Tukang Becak, Tukang Pijet, dan Hotel Esek-esek

Hari Minggu kemaren saya ke Solo, menghadiri undangan ngunduh mantu seorang adik kelas saya di sekolah tinggi kaum dhuafa yang juga pernah satu kantor di Probolinggo. Saya berangkat Minggu pagi abis subuh dengan harapan sampai Solo siang trus survey-survey panti pijet istirahat dulu, dari hari Kamis saya nyaris ndak istirahat gara-gara disuruh ikut In Hotel Training sama pabrik tempat saya mburuh.

Acaranya sendiri baru mulai jam 7 malem, saya ndak mau berangkat siang karena ndak tega liat anak saya yang pasti bakal nangis-nangis kalo saya tinggal. Dia rada ngambek karena sudah beberapa hari saya tinggal terus.

Singkat cerita saya sampai terminal Solo sekitar jam 1 siang. Seperti biasa saya langsung dirubungin tukang becak yang ngikutin terus sambil minta tanda tangan nanya-nanya, “mau kemana mas?”

Sebenarnya saya rada males melayani mereka, teringat pengalaman buruk waktu dulu saya ditipu mentah-mentah.

Dulu saya pernah bingung di terminal Solo karena tempat ngetem bis yang jurusan barat (Jogja, Purwokerto, dll) beda sama tempat ngetem bis jurusan timur (Surabaya, Purwodadi). Masih dalam satu terminal tapi beda tempat. Sama tukang becak saya dibilangin, “kalo mau ke Jogja dari terminal baru mas”. Alhasil saya terpaksa merogoh kantong cuma untuk diputerin dari satu sisi ke sisi lainnya. *mungkin saking susahnya nyari duit sampe aksi tipu-tipu pun terpaksa dilakukan*

Kemaren itu pun akhirnya saya nyerah sama tukang becak karena didesak terus, saya nanya dimana hotel yang murah, sekedar buat istirahat nunggu jam 7 malem. Dengan semangat tukang becaknya bilang, “saya anterin saja, tinggal pilih mau yang pake AC atau ndak”.

Dan dianterlah saya ke sebuah hotel yang jaraknya ndak sampe 50 meter dari tempat tukang becak tadi ngetem. Parahnya lagi waktu saya liat daftar tarifnya ada pilihan “SHORT TIME“. Siyalan!! 😯

Akhirnya saya masuk, murah, cuma 45 ribu perak. Dan seperti sudah saya bayangkan sebelumnya, kamarnya kumuh. Ndak ada kunci kamar, jadi kamar cuma bisa diselot dari dalam.

Tak berapa lama kemudian penjaga hotelnya ngetuk kamar saya, “boss, mau dicariin cewek ndak?”

Saya bilang carikan tukang pijet saja, soale saya capek tenan. Kata si penjaga, “nanti sampeyan nego sendiri saja kalo mau plus-plus, kalo cuma pijet saja 75 ribu”. Ndak masalah saya bilang, pokoknya cari yang memang bisa pijet.

Abis itu pintu kamar saya diketok lagi, masuk mbak-mbak setengah mak-mak yang kata si penjaga hotel adalah tukang pijet. Begitu masuk si mbak tadi langsung nglepas celana jins-nya, jadi tinggal make celana dalem. Ugh! Saya langsung napsu perasaan saya langsung ndak enak.

Tanpa basa-basi si mbaknya langsung bilang, “di sini paketnya kalo pijet sama maen 250 ribu”. Heh?! Apa?! 😯

Mbaknya sampe ngomong 3 kali baru saya bisa nangkep dengan jelas maksudnya. Saya nanya, “kalo misalnya saya cuma mau pijet saja gimana?” kata mbaknya, “ya pijatnya ditambah satu jam tapi bayarnya tetep 250 ribu, soalnya sudah jadi satu paket”.

Walah! Saya langsung bangun, ini sih pemerasan! “Ndak jadi deh mbak pijetnya, sampeyan pulang saja saya kasih ongkos”.

Eh, mbaknya marah, “kalopun saya disuruh pulang sekarang sampeyan tetep harus mbayar 250 ribu! Saya kerja ikut orang, sekali keluar gini ditarget harus pulang mbawa duit 250 ribu!”

