Ambil Sendiri SPT Tahunan Sampeyan

Tadi malem sepulang dari warung Mbok Darmi saya ketemu sama Mbah Suto di prapatan deket pos kamling, beliau nanya, “Le, tadi waktu lewat Purwosari kok ada tenda tulisannya pajak dengan logo departemen keuangan, sekarang pajak ikut mbuka lapak di pasar juga po? Jualan apa?”

“Sembarangan sampeyan ini Mbah, pajak ndak jualan apa-apa, opo yo tumon instansi pemerintah jualan.” Jawab saya agak tergelak. :mrgreen:

“Eh, tapi ada lho instansi yang jualan jasa, kalo ndak dibayar ndak keluar juga layanannya.” Kata Mbah Suto sambil nyengir sinis.

“Halah, sampeyan mulai lagi. Saya lagi ndak minat ngomong yang begituan.” Potong saya, “Soal tenda pajak itu tadi karena mulai sekarang SPT Tahunan ndak dikirim lagi ke alamat masing-masing wajib pajak, yang bersangkutan harus ngambil sendiri ke kantor pajak. Lha untuk mempermudah dibikinlah tempat-tempat pengambilan SPT di tempat-tempat strategis, biar wajib pajak ndak usah jauh-jauh ngambilnya.”

“Waduh, kok ngrepoti gitu sekarang? Mbok dikirim saja kayak taun-taun kemaren, mempermudah masyarakat.” Kata Mbah Suto.

“Bukan masalah repotnya Mbah, ini pembelajaran, karena sebenernya di undang-undang pajak aturannya wajib pajak memang harus ngambil sendiri, itu aturan sejak taun 1984 lho. Tapi karena alasan-alasan tertentu pihak pajak selama ini selalu ngirim ke alamat.” Ujar saya menjelaskan.

“Kalo ndak sempat ngambil?”

“Ya disempat-sempatkan tho Mbah, mosok setaun sekali buat negara ndak bisa meluangkan waktu. Atau kalo sampeyan memang bener-bener ndak sempet keluar rumah, suruh saja anak sampeyan donlot formulirnya situsnya pajak, atau sampeyan bisa cari-cari juga di www.ortax.org.” Pungkas saya.

“Jangan sampe kayak taun kemaren lho Mbah, mosok telat laporan SPT Tahunan cuma gara-gara tukang pos ndak nemu rumah sampeyan, apa kata dunia??” πŸ˜†

12 comments on “Ambil Sendiri SPT Tahunan Sampeyan

  1. lina berkata:

    wow, harus ngambil sendiri sekarang yak. mau woro-woro ah ke yang lain. πŸ™‚

  2. Mawi Wijna berkata:

    Saya harus segera belajar ngisi SPT niy

  3. JR berkata:

    jkadi gag dianterin lagi ya om…..

  4. budiono berkata:

    wah jan tenan marai malessss…

  5. JoEy D`JuVe berkata:

    biasa bayar upeti… bingung pajak… *geret sapi*

  6. deeedeee berkata:

    β€œJangan sampe kayak taun kemaren lho Mbah, mosok telat laporan SPT Tahunan cuma gara-gara tukang pos ndak nemu rumah sampeyan, apa kata dunia??” πŸ˜†

    huahahahha.. bener juga.. trus sapa yg salah..?! tukang poskah?! hihihi

  7. Mz fer berkata:

    bro, SPT ku tlg diisikan ya. lagi males ke kantor pajak neh πŸ˜€

  8. Dardiri berkata:

    mbok aku nitip bojomu ae lek ngisi SPT…

  9. dewira berkata:

    Kalo saya pernah ketemu teman SMA, di terminal, trus bis basa basi dia tanya, Kerja dimana sekarang? Saya jawab Pajak. Dianya cuma ber ooo saja. Setelah ngobrol ngalur ngidul dia tanya lagi. Jualan apa di pajak? haa? Gedubrak

    FYI: di tempat saya SUMUT sana,pajak itu artinya pasar (aduh jangan tanya saya kenapa bahasa disana bisa kacau begini, saya juga ga tau) lah dia kan orang yang berpendidikan jadi masak ga ngerti pajak yang saya maksudkan apa

    Karena bus yg saya tunggu sudah datang dicampur gemes dengan pertanyaannya, saya jawab asal aja “jeruk” dan diapun cuma ber ooo lagi hehehhe

    eh..eh alo Mas aku mampir kesini. Boleh ya? πŸ™‚

  10. kabariberita berkata:

    betul membiasakan diri, setidaknya bisa menghemat biaya negara

  11. […] Sampeyan ini ndak gawul tenan Kang, mulai tahun ini SPT Tahunan ndak dikirim, sampeyan harus ngambil sendiri.” Kata saya sambil balik ke […]

  12. […] Sampeyan ini ndak gawul tenan Kang, sekarang ini SPT Tahunan ndak dikirim, sampeyan harus ngambil sendiri.” Kata saya sambil balik ke […]

Tinggalkan komentar