Menginstall Kembali Google Talk Pada Android

Kadang susahnya memiliki gadget dengan memori internal pas-pasan semacam Samsung Galaxy Gio punya saya adalah kita ndak punya cukup ruang untuk menginstall bermacem aplikasi. Memang bisa diakali, misalnya dengan memindah data aplikasi ke memori eksternal, tapi tetep saja setiap aplikasi yang terinstall akan mengurangi jatah memori internal. Misalnya aplikasi GPS Navitel, data sebesar 35mb memang bisa saya taruh di SD card, tapi yang 2,89mb mau ndak mau tetep ngendon di memori internal.

Beberapa hari yang lalu saya sempet bingung, dari 181mb memori internal cuma tersisa sekitar 270kb.

Kok bisa? Lha mbuh, perasaan saya ndak install apa-apa, cuma mengganti aplikasi anti virus dari AVG ke Avast.

Saya coba clear cache memory, ndak ngaruh, coba reboot, ndak ngaruh juga. Wis, akhirnya dengan sangat terpaksa saya hapus beberapa aplikasi bawaan. Dimulai dari Google Map, yang memang nyaris ndak pernah saya pakai, toh sudah ada Navitel kalo saya lagi butuh navigasi. Juga aplikasi kecil-kecil semacam Social Hub, Samsung Apps, Music Player, termasuk Gtalk. Saya mikirnya nanti bisa install Ebuddy yang sudah mencakup Gtalk, Yahoo Messenger, dan Facebook Chat.

Ndilalah, aplikasi Ebuddy ndak sebagus yang saya kira, paling ndak untuk Gtalk-nya, ada delay beberapa detik yang kadang mengganggu, belum lagi kadang ada percakapan yang saya lakukan di komputer ternyata ndak masuk. Intinya saya mendadak pengen menginstall lagi Gtalk pada Samsung Galaxy Gio.

Ndilalahnya lagi, di Google Play, nama terkini dari Android Market, ndak ada aplikasi Google Talk!

Piye jal?

Mumet jayalah saya jadinya. Walaupun sudah mencoba bertanya pada Mbah Gugel baik dengan Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, bahkan dengan Bahasa Inggris logat Blora, yang akhirnya menyadarkan betapa pas-pasannya kemampuan berbahasa saya. Terakhir saya mencoba bertanya dengan beberapa bahasa isyarat di depan Mbah Gugel, tapi beliaunya ndak respon. Ya sudahlah.

Ternyata solusinya cukup sederhana, hanya butuh aplikasi Titanium Backup yang bisa didonlot gratis dari Google Play, setelah itu silakan sampeyan cari teman sesama pemakai Android yang masih memiliki aplikasi Gtalk, lalu paksa agar dia menginstall Titanium Backup juga.

Untuk apa?

Ya tentunya untuk mem-backup aplikasi Gtalk, setelah itu taruh backup file tersebut (ada tiga file) ke dalam folder TitaniumBackup yang ada pada SD card. Monggo dibuka aplikasi Titanium Backup, di tab Backup/Restore silakan cari di bagian bawah, sampeyan akan ketemu aplikasi Google Talk dengan satu backup, tap sekali, lalu pilih restore.

Selesai.

Ngomong-ngomong aplikasi yang saya install di Samsung Galaxy Gio ini berasal dari backup aplikasi Gtalk pada Sony Ericsson Xperia X8, lancar-lancar saja, ndak ada masalah.

Bagi sampeyan yang butuh file backup Gtalk tersebut monggo didonlot di sini.

matur nuwun kepada mas Opick

9 comments on “Menginstall Kembali Google Talk Pada Android

  1. warm mengatakan:

    ya ampun canggih sekali sampeyan mas
    ndak mudheng blas iki..😐
    *malu*

  2. Emanuel Setio Dewo mengatakan:

    Ternyata njelimet ya?
    Dulu saya uninstall aplikasi android langsung delete file-nya, termasuk aplikasi standard bawaan gadget-nya yang ngga penting. Tapi ndak pernah mau install lagi, jadi ngga tahu rasanya pengen install ulang, hehehe…

  3. lola mengatakan:

    bantuin ane dong..bingung

  4. […] Apple Vs Samsung, Indonesia Dapat ApaAplle Vs SamsungIFA 2012: Samsung Sandera Dua Blogger di Jermani'm saimatkongMusic Newz Bites – 05 SepA Sociologist’s Adventures in Social Media LandSamsung Tuding LG MenjiplakMenginstall Kembali Google Talk Pada Android […]

  5. Pondok Print mengatakan:

    wah mantap tapi lum kesampain beli android 😀

  6. chocoVanilla mengatakan:

    Aku tinggal make ajah. Nek butuh apa-apa ya tinggal minta bantuan “tetangga sebelah” untuk masang:mrgreen:

    Header nya apik, Mas. Itu warung Mbok Darmi ya? Mana Kang Noyo, kok kabur gambare?

  7. rando mengatakan:

    Kok ga bs di buka y backup gtalk nya…
    Gmail aq juga ga bs di buka ne…

  8. hendra mengatakan:

    mas bro, kalo kasussnya kaya gini.
    saya ndak menghapus gtalk, tap saya install hangouts dari google. yg notabene itu adalah aplikasi pengganti dr gtalk. dan ternyata hangouts itu tidak senyaman dan seenak gtalk. dan saya ingin balikan lagi sama gtalk. nah,,mas bro ada sosuli ndak dari pertanyaan saya??
    mohon bantuannya ya mas bro..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s