. kira2 setaunan. jadwal tidur juga sering berantakan karena kerjaan. 2 minggu lalu mulai lagi rutin olahraga maen tenis meja, diforsir pula, bisa 6-8 set perhari. walhasil sekarang detak jantung saya makin kenceng, nggak beraturan dan terasa sedikit nyeri.. kadang jadi takut nasib Ajie Massaid menimpa saya.. sekarang porsi saya kurangi, sehari cukup 2 set maen tenis meja..

  7. Emanuel Setio Dewo mengatakan:

    Patut dicoba. Trims infonya.
    Salam

  8. […] Lalu apa yang bisa diperbuat oleh blogger? Nampaknya banyak blogger yang sudah/mulai peduli dengan masalah kesehatan. Banyak yang telah menulis masalah kesehatan, gaya hidup sehat atau upaya-upaya untuk menjaga kesehatan seperti menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan dan olah raga. […]

  9. chocoVanilla mengatakan:

    Dulu saya rutin lari pagi eh jalan ding, wong gak kuat lari :mrgreen:

    Eee, tapi lama-lama kok enakna bobok ya daripada lari? Ampek sekarang lom jogging lagi 😥

    Besok deh, tak coba lagi 😀

    Tapi menari juga olah raga lho, apa mending kursus tari gambyong aj aya?

    #stein:
    gimana kalo goyang koplo saja mbak? kayak trio macan itu lho *ngikik*

  10. hajarabis mengatakan:

    nice…
    sempatkan mengunjungi website kami http://www.hajarabis.com
    sukses selalu..

  11. Idi suwardi mengatakan:

    artikelnya bagus saya isi komentar lagi gapakan? biar ngeramein :)) visss

  12. MissTrader mengatakan:

    nice post….

    mari memulai hidup sehat…

    ^_^
    http://misstrader.com

  13. Nisaekasari mengatakan:

    coba perhatiin militer berolah raga.. Cukup lari, push up, sheet up sm puul up.. Keren kan badan’y!. KOMANDO

  14. mayang mengatakan:

    maksih info nya min 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s