Welhah, saya ini orangnya males ribut, tapi saya kan ndak punya duit mau diperas sama tukang pijet palsu ini. “Wis mbak, kalo sampeyan ndak mau terima yo wis, kita ke polisi saja”. Dia nggertak ya saya bales nggertak tho.

Si mbaknya ngomel-ngomel terus, “kalo sampeyan ndak mau maen ya ndak papa, saya pijet biasa saja, ongkosnya 100 ribu”. Akhirnya saya kasih 100 ribu, “wis, pulang sana, ndak usah pijet, cocotnya sampeyan ndak enak didengar!” *sumpah, seumur-umur saya baru sekali ini mengumpat orang dengan cocotnya*

Abis itu saya ke tempat resepsionis yang lebih mirip sama meja penjaga toilet umum, penjaga hotelnya nanya, “kenapa ndak jadi boss?”

Saya ngomel, “sampeyan ini ndak nggenah blas, tadi saya bilang apa? Saya nyari tukang pijet, bukan perek cewek yang omongannya ndak enak didengar ini!”

Setelah itu saya ngurung diri di kamar, keluar cuma sekali nanya arah kiblat, yang dijawab dengan muka heran penjaga hotelnya, “mau sholat boss…?”

Sampe akhirnya saya pamitan mau check out si penjaga masih ngomong, “sampeyan ini dicarikan gadis kok ndak mau tho boss”. Batin saya, “gundhulmu atos kuwi! harganya ndak cocok sama kualitasnya

Waktu di acara resepsi saya ceritakan peristiwa itu sama temen saya si Sugiman Partodikromo. Dia ngakak, “rasakno…!”

*cocot : bahasa jawa kasar untuk mulut

Iklan

113 comments on “Tukang Becak, Tukang Pijet, dan Hotel Esek-esek

  1. mawi wijna berkata:

    hiii parah! Cari hotel murah-meriah yang bener-bener “bersih” itu susah juga ya? Solo rupanya juga belum benar-benar “bersih”, hmmm…

  2. warm berkata:

    nasibmu lagi apes, bos 😀
    iya tuh, apa cmua tukang becak di solo gitu ya ? saya juga pernah nyaris diputer-puter gitu hu uh

  3. edy berkata:

    tau gitu kan mending skalian nunggu di tempat pijet plus plus aja yaa 😆

  4. big sugeng berkata:

    oaalah……. ki kasihan tenan …… kira2 kalau yang mijit kayak manohara yaa nggak diceritain di sini ya…
    nggak tahu orang pajak sudah modern

    #stein:
    tau saja sampeyani ni om :mrgreen:

  5. rizda berkata:

    wakakakaka…lucu bgd pengalamana…

    yah seratus ribu melayang sia-sia deh…

    wkwkwkwk

  6. mang kumlod berkata:

    Bayar tukang pijet lebih mahal dari kamar ya bro hehehe…

  7. Owalah, sungguh pengalaman yang mengesankan itu 😆
    wah di Solo juga udah kayak gitu ya, apalagi di kota lain yang lebih besar hahaha.
    sayang juga 100ribunya tuh 😆

  8. nomercy berkata:

    asli … asli … saya ngakak abis baca ini … huaahahaha .. 😆 …
    hampir-hampir mirip ketika saya dahulu ke yogya … juga begitu … mau cari penginepan murah malah dianterin ke tempat esek-esek … saya gak tahu awalnya … maklum dari kampung … tahunya sewaktu mau daftar malah ditanya mau shorttime atau berapa lama dan mau dicariin cewek segala … saya malah marah-marah di situ … langsung keluar cari tukang becak yang kebetulan yang tadi juga dan dia heran kenapa saya balik … saya diem aja terus bilang anterin saya ke masjid terdekat …
    hahaha … untunglah di masjid malah ketemu temen sekampung saya dan dianterin ke rumah sahabatnya …
    asli mas … saya ketawa ngakak baca ini … pagi jadi seger banget rasanya …

  9. Gandi Wibowo berkata:

    Hmmm… untung saya gak kena kayak Gitu.. Waktu ke semarang, saya juga nyari hotel murah, tapi alhamdulillah Gak pake ditawarin cewek 😀

  10. muhamaze berkata:

    waduw gitu ya.. aku belum pernah ke Solo dan aku ada rencana mau ke solo lho..

