[Info Updated] Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STAN Tahun 2011

Pengumuman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru STAN Tahun Ajaran 2011/2012 sudah dikeluarkan oleh BPPK Kementerian Keuangan dan bisa sampeyan donlot di sini, sayangnya tahun ini STAN hanya membuka pendaftaran untuk Program Diploma I Pajak dan Bea Cukai.

Buat sampeyan yang berminat kuliah di sekolah tinggi kedinasan, kuliah ndak mbayar, dan lulus langsung penempatan, berikut ini bocoran informasi pendaftaran calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Harap diperhatikan, untuk tahun ini proses seleksi calon mahasiswa baru berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kalo biasanya seleksi hanya dilakukan dalam satu tahap yakni tes tertulis kecuali spesialisasi Bea dan Cukai yang ada tes kebugaran, maka tahun ini seleksi untuk semua jurusan dilakukan dalam tiga tahap, yakni tes tertulis, tes kebugaran, dan assesment.

Berikut tahapan-tahapan pendaftaran calon mahasiswa baru STAN tahun ajaran 2011/2012:

  1. Pengumuman

    Pendaftaran ujian masuk STAN rencananya akan diumumkan mulai tanggal 16 Mei 2011, jadi mulai sekarang silakan sampeyan klik info detilnya di http://usm.stan.ac.id

  2. Pendaftaran

    Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 08 Juli 2011 sampai dengan 17 Juli 2011 di http://usm.stan.ac.id

  3. Pengiriman Berkas Pendaftaran

    Tahun ini seleksi administrasi alias verifikasi berkas pendaftar dilakukan terpusat di Jakarta sehingga berkas pendaftaran calon mahasiswa baru harus dikirim ke PO BOX STAN, JKS 12000. Berkas yang harus dikirim antara lain: hasil cetak formulir pendaftaran online yang telah ditempeli pasfoto berwarna 4×6, fotokopi ijazah/ijazah sementara dan fotokopi rapor tahun terakhir yang sudah dilegalisir.

  4. Pengumuman Peserta Ujian yang Lolos Seleksi Administrasi
  5. Pembayaran Biaya Pendaftaran

    Setelah peserta ujian masuk dinyatakan lolos seleksi administrasi, berikutnya peserta harus membayar biaya ujian masuk sebesar Rp 150.000 di bank yang ditunjuk oleh panitia, pelaksanaannya dari tanggal 29 Juli sampai 05 Agustus 2011.

  6. Pengambilan Bukti Peserta Ujian

    Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan sudah membayar biaya ujian masuk bisa mengambil Bukti Peserta Ujian di tempat-tempat yang telah ditentukan.

  7. Ujian Tertulis

    Peserta mengikuti ujian di kota tempat mengambil Bukti Peserta Ujian. Ujian tertulis meliputi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2011, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 29 September 2011.

  8. Tes Kesehatan dan Kebugaran

    Peserta yang lolos ujian tertulis tahap pertama akan mengikuti proses seleksi berikutnya yaitu tes kesehatan dan kebugaran. Ndak perlu takut, tesnya ndak seserem kalo misalnya sampeyan ndaftar Akademi Militer atau STPDN. Tes ini rencananya akan dilaksanakan pada 03 sampai 08 Oktober 2011 dan hasilnya akan diumumkan 17 Oktober 2011.

  9. Assesment

    Tahap terakhir yang harus dilalui oleh peserta yang lolos tes kesehatan dan kebugaran adalah assesment (makhluk opo iki?). Saya ndak tau persis apa bentuk tes assesment ini, mungkin semacam wawancara atau seperti pantokir dalam tes masuk militer. Tes ini akan dilaksanakan pada tanggal 24-30 Oktober 2011.

  10. Pendaftaran Ulang

    Peserta yang sudah melalui ketiga tahapan seleksi (empat kalo seleksi administrasi juga dihitung) bisa deg-degan nunggu pengumuman final calon mahasiswa baru yang diterima pada tanggal 17 November 2011 dan melakukan daftar ulang setelahnya.

Informasi ini sifatnya masih belum resmi, tapi bisa sampeyan jadikan bahan untuk mempersiapkan diri. Untuk informasi lengkapnya silakan sampeyan buka tunggu di situs resmi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau di situs BPPK, atau bisa sampeyan donlot di sini.

Sampeyan juga bisa langsung nanya-nanya ke panitia lewat telepon (021) 35999960-63, email usm@stan.ac.id, twitter @usmstan pada hari dan jam kerja.

27 comments on “[Info Updated] Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru STAN Tahun 2011

  1. carra berkata:

    πŸ™„ jadi pengen sekolah lagi…

    #stein:
    bagi-bagi info saja mbak, siapa tau ada yang butuh

  2. Jauhari berkata:

    bocoran dari mana mas???

    #stein:
    lha itu yang jadi pertanyaan saya juga, bocoran dari mana? saya dapetnya dari anak-anak DIV yang lagi kuliah di sana. tapi ternyata sampe hari ini STAN blom buka pendaftaran, saya jadi merasa bersalah. infonya ndak akurat

  3. ndaru berkata:

    ada orang dalem ndak? πŸ˜€ :p

    #stein:
    ada, tapi masalahnya saya ndak kenal :mrgreen:

  4. ardhinugros berkata:

    saya mau ndaftar beasiswa SPIRIT atau JICA aja dah πŸ˜€

    #stein:
    mantab! saya S1 saja blom ndaptar πŸ˜†

  5. iand farmaddy berkata:

    knapa lebh lma dan lebi rumit ya????

    alasanya apa???

