Kenapa Saya Ngeblog?

Sampeyan pernah berkhayal? Kalo ndak pernah kayaknya kebangetan, mosok jadi orang ndak pernah ngayal. Yang saya inget dulu waktu SD saya biasa berangkat dan pulang sekolah sambil ngoceh sendiri, sambil naik sepeda saya membayangkan jadi seorang pendekar yang maha sakti, berkuasa di sebuah gunung, memiliki kekuatan seribu gajah. Agak serakah memang, namanya juga anak kecil. :mrgreen:

Pada waktu adik saya sudah sekolah, dia sering berangkat saya bonceng. Dalam perjalanan sering saya bercerita sama dia, cerita yang saya karang sendiri. *intinya adalah dari kecil saya ini tukang ngayal suka berimajinasi*

Pada waktu SMA saya mulai suka ndobos, mengobral kata-kata bijak, baik yang saya ambil secara sembarangan dari orang lain maupun yang tiba-tiba tercetus dalam kepala. Dari beberapa kali acara curhat-curhatan saya merasa punya bakat jadi psikopat psikolog, makanya waktu UMPTN saya ngincer fakultas psikologi UGM, yang ternyata ndak mampu saya raih. *makanya ndak usah ngayal tinggi-tinggi, wong otak pas-pasan*

Woi stein! Ndak ada yang tertarik sama masa lalumu yang menyedihkan itu!

Maap sodara-sodara, ini perlu saya ceritakan dalam rangka menjawab pertanyaan mbak Eka, kenapa saya ngeblog?

Award untuk teman - teman :)

Saya pertama kali kenal blog waktu berkelana di dunia intranet pabrik tempat saya mburuh, di situs lokal yang dibuat sama Maseko. Waktu itu dengan pedenya saya mbikin template make mikrosop frontpage, tampilan di komputer saya bagus tapi waktu saya pasang di web jadi berantakan. Saya tanya ke salah satu temen cetingan, dia bilang, β€œgampang itu, tinggal diedit html-nya, kamu ngerti html kan?”. Html? Makhluk apa itu? 😯 *dan itulah terakhir kali saya mbuka halaman blog di sana*

Bergumul sama blog lagi waktu saya dipanas-panasi sama Masopang untuk mbikin akun di multiply. Hanya saya isi sekali trus saya tinggal kabur, karena saya ini gaptek tenan, waktu template saya berantakan saya sudah males ngurusi.

Akhirnya suatu hari saya kesasar di blognya imam madzhab bocor alus, saya agak terkagum-kagum sama tulisan beliau yang enteng tapi berisi, bisa membahas sesuatu yang berat tanpa saya harus mengerutkan dahi. Trus melihat komentatornya yang sakdabreg itu saya jadi iri, ediyan, ini orang populer tenan! πŸ˜†

Dulu saya suka mbaca tulisannya Umar Kayam, Cak Nun, Gus Mus. Saya juga pernah nulis beberapa artikel di forum diskusi intranet. Saya mantan calon psikolog yang suka ngelamun jorok berimajinasi. Kenapa saya ndak coba bikin blog saja? Paling ndak saya bisa nulis renungan-renungan saya. *halah!* :mrgreen:

Jujur saja, waktu pertama kali ngeblog saya pengen terkenal kayak mbel, chic, itik kecil dan ulan, empat blog seleb yang pertama kali saya kunjungi. *dasar motivasi ndak mutu!*

Hasilnya? Seiring perjalanan waktu saya jadi sadar bahwa ngeblog itu ndak sekedar jadi ngetop, dapet PR tinggi, dan sebagainya. Ngeblog buat saya adalah sarana berbagi dan menuang imajinasi, bukan sekedar traffic yang tinggi tapi juga tentang kepuasan hati. *yang sebenarnya adalah saya baru sadar ternyata kemampuan nulis saya pas-pasan*

Selamat hari senin sodara-sodara, apakah sampeyan juga pengen jadi seleb blog?

