Calon Istrinya Seorang PSK

Sore tadi saya ngopi bareng Kang Noyo di warungnya Mbok Darmi, seperti biasa sambil ndobos ngalor ngidul ngobrolin hal-hal yang ndak jelas, sekedar mengalihkan pikiran dari aroma bau tanah tanggal tuayang selalu tercium santar di minggu terakhir tiap bulan.

Waktu mengantar kopi seribuan pesanan kami yang aroma jagungnya sangat kental itu Mbok Darmi ngomong, “Mas, sudah tau tho kalo Pak Yono, hansip tetangga sampeyan itu mau kawin? Denger-denger calon istrinya itu PSK lho!”

Welhadalah! Aura gosip langsung berpendar-pendar. Saya memang sudah tau Pak Yono mau kawin, setelah menduda sekian lama akhirnya dia ketemu seorang janda dengan satu anak yang rencananya mau dinikahi bulan depan. Kebetulan saya sering ngobrol sama Pak Yono kalo lagi nongkrong di pos jaga.

“Saya belum pernah ketemu calonnya sih Mbok, tapi yang saya dengar dia itu kerjanya jualan baju kok. Mosok sih PSK?” Tanya saya.

“Sampeyan jangan sembarangan lho Mbok, nuduh seseorang jadi PSK itu berat. Jangan sampe jadi fitnah nantinya,” Timpal Kang Noyo.

“Gosip yang saya dengar begitu kok Mas, aku pernah liat orangnya, semok, kalo liat gayanya kayaknya memang beneran dia itu PSK,” Ujar Mbok Darmi ngeyel.

“Sampeyan itu lho Mbok, yang kayak gini saja kok diurusin. Mbok ngurusi yang penting-penting saja, ndak usah ngurusi gosip,” Kata saya.

“Ealah Sampeyan ini kok nyepelein tho? Ini penting! Gawat tho kalo tempat kita ini kemasukan PSK? Nanti bisa jadi kampung yang ndak bener!” Bales Mbok Darmi.

Mosok sih?

Saya jadi teringat salah satu tetangga saya di kampung halaman, beliau termasuk orang terpandang, tokoh masyarakat. Belakangan saya baru tau, ternyata istrinya seorang mantan PSK dari sebuah lokalisasi di Semarang. Saya ndak tau gimana proses kenalannya, juga ndak tertarik untuk mencari tau. Yang jelas hal itu ternyata ndak mengurangi ketokohannya, ndak juga membuat kampung saya tercemar.

Dulu sekali pernah ada seorang begal alias perampok bernama Lokajaya yang malang melintang di hutan Jatiwangi, daerah Lasem, Rembang. Bertahun-tahun kemudian orang mengenalnya sebagai Sunan Kalijaga, salah satu penyebar agama Islam di tanah Jawa. Atau mungkin sampeyan pernah terhanyut nafsu melihat aktingnya Inneke Koesherawati. Sekarang sampeyan mungkin ndak pernah liat dia tampil tanpa jilbab.

Masa lalu adalah hak setiap orang yang ndak bisa diganggu gugat, mau diapain lagi gimana wong sudah lewat. Kalo Mbah Suto bilang itu adalah bagian dari garis perjalanan hidup yang tanpanya mungkin kita ndak akan jadi seperti sekarang. Lokajaya kalo ndak jadi perampok dan merampas tongkatnya Sunan Bonang mungkin ndak akan jadi Sunan Kalijaga.

“Wis tho Mbok, ndak semua gosip harus didengar, yang didengar juga ndak semua harus ditanggapi, kalo pun Sampeyan mau menanggapi hendaknya dengan cara-cara yang santun,” Ujar Kang Noyo bijak.

