Hari ini waktu mbuka salah satu situs intranet di lingkungan tempat saya mburuh saya liat polling-nya, soal seberapa akurat informasi kepegawaian yang ditampilkan. Mungkin sebenernya polling ini sudah dipasang sejak lama tapi saya ndak gitu merhatiin.
Yang bikin saya tergelitik adalah banyaknya pilihan yang ditampilkan di situ, sampe ada 6, cukup akurat, sangat akurat, kurang akurat, tidak akurat, sangat tidak akurat, dan tidak tahu. Menurut saya pilihannya cukup tiga, akurat, tidak akurat, dan tidak tahu. Kata-kata “kurang”, “cukup”, dan “sangat” kan berhubungan dengan rasa yang ndak jelas ukurannya, sedangkan ini soal data, harusnya bisa terukur.
Rasa yang ndak jelas ukurannya itu mungkin bisa saya ilustrasikan seperti ini :
Data Tidak Akurat
Senior : akurat ndak data bikinan saya?
Saya : kurang akurat mas, tapi tambahin dikiiit lagi udah akurat kok
Selevel : akurat ndak data bikinan saya?
Saya : ndak akurat itu
Junior nyebelin : akurat ndak data buatan saya mas?
Saya : data gembel gini, amat sangat ndak akurat blass!! *keluarin zippo, bakar*
Boss Besar : akurat ndak data saya ini?
Saya : ndak tau pak, saya kurang paham yang beginian *tangan ngapu rancang, sambil nunduk-nunduk*
Data Akurat
Senior : akurat ndak data bikinan saya?
Saya : akurat mas
Selevel : akurat ndak data bikinan saya?
Saya : cukup akurat *kasih kata cukup, biar dia ndak jumawa!*
Junior nyebelin : akurat ndak data buatan saya mas?
Saya : saya lagi sibuk, tanya yang laen saja!! *sorot mata membunuh*
Boss Besar : akurat ndak data saya ini?
Saya : sangat akurat pak! *lidah menjulur-julur*
Repot tho? kurang, cukup, dan sangat cuma buat maen kata-kata saja.
Saya curiga yang mbikin polling ini orang Jawa, bukan bermaksud rasis lho ya, wong saya ini juga orang jawa. Orang jawa mungkin sungkan kalo njawab sekedar akurat atau ndak akurat, jadi dikasih pilihan yang sedikit memperhalus, misalnya jadi kurang akurat, padahal kurang akurat itu ya brarti ndak akurat 😆
Saya jadi teringat guru matematika jaman masih SMA dulu, waktu itu beliau ngasih soal yang sulit, setelah itu beliau keliling ngliat anak-anak lagi ngerjain, di salah satu kumpulan anak yang lagi diskusi beliau berhenti trus bilang, “hampir benar…” yang ngerjain tersenyum bangga, beliau meneruskan, “hampir benar lho ya, berarti masih salah…”
Menurut sampeyan perlukah mbikin polling dengan kata-kata kurang, cukup, dan sangat?
akurat dan akurat… kok kayak iklan testpack 😛
#mas stein:
testpack memang akurat mbak 😆
eh iya gitu?
brarti yg bkin poling pas registrasi di kampuz saya orang jawa juga donk 😀
eh malah ada poling tingkat kepuasan yg di rate 1 – 9, merepotkan 😮
#mas stein:
kalo yang ditanyain soal kepuasan saya masih maklum mbak, puwas kan soal rasa juga 😆
btw, mari tukeran link 😉
#mas stein:
mari…
akurat – tidak akurat –
saya taunya adu urat ! hahahaha
#mas stein:
susah musuh sopir batak
yah sepertinya kebiasaan berbahasa 😀
#mas stein:
tapi harusnya bisa dibedakan mana yang rasa, mana yang fakta mas
Ya perlu, biar kebiasaan saya nyontreng ‘cukup’ tanpa perlu lihat pertanyaan bisa terus berlangsung *ketauan sering ngasal ngisi polling*
#mas stein:
sama, kadang saya mikir emang penting gitu…? 😆
Hahaha.. bagian diaolog bos besar ditambah lidah yang menjulur-julur… dasar penjilat! hiihihi
kurang dan cukup akurat sama ajah kali yah! 😆
sepertinya org indonesia kurang tegas yah,, *thinking*
#mas stein:
saya ndak bilang gitu lho mbak, coba tanya mbak eka yang sopir batak itu…
polling itu ada sejak tampilan web kepegawaian kita berubah Stein, tapi tiap buka kepegawaian saya ndak pernah hiraukan polling itu…kalo ada berita mutasi baru hehe … yang rutin di klik ya : PEGAWAI ULANG TAHUN HARI INI haha….masalah polling mau di rate berapapun ngaruhnya tetep cuma ke angka kredit adminnya
#mas stein:
huahahaha…
Tambahin satu Mas : Tidak mau tahu
#mas stein:
kalo yang ini sesat mbak! 😆
orang sunda juga gitu loh mas.
suka ngga enak sama si anu.
ntar anu.
takut anu.
ah.. dasar.
#mas stein:
hush! sampeyan ini saru, ngomong anu-anu…
Guru SMA-ne Mastein lucu ya…
memotivasi tapi juga mengingatkan.
Sapa tuh???
#mas stein:
lha embuh, sopo tho?
Mas, mampir ke blogku yaa.. Ada award untuk mas stein
#mas stein:
nanti ya mbak, masih
soksibuk…blogwalking kk
^^hehe
#mas stein:
…..
bingung mas 🙂 harusnya sih cuma baik atau jelek ya langsung gitu lho
#mas stein:
hihi, sampeyan ini sudah ketularan cara pikir wong jerman kayaknya…
Kantor gw pake standard :
1. Excellent
2. Good
3. Fair
4. Sufficient
5. Poor
untuk setiap worldwide survey yang diadakan oleh perusahaan.
Jadi , kayaknya 5 option sudah cukup.
#mas stein:
wow! perusahaan sampeyan isinya orang inggris yo mbak…?
posting ini akurat ndak mas??
#mas stein:
kalo liat kategorinya yang ndobos saya kok ndak yakin ya mas…
Inget skripsi teman saya, pake polling sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas, sangat tidak puas ..
Soal sabun mandi..
Opo’e ..??
Pertanyaannya aja sampe 40.
Kalo gitu, 10 soal pertama jawaban saya masih akurat, berikutnya … tau sendiri lah, jadi males jawabnya. Setahuku sabun mandi semua baik kok .. gak peduli mo wangi apa, asal mandi..
hehee 😀
#mas stein:
hahaha, catatan, kalo bikin polling pertanyaannya jangan banyak-banyak 😆
Waghh,, eddyan ..
panjeng amat sih tu yang barusan comment di atas saya ..??
ckckck
#mas stein:
bingung, jane sing edan ki sopo tho mbak…?
Aku Mas, sing edan, hahaa …
Lha nulis comment kok panjang hampir mirip postingan,, hehee
Comment ra penting ‘neh ,,
🙂
#mas stein:
wakakaka!