  11. Vicky berkata:

    Hwahahahaha! Mas, ini ceritaannya saya bacain keras-keras di kantor, sekantor ketawa semua. Mantri saya nanyain, Mas, itu hotelnya di Solo alamatnya mana? Nama hotelnya apa? Ada harga korporat, ndak? Hahahaha!

    #stein:
    hotel yang kayak gini banyak di solo mbak, konon sama banyaknya kayak salon plusnya. buat yang solo, maap 🙂

  12. egah berkata:

    :)) :)) :)) :))

    cuma iso ngguyu mas ora iso komentar….sampek dideloki kasi-ku ngguya-ngguyu dewe nang ngarepe komputer…

    :)) :)) :)) :))

  13. arifsearifarifnya berkata:

    ntar ngajak sayah ya mas…..tak dudohke nggon sing nggenah…pijet thok ato nambah yang lain-lain

  14. lambenesugiman berkata:

    Akhirnya diposting juga..haha

  15. deeedeee berkata:

    haduuuuuuuuh… serem bener euy ceritanya…
    besok2 nyari hotel yg mahalan dikit, mas, biar aman… :mrgreen:

  16. lambenesugiman berkata:

    thank bro..

  17. samsul arifin berkata:

    emang mas, biasanya kalau pasang wajah “mesum” ya dikasihnya ya yang “berbau” mesum juga. hehehehe. :mrgreen:

    gini aja mas, lain kali kalau mau nginep di hotel, pake baju koko aja, jadi bisa “sedikit” lebih dihormati.

  18. Chic berkata:

    wooo ya lain kali booking hotel or penginapan dulu Mas, biar sampe sana sudah ada arah dan tujuan mau kemana…

    • Iya, bener2 ni kata mbak Chic… Hehehe. Tapi kadang hal2 atau pengalaman2 seperti yang mas ceritain di atas juga bikin hidup jadi lebih berwarna… Hehehehe…. Yang penting tetep ‘do the best’ ajalah…

      *btw ni ceritanya dah agak lama yaaa, tapi gapapa deh… 😀

  19. marshmalow berkata:

    wah, lama absen ngeblog, datang-datang disuguhi cerita serem saya. hahahaaa… mastein beneran nolak juga kalau si mbak cakep dan seksi? hueeee… ngaku!

    #stein:
    klo itu namanya rejeki mbak, pantang ditolak! :mrgreen:

    seks memang jadi komoditi murah-meriah ya, mas? antara himpitan ekonomi dan kesenangan juga kayaknya. buktinya kalau jadi tukang pijet yang lurus, kayaknya sekadar hidup sederhana boleh juga. jadi kenapa musti pake plus-plus? apalagi bila mengingat resikonya. *pengalaman pribadi.com* :mrgreen:

    #stein:
    duitnya lebih banyak mbak, tapi yang jelas kalo saya itu memang salah dari awalnya. wong hotel esek-esek ya dapetnya yang esek-esek juga 😆

  20. si-69 berkata:

    Kenapa yah, gw pikir kalo si mbok2 pijetnya sexy kayak Monica Belluci.. sepertinya ending cerita akan lain…hahhahaa.
    Maap lho Mas.. kucing kan gak mau ikan asin basi.. maunya yang seger… hahhhaha

  21. masoglek berkata:

    saya cuma mau numpang ngetawain sampean kok mas 😀

  22. Jadi mas, capeknya tidak hilang dong… Kasihan wanita tu mas ya…cari uang dengan plus..plus… he..he…

  23. AeArc berkata:

    hehe.. kok ga da pijat min-min ya? 😀

  24. Ade berkata:

    nyari hotelnya yang mahalan dikit mas, jadi ‘kualitas’-nya juga lebih bagusan hehehe.. :mrgreen:

  25. kucrit berkata:

    untung imane sampean kuat mas…

  26. suryaden berkata:

    aku yo melu ngakak waelah… sabar mas sabaaar… hahaha

  27. Abi Rafdi berkata:

    Jaman sekarang semakin gampang orang menghalalkan zina ya..ck ck ck..saya rasa semua agama melaknatnya..dan ada hukuman setimpalnya..minimal sampe mati lah hukumannya..itu aja baru hukum dunia..gmana hukuman akiratnya ya mas?..bagus mas,kuatkan terus imanmu.