28 comments on “Kenapa Saya Ngeblog?

  1. Muzda berkata:

    Nggak, Mas.
    Saya nggak mau jadi seleb blog.
    Saya nge-blog itu buat belajar nulis. Kadang juga cuma supaya saya ndak malu kalo internetan kok cuma chating doang, sama pesbukan.
    Hehee …

  2. Muzda berkata:

    Woooghh,, tenan tho Mas. Bar masang link-mu, aku iso pertamax.
    Hahaa πŸ˜€

  3. Takodok! berkata:

    Wooww, mulia sekali alasannya. Saya dulu malah krn iseng ikut2n gebetan :mrgreen:

  4. Saya kasian bgt sama adiknya mas, pasti de,e wis arep sinting ndegerin khayalanmu yg pengen senggandteng and sesakti mandraguna Wiro Sableng. Belum lagi, kalo dia meringis sakit mesti ati2 jgn sampe ketauan sampeyan, bagus kalo cuma dianalisa nah kalo sampe diajak bikin org lain juga mringis kesakitan (maklum psikopat) gimana :p hehehe

    Adeknya masih waras tho mas? Soalnya saya ampir ndak waras mbacain si juragan sapi, mati ketawa hahaha

  5. adipati kademangan berkata:

    Mulia sekali tujuanmu itu nak, semoga diterima disisi Tuhan yang Maha Kuasa. loh ?! πŸ˜€

  6. wijna berkata:

    Rupanya kita berdua sama-sama punya imajinasi liar yah mas? hehehe. Mari kita racuni orang-orang dengan pemikiran-pemikiran kita itu! πŸ˜€

  7. podelz berkata:

    Ruarr biasa.. setuju, ngeblog buat having fun dan mengeluarkan apa yang ada di benak kita.

  8. zefka berkata:

    gak pengin jadi seleb lah mas, pengin jadi orang biasa aja, ntar repot dicari2 wartawan.
    kalo gw ngeblog buat curhat aja mas, rasanya plong kalo dah diposting apa yg gw rasakan, kalo ujung2nya ntar banyak yg baca ya alhamdulillah, kalo gak ada ya ga masalah, gw baca sendiri aja sekaligus sebagai catatan kehidupan gw, kadang kalo baca postingan2 yg terdahulu gw jadii senyum2 sendiri ingat masa lalu.

  9. mercuryfalling berkata:

    ooo tukang ngayal toh hehhee

    jd seleb blog ? gak pengen sama sekali, mas. gak punya waktu buat balas kunjungan πŸ˜€

  10. samsul arifin berkata:

    kalau aku? yang pasti aku ga ingin jadi seleb blog? aku udah kapok mas, hanya ingin menjadi manusia biasa dan hidup tenang bersama Marry Jane, ga mau jadi superhero lagi. :mrgreen:

    yang pasti, aku ikut2an ngeblog gara2 wisna, karena ingin menuliskan semua keluh kesah tadinya, dan ternyata ada efek positif yang aku terima, aku bisa mendapatkan optimismeku kembali. itu yang aku rasakan.

    selain itu, aku juga sedang berusaha mendokumentasikan hidupku, kisah perjalananku, kemanapun dan kapanpun yang aku anggap menarik. karena aku merasa sering berpikiran aneh, makanya aku pikir dengan menuliskannya di blog bukanlah sesuatu yang berlebihan juga. begitu kang. πŸ˜€

  11. kucrit berkata:

    Iso ngetokne uneg-uneg neng jero dodo ae.. wes syukur aku mas… gak usah ngayal seng duwur-duwur disek… hehehhe..

  12. Chic berkata:

    loh? loh? *kesummon backlink*

    aiiish sayah bukan seleb kok… :mrgreen:
    pernah dapet pertanyaan yang sama juga πŸ™„

  13. Ziadi Nor berkata:

    Cerita yg mnarik. Ada klanjutan y ga?