“Belum tentu calonnya Pak Yono itu PSK, kalo pun dia dulu PSK siapa tau menikah dengan Pak Yono jadi jalan tobatnya. Sampeyan bisa mbantu dengan ngajak pengajian bareng misalnya, atau minimal dengan menerima sebaik-baiknya sebagai tetangga Sampeyan sudah membantu mengangkat kembali harkat dan martabatnya sebagai manusia. Kan ndak semua PSK menjalani profesinya dengan sukarela Mbok,” Lanjut Kang Noyo.

Konon manusia yang beruntung adalah manusia yang saling mengingatkan di jalan kebenaran. Saling membantu untuk memperbaiki diri, tapi kalo memang ndak bisa membantu, paling ndak jangan ngrusuhi.

“Lha kalo nanti setelah kawin tetep praktek jadi PSK gimana Mas?” Mbok Darmi masih ngeyel.

“Ya nanti suruh mangkal di sini saja Mbok, biar warung Sampeyan makin rame,” Jawab Kang Noyo sambil ngeloyor pergi.

“Lho Kang! Kopine belum dibayar!” Teriak saya. Kang Noyo sudah keburu ngilang.

Berarti saya lagi yang mbayar. Jiyan!

13 comments on “Calon Istrinya Seorang PSK

  1. lovelyfla mengatakan:

    Every saint had a past and every sinner has a future.
    Kok pas habis baca ini dr twitnya seorang motivator:
    Wanita yg pas u/ teman pesta,clubbing,brgadang smp pagi,chitchat yg snob,mrokok,n kdang mabuk – tdk mungkin direncanakn jadi istri.
    Trus baca blognya mas Stein temanya serupa. Kebetulan sekali

  2. budiono mengatakan:

    hakakka… lebih baik mantan PSK daripada mantan kyai, gitu ya kang kira2…

  3. wongiseng mengatakan:

    OOT Ineke dulu itu sempet sebangku sama bojoku waktu SMP šŸ˜€

  4. mbelGedezā„¢ mengatakan:

    .
    Kenalin dong,.. dengan calon bininya hansip ituuh… :mrgreen:

  5. sugeng mengatakan:

    itulah irama hidup kalo kita tinggal di ndeso (termasuk aku) ada orang kentut aja ribut gag karuan padahal yang di ributkan kadang perkara yang sepele. kalo aku sih gag terlalu mempermasalahkan dengan sebutan mantan2 itu terkecuali kalo orang tersebut ketangkap basah sedang jualan tentunya opini massa yang berbicara.
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  6. julianusginting mengatakan:

    hahahahaaa…bener..bener..jadi lebih baik mantan PSK donk…hahahaa..

  7. dita.gigi mengatakan:

    ah… biarkan yang sudah berlalu ya ditinggalkan dibelakang, lagian kalopun masih tetep jadi PSK kan harusnya bantu menyadarkan, bukan malah menghujat dan menjauhi nyaaa…

    *gak mungkin banget yaa* (doh)

  8. elia|bintang mengatakan:

    seseorang yg masa lalunya kelam blm tentu masa depannya kelam juga, walaupun ga ada jaminan masa depannya akan cerah. yg terpenting kan kita menjaga diri utk tidak terperosok dan membantu org lain yg ingin berubah jadi lbh baik :mrgreen:

  9. novee mengatakan:

    PSK=Perempuan Sebelah Kamar

    it’s mean=tetangga

    terus…DIMANA SALAHNYA???

    hehehehe

  10. arman mengatakan:

    quote: ” Kalo Mbah Suto bilang itu adalah bagian dari garis perjalanan hidup yang tanpanya mungkin kita ndak akan jadi seperti sekarang.”

    setuju banget ama statement ini!!!

  11. pandaya mengatakan:

    yang lalu sudah berlalu, dan mungkin k depan jd lebih baik. siapa tau???? šŸ™‚

  12. […] ngasih orderan buat dia, lumayan tho buat nambah-nambah, dia kan mau kawin,” Ujar Kang […]

  13. gendowor mengatakan:

    nau dzubilahimindalik….
    semoga nggak terjadi pada kita ya

    watch vampire diaries online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s