  28. christin berkata:

    jadi pergi trus nyari hotel laen yang ceweknya lebih cantik gitu mas? 😆

    *disetrum*

  29. mercuryfalling berkata:

    aduh aku gak berenti ngakak daritadi wkekkekkekek mejanya mirip meja penjaga toilet kakkakkakka

    100 ribu mau ngelanjutin pijet juga udah gak enak ya mas. kalopun dilanjutin juga, jangan2x pake kaki dia mijetnya ahhaa

  30. huakakakak.. makanya mas, jangan sembarangan masuk hotel.. 😛

    untung iman masih terjaga.. kalo ndak, wah.. bisa dosa tuh..

  31. hot area berkata:

    thx infonya sob…

    download full software,request software,crack,serial,keygen

    disini:

    http://www.copie-pastie.blogspot.com/

  32. HUaahahaha
    kocak abiiis

    ajianmu kurang mas makanya dpt tk pijet yg begitu :p

    coba mandi kembang dulu 7 rupa
    pasti lain cerita hihihi

  33. iskandaria berkata:

    Hehehe.. Jadikan aja pengalaman manis mas 🙂

  34. Muzda berkata:

    Kamarnya sih boleh cuma 45 ribu, tapi (nggak) pijetnya 100 rb,, hahaaa
    Haiyah ..

    Ndagel!
    Hahaaa 😀
    Ndak bisa brenti ketawa saya
    hahaaa ….

  35. suwung berkata:

    bener bener modern sampe hotel nyari yang 75 rebu

  36. Info yang menarik, makasih ya… 🙂

  37. asri berkata:

    ngakak mampus bacanya =))

  38. Jafar Soddik berkata:

    Untungnya Mas Stein masih kuat iman ya menghadapi tukang pijat wanita yang sudah buka celana jeans :D.

    Agak susah memang jika berada dalam lingkungan yang ‘samar-samar’ seperti itu. Kita cari yang benar-benar bisa pijat tapi justru itu yang ga ada, yang ada itu bisa plus tapi ga bisa pijat.

  39. fajar berkata:

    Wakakkakakakakkakakakk……Ceritamu lucu-lucu ngono an….Ngko maneh yen arep rono takon hotel sing nggenah karo wong solo & sekitarnya sing alim-alim (hehehehehheee)

    #stein:
    asline ancen golek sing ora nggenah kok cak :mrgreen:

  40. beruangqutub berkata:

    mbak – mbak iku anak buahku An

    kalo memang pengen yang mantep kyk monica bellucci, kan tinggal telpon aku wae, ben tak ganti.

  41. Mas Adien berkata:

    Stein…maaf aku wong Solo..kampung patangpuluhan alias 40 kilometer dari solo alias klaten hahahahaha…..sakno rek adoh adoh diapusi uwong…

  42. Anto berkata:

    “gundhulmu atos kuwi! harganya ndak cocok sama kualitasnya“ –> hyahahahaa…. best part !!

  43. Syukriy berkata:

    murah kok njaluk nyaman, bos?
    hehehe…. piss, salam kenal, pak.

  44. bundarozan berkata:

    ada ada aja…aja aja kok ada

  45. […] warung. Mungkin lagi serius mbaca pertempuran kadal lawan cicak, atau bisa juga lagi melototi iklan pijat plus yang makin hari makin vulgar. Saya dekati sambil mbawa cangkir kopi yang masih mengepul, “Liat apa […]

  46. ucrit berkata:

    yg sabr y o boss.

  47. Tetanggajenderal berkata:

    wakakaka…baru tahu ternyata saya menghabiskan 5,5 tahun di Sekolah Tinggi Kaum Dhuafa. Tapi sampeyan luar biasa bos, baru satu hari di Solo udah dapet pengalaman yg menakjubkan, saya sudah bertahun2 di solo belum pernah merasakan hotel deket terminal.

  48. hitamputih berkata:

    250.000 harusnya dapat mahasiswi ya boz…

    #stein:
    memang dapet ya segitu? 😆

  49. Huang berkata:

    Semalam saya ngobrol sama penjaga ditempat saya memburuh. Dia bilang kalau dia pernah ngewe sama cewek dan tarifnya sama seperti mas, 250ribu 😀 dan itu dari malem sampe subuh bakal dilayani. hag hag hag…

    +1 buat share pengalamannya mas.