  14. Saya juga sering berhayal Mas, hahaha.
    Err, kalau saya gak ada keinginan tuh buat jadi seleb blog.
    Bagi saya, ngeblog itu buat nambah ilmu, nambah teman, dan kalau bisa nambah duit juga :mrgreen:

  15. Uke berkata:

    selamat sadar kl kemampuan menulisnya pas2an. saya jg pas2an. tp cuek aja teteup asik ngeblog
    ambil award di blogku yah mas

  16. Aden Kejawen berkata:

    Selamat atas Awardnya………….

  17. Kalo bersambung tunggu kelanjutannya ach

  18. sugiman berkata:

    Aku ngeblog goro2 kowe..hihi..
    kowe ngaku gaptek? nek aku opo yo ngisore gaptek?(Blasratek=blas rangerti tek)

    Pengene ben ngilangi stressku, ben ra ngluthek gawean sing sak abrek(SP3 ku kehhhhhh biayyanget cuk, hampir sama sekali ra diewangi ketua tim, opo2 dhewe)

    Toollooong..!!!

  19. kawanlama95 berkata:

    nge blog bagiku untuk belajar lagi nulis. dan adalah hidden aAGENDA BACA AJA postingan2 aku

  20. egah berkata:

    wah kebiasaan om stein ni merendah trus…wes tau dadi fastest growing ngono lo mas

    nek motivasiku ngeblog sama dengan sampeyan mas buat sarana berbagi n nambah teman lan ilmu

  21. iskandaria berkata:

    Yups. Ngeblog bukan sekedar prestasi di bidang trafik atau pagerank. Namun ada hal yang lebih memberikan kepuasan ketimbang itu. Di antaranya jika kita berhasil menuangkan pikiran maupun pengalaman kita yang bisa menjadi inspirasi bagi banyak pembacanya.

    Namun ilmu bagaimana mengembangkan blog sehingga trafik dan pagerank-nya makin bertambah juga cukup penting. Demi memperluas kalangan pembaca blog kita πŸ™‚ Makin banyak yang baca tulisan kita, kan makin bangga jadinya tuh πŸ˜€

  22. sekar242002 berkata:

    Saya ngeblog tadinya juga ikut2an trus akhirnya jadi keterusan :mrgreen:
    selain itu juga saya suka nulis di buku harian mas, sekarang pindah ke blog deh nulisnya..

  23. Nanda berkata:

    yang Ngeblog karena pengen punya tempat curhat juga banyak ya.. πŸ˜€

  24. shanushy0809 berkata:

    lam kenal
    makasih atas pandangan dan wawasannya tentang blog
    aq sendiri hanya sekedar nulis dan belum tau untuk dan buat siapa aq ngeblog

  25. deeedeee berkata:

    heheh… ngayal itu emang asik, mas.. apalagi ditumpahkan ke blog.. :mrgreen:

  26. asri berkata:

    ngeblog bwt buang2 sampah, drpd menuh2in otak sy yg cuma dikit kapasitasnya πŸ˜€

  27. Kus Andriadi berkata:

    hahaha…
    sampe gede sekarang masih suka “berimajinasi” gak mas? haha,,

    betul mas,, blog hanya untuk kepuasan hati dan just for fun, gak terpengaruh traffic…^^ jadi gak beban,haha

  28. wishper girl berkata:

    menyampaikan apa yang tak bisa terucap lewat mulut mas,
    kucurahkan dengan cara ngeblog. Ndak pingin jadi artis .. :).
    makasih mas tadi masukanya.
    saya ndak tau harus bagaimana lagi,
    saya butuh dia, sahabatku, tapi dia ndak peduli lagi sama saya 😦
    saya ndak boleh nyerah kan mas.
    walopun tanpa sahabat saya harus kuat.
    maksih mas.

Tinggalkan komentar