    #stein:
    rumor yang beredar seleksi dilakukan dengan standard penerimaan PNS Kementerian Keuangan dari jalur umum

  6. tadinya, eh, tiga tahun lalu, saya jg mau masuk STAN mas. tapi karena seleksinya belakangan yaitu setelah ujian PTN (udah keterima duluan), akhirnyanya ndak jadi.
    ngomong2 sekarang lulusan STAN lebih diprioritaskan untuk diterima di instansi pemerintah, begitu kata bapak saya yang mburuh di salah satu instansi republik ini.
    salam :mrgreen:

    #stein:
    setau saya lulusan STAN bukan lebih diprioritaskan, tapi langsung ditempatkan sebagai pegawai negeri sipil di kementerian keuangan

  7. itsna farida berkata:

    tes kebugaran itu apa aja

    #stein:
    saya sendiri ndak tau persis, kalo ndak salah dulu pernah nanya-nanya sih lari, sit up, push up, pull up

  8. Tyanatyana berkata:

    Jumlah soal n waktu pengerjan tes tulis masih sama ga?
    N Yg berpenyakit fisik bisa masuk ga?

    #stein:
    info lebih lengkap nanti tunggu pengumuman resmi ya mbak πŸ™‚

  9. tulus ruseno berkata:

    Mohon info ini dilanjutkan releasenya lagi, koq sd. sekarang saya mau daftarkan anak saya yg baru lulus, sd tgl 27-05-2011, STAN belum juga buka.
    mohon infonya
    terima kasih

    #stein:
    info akan terus saya update pak, sementara ini belum ada info lebih lanjut dari STAN.

  10. rully berkata:

    walah daptare tetep nggawe onlen yo. mesakne sing neng pelosok kie. dadi eling aku mbiyen…, soko kertosono ndaptar neng malang πŸ˜€

    #stein:
    makane, urip ojo nang pelosok! :mrgreen:

  11. agussupri berkata:

    makasih atas infonya,kebetulan keponakanku mau daftar

  12. nda berkata:

    akhhhh….!!!
    bner ga c sbnernya info ini??
    saya cari di sumber lain mengatakan “STAN belum menerbitkan pengumuman penerimaan Ujian Saringan Masuk STAN tahun 2011/2012. jika ada release pengumuman yang mengatasnamakan STAN, maka STAN tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Terima kasih”
    bgitu katanya.
    yang bner yang mana??

    #stein:
    sabar boss, info yang valid tetep yang dari http://stan.ac.id/, penerimaan mahasiswa baru tahun ini memang agak lain dari biasanya, waktunya melenceng jauh. tapi info ini konon berasal dari orang dalem kok, bukan karangan saya.

  13. dita berkata:

    katanya tanggal 17 juni ini hari terakhir pendaftarannya ya? tapi aku liat di webnya, disitu blgnya belum dibuka. jadi bingung yang bener yang mana. terus web yg usm.stan.ac.id ga bisa dibuka.

  14. Arief berkata:

    kapan dong pendaftaran STAN di buka ?

  15. mas stein berkata:

    pendaftaran dibuka tanggal 8 Juli 2011, silakan donlot pengumuman resmi lewat link yang tercantum di awal postingan. mohon maaf atas segala ketidakjelasan dan kebingungan yang sampeyan rasakan, jangankan sampeyan, saya sendiri lho bingung… *plak!*

  16. sinurfa berkata:

    kenapa saya eror terus yah kalo mau daftar udah hampir seribu kali saya daftar gagal terus .. mohon jawan nya ke email saya sinurfa_stsetia@yahoo.com

  17. Priyambodo berkata:

    Kalau ingin tahu lebih mendalam tentang gambaran tes kebugaran dan tes assessment usm stan, kunjungi saja blog punyaku usmstan101.blogspot.com ada ebook pradiksi tes assessment usm stan 2011 lho. Ada tip dan trik mengikuti tes assessment usm stan 2011 juga. Trims

  18. Priyambodo berkata:

    Kunjungi juga blog pengumumanhasilusmstan.blogspot.com di sana juga ada pengumuman USM STAN 2011 dan ebook gambaran tes kebugaran dan prediksi tes Assessment USM Stan 2011. Trims

  19. fadly putra berkata:

    kalo boleh tau,denger2 berapa ya kak kuota yang diterima di STAN tahun ini? mohon dijawab terima kasih.

  20. anisa berkata:

    saya mau tanya,
    pengumuman daftar siswa yang diterima di STAN itu bisa liat di mana?

  21. mizar gunawan berkata:

    Tes nya apa aja masuk STAN

  22. mizar gunawan berkata:

    Kapan mulai pembukaan pendaftaran mahasiswa STAN thn 2012
    Dan apa saja persyaratan nya

  23. faizul ika berkata:

    kalaw dari d3 perpajakan bs gk transfer ke stan nmbil si,,?

  24. rahman hakim berkata:

    kapan dibuka pendftaran mahasiswa ankt 2012 mass,,
    kasih kabar balik ya,,,
    dan mu nanya mass ada nggak no telfn STAN ,,
    kan bisa nanya langsung kesana,,
    atau teman 2 yg kuliah disana..?

  25. rahman hakim berkata:

    kapan dibuka pendftaran mahasiswa ankt 2012 mass,,
    kasih kabar balik ya,,,
    dan mu nanya mass ada nggak no telfn STAN ,,
    kan bisa nanya langsung kesana,,
    atau teman 2 yg kuliah disana..?
    no telfn saya,,
    kalau bisa kasih kabar ke no ini aja ya mass
    085363630301
    makasii

Tinggalkan komentar