  50. Ryan berkata:

    gue nitip ketawa… kwkwkkwwkwk… jujur pagi2 gw search di google nyari tukang pijet…. eh malah ketemu blog gokil kayak gini…. hilang dah nafsu gw mau di pijet…..

  51. danial berkata:

    wah…belum tahu ya mas.sekitar trminal itu ada 200 psk lho.Di solo emang byk salon plus,panti pijat plus2 ,rumah penampungan,trus cewek panngilan.
    smoga g’ terulang lagi.jaman udah edan .skrg ini

  52. yuduto berkata:

    hehehhee…solo oh solo

  53. semendo berkata:

    ketawa ngekek bacanya 🙂

  54. matajuling berkata:

    saya ndak pernah comment mas, kali ini terpaksa ikut comment : hahahaha hihihi hahahaha hihihi, sakit perut.

  55. arumaarifu berkata:

    hahhahaha…. sumpah… ngakak.. beneran,,, 😀

  56. damoel berkata:

    HA HA HA HA,,,,,,Kasian juga ya mas,EMANG NGGAK MANDI WAKTU MAU KESOLO?

  57. Wati berkata:

    hahahah….apes bgt seh mas…..

  58. mampir nich dari jakarta selatan…
    also visit jasa pengamanan

  59. encrit berkata:

    waaaaaaaaaaaowwwwwww…………..
    amazing banget……..

  60. travel haji plus berkata:

    ngebacanya aja udah ngeri n geli kalo ngebanyangin itu terjadi sama saya. jd lain kali hati2 bro kalo request tukang pijit, jgn asal minta aja hihihi 😛

  61. Prudential berkata:

    wah salut buat mas stein, ga tergoda dengan perempuan murahan

  62. melilea berkata:

    Begitulah seharusnya kita, tdk tergoda dengan kesenangan duniawi yang hanya semntara, sy justru kasihan sma wnita tsb,mudah2an Allah mmberi ptunjuknya

  63. Travel Haji berkata:

    Memang manusi tak lepas dari godaan dan cobaan, dan mas stein sdh mampu meleawtinya.mudah2an istiqomah. Slam kenal ya mas

  64. Wisata Edukatif berkata:

    Hanya iman yang kuat yang bsa mnahan godaan apapun,termasukgodaan wanita

    #stein:
    iman yang kuat plus kantong yang tipis :mrgreen:

  65. Travel Haji berkata:

    ga diman2 mana ya,tukang pijit ada layanan lainnya

  66. Tabri berkata:

    Hahaha….
    Cerita saya beda tipis…..
    Kejadian di Bogor, lagi asyik sendirian dalam kamar hotel tiba-tiba pintu diketuk, saya buka masuk tante-tante “permisi… Maas, saya temenin ngobrol ya….”. Kontan aja saya bingung, “memangnya ngobrol apa?”. “yaah apa aja boleh koq” jawabnya. Ujung-ujungnya sama, kayak gitu juga.
    Halah, saya suruh pergi dia ga mau, terpaksa dengan goceng melayang baru nyelonong tuh tante…..
    Gelo.

  67. Prudential berkata:

    binis birahi / sex berekdok panti pijit,bukan hal yg rahasia lagi..bukan hany di yogya hampir di seluruh wilyah indonesia kayanya ada tuh..nauzubillah

  68. bali property berkata:

    Hmmm selamat Mastein, anda layak dapat bintang…(terhindar dari zina) Luxury Rental Bali

  69. Haji berkata:

    Selamat bagi anda Mastein,,sudah terhindar maksiat. Alhamdulillah…

  70. ari fin berkata:

    mas2..ni ku mlem2, ngntuk.. ku bela2 in bka comp…mo nyri info bwt nginepin tmen dr jatim..biasa, nyri yg murah…eee mlah ngakak nggak ketulungan bca crita ni..halaaaahh…kkkkkkk…

    #stein:
    sukurlah 😆

  71. agung berkata:

    Mantap

  72. azysforever berkata:

    Klo didjogja banyak gan,,malah lebih murah.. ane tau banyak t4nya..

