Waru (seharusnya) Sudah Gede Mak!

Tumben-tumbenan kemaren sore Kang Noyo dolan ke rumah saya. Kalo saja mukanya ndak nekuk gitu mungkin saya akan berpikir dia sekedar mau numpang ngerokok gratis karena sudah berapa hari ini saya ndak sempet nongkrong di warungnya Mbok Darmi. Harap maklum, kawan saya yang satu ini memang sudah berniat mengurangi rokok, maksudnya mengurangi rokok teman.

“Ada apa tho Kang?” Tanya saya. “Wajah sampeyan kok tampak susah. Mbok ndak usah mangkel saran dari tim 8 ndak segera dilaksanakan presiden, wong sampeyan juga ndak masuk tim.”

“Halah! Ndak ada urusannya sama tim 8. Manut saja lah sama orang-orang pinter di atas itu, aspirasi orang kecil macam kita yang ndak ngerti hukum ini paling yo mandeg di warungnya Mbok Darmi.” Kang Noyo tambah merengut.

Sadar untuk ndak nambah kesumpekannya, saya ngajak dia duduk-duduk di teras, dengan ditemani dua cangkir kopi bikinan istri saya. Sebagai mantan calon psikolog (maksudnya waktu UMPTN dulu saya ndaptar fakultas psikologi UGM, tapi ndak diterima) saya kadang jadi tempat curhatan, “Mau cerita apa sampeyan Kang?”

“Si Waru, adikku yang di Boyolali kemaren nelpun, katanya mau minjem duit.” Kang Noyo mulai cerita.

“Lha trus? Biasa saja tho orang minjem duit?” Kata saya.

Obrolan sempat jeda sejenak karena istri saya dateng nganter pisang goreng. Jiyan! Sore-sore, mendung, ngopi sambil makan pisang goreng, mantab!

Sambil menyalakan rokok (sudah pasti rokok saya) Kang Noyo meneruskan, “Sebenernya orang minjem memang biasa. Masalahnya Waru itu termasuk orang yang suka mendadak pikun kalo soal utang, yang dulu-dulu saja belum ada yang dibayar. Pas tak bilang aku ndak punya duit dia malah minta sertifikat tanahnya bapak digadaikan. Lho kok tega, setelah semua yang dilakukan bapak. Dikuliahin, nikah dibiayain, dia mau beli rumah dijualin sawah. Sekarang bapak kan sudah nyaris ndak punya apa-apa, tinggal sertifikat itu, mosok ya mau digadai. Kalo mbayarnya lancar, kalo ndak? Mosok ya tega liat bapaknya dikejar-kejar orang pegadaian?”

Saya masih mencoba mencerna masalahnya, “Lha kalo memang adik sampeyan butuh dan ndak punya duit gimana Kang?”

“Ya usaha! Mosok dari dulu kalo butuh apa-apa selalu nadahin tangan ke kita, sudah kerja sekian lama, anak sudah dua, mosok ndak bisa ngatasi masalah tanpa melibatkan keluarga?” welhah, Kang Noyo nesu. “Sekarang Emak stress di rumah, kalo sudah urusannya sama Waru beliau selalu kepikiran, mungkin karena anak kesayangan. Kebiasaan dulu kalo minta apa-apa selalu dikasih, sekarang giliran sudah ndak bisa ngasih bawaannya jadi nelongso. Kadang jengkel juga aku liatnya, anak sudah gede mbok sudah ndak usah terlalu dipikir.”

Oalah, cerita klasik anak kesayangan.

“Sabar Kang, menurut saya wajar kalo orang tua punya anak kesayangan, seperti halnya anak sampeyan punya mainan favorit atau sampeyan punya barang kesayangan. Dulu saya pernah blak-blakan nanya sama bapak saya soal apakah ada anak kesayangan, beliau mengakui ada. Tapi saya ndak nanya siapa dan apa alasannya, biarlah itu tetep jadi rahasia, toh saya juga ndak merasakan perbedaan perlakuan yang berlebihan.”

“Soal Emak sampeyan yang stress mikir si Waru, menurut saya itu karena konon katanya waktu itu kadang terhenti di mata orang tua. Mungkin saat yang terkenang di pikiran Emak sampeyan itu saat di Waru lagi manja-manjanya dan butuh selalu dibimbing, waktu berhenti di situ dan itulah Waru di mata Emak, bahkan sampai dia sudah beranak pinak, bagi Emak si Waru tetep Waru yang manja dan selalu butuh bimbingan.”

“Pelan-pelan diperbaiki bareng-bareng, sudah sama-sama gede mosok ndak bisa menjaga batas perasaan.”

Gerimis mulai turun, Kang Noyo masih termangu-mangu, dan saya ikut terbengong-bengong di sampingnya sambil berharap masih ada rokok tersisa setelah perbincangan ini.

Iklan

13 comments on “Waru (seharusnya) Sudah Gede Mak!

  1. synyster berkata:

    kulonuwun…

    ah akhirnya nyampe juga saya disini…

    cuma pengen nyoret dikit….
    pake pilok,
    biar berasa di tembok…

    ….syn…was….here!!

    *komen untuk artikel ini saya taro dirumah rumpi, biar ga terkesan malas klo di kopas ke sini hehehehe*

  2. Wempi berkata:

    ini wempi ada rokok…

  3. JR berkata:

    begitulah orang tua….jika nanti waru kelak akan sama seperti emak….hehehehehe

  4. itikkecil berkata:

    maaf lho mas stein, tapi kok kayaknya emaknya Waru malah menjerumuskan anaknya ya….

  5. […] This post was mentioned on Twitter by mas stein, mangkum. mangkum said: Waru (seharusnya) Sudah Gede Mak!: Tumben-tumbenan kemaren sore Kang Noyo dolan ke rumah saya. Kalo saja mukany.. http://bit.ly/08lEM5f […]

  6. Mawi Wijna berkata:

    saya juga mengalami hal yang nyaris serupa mas

  7. om tegoll berkata:

    saya adalah anak kesayangan itu om..:D

  8. luvaholic9itz berkata:

    wiw pagi pagi udah rame :mrgreen:
    baru aja muter2 di kepala *g tau kepala sapa* mauk posting yg nyerempet soal beginian, eh eh dapet masukan dari panjenengan. markosip dah

    “waktu itu kadang terhenti di mata orang tua”
    kadang apa selau ya panjenengan, keik na

    daughter will olwez be daddy little angel