  73. wong solo berkata:

    sbg warga solo saya mint mf atas ktdk nyamanan’a ms..
    ,tarif kmr sgitu kmahaln(ad yg 50rb dh tv,bersh)
    Mungk klau saya brkunjung kkota anda,pst jg akan brnasip sama.

  74. budiyono berkata:

    Ha..ha.

  75. slamet berkata:

    huahahahahaha….
    untung masbro esih eling…
    hahahaha…

  76. ciwir berkata:

    Aslli ngakak maca iki…
    Pengalaman berharga bos
    Hahah

  77. travel umroh berkata:

    dikasih rejeki sesaat tuh…. tapi dosanya sepanjang masa….xixiixi

  78. iwansalafi berkata:

    Nauzubillah min zaalik

  79. Travel Umrah berkata:

    Kefakiran mendekati kita kepada kekufuran, Banyak sekali usaha berkedok panti pijat, Pijat tradisional dll, ternyta didalmmya kemaksiatan

  80. Adhi Yulistianto berkata:

    ha……………………….ha……………..

  81. umrah haji plus berkata:

    Kira-kita pa Jokowi tahu ga ya hal seperti ini terjadi di wilayah kekuasaannya, solo ??

  82. ari berkata:

    wahhhhhhhhhhh yang sabar boss,,gitulah lika liku cari uang

  83. ricky berkata:

    tarip pijat disolo mahal mahal bos masak pijat aja 100 ribu

  84. ricky berkata:

    solo emang mahal tarip pijatnya,rata rata 100 ribu

  85. ricky berkata:

    kalau mau nginap murah di solo di hotel kendedes aja atau hotel lorin, selain murah juga nyaman

  86. Allecthio berkata:

    Ndagel itu mbak nya
    Maen ga maen kok tetep njaluk 250
    kayaknya kalau jd maen, keluarnya juga ditarget,
    2 menit harus udh croot..

  87. adiekeputran berkata:

    sekolah tinggi kaum dhuafa :mrgreen:

    jiyaaaan

  88. hahahaha mau ketawa bacanya.
    keren jg ya bisa mengalahkan nafsu. pasti istri & anaknya seneng bgt deh.

    salam kenal 😀 lucu

  89. Selamet Hariadi berkata:

    he… Cari yang bersih butuh perjuangan. 🙂

  90. Kerajaan berkata:

    pengen banget

  91. waduh parah dong pengen istirahat malah bikin emosi jiwa plus hilang uang 100ribu. mendingan hotel sedang dan bersih untuk istirahat gan, good post gan boleh ketawa kan gan ha ha ha, piss gan

  92. cahyo bagus berkata:

    PIJAT REFLEXOLOGI/ CAPEK Panggilan
    Anda capek??
    Ingin sehat, terhindar dari stroke, depresi, stress, lelah, letih dan gangguan lain? Pijat Refleksi Solusinya.
    Pijat refleksi sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, memberikan rasa relaksasi yang mendalam, menghilangkan stress, depresi, gangguan tidur, konsentrasi kurang, rasa lelah, letih, mencegah stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penyakit tanpa menggunakan alat, obat-obatan dan sejenisnya, alamiah dan tanpa efek samping.
    … … … …
    Murah perjam 30rb perak!! buruan

    Request ke 0856 4309 6773
    Area Jogja

  93. alifandra berkata:

    jogjakarta tempat yang paling indah, ada tempat dugem ada pula pasarkembang, hahaha, ngakak lho baca legendamu kui,

  94. vimax berkata:

    cocok dengan suasana yogyakarta

  95. dony berkata:

    ada yg mau phon sex hot bls aja sms ku ini cewek2 cantik aku tunggu

  96. FOXY Spa Purwokerto
    Komplek Horison Hotel (Exs Delta Spa)
    jl dr.Angka no 71 purwokerto timur

    http://www.foxypwk.blogspot.com

    Info & Rsvp Please call to us
    »G.R.O.
    ☎082137750864 PIN BB 21F7316E
    »C.S.☎0281631332
    kritik & saran :
    »Santos☎082137750865 PIN BB 2A063BFC

  97. […] Tukang Becak, Tukang Pijet, dan Hotel Esek-esek […]

  98. Alex berkata:

    Minta no hpnya kalo mau pesan

  99. ronald berkata:

    Saya juga mau jadi jasa pijet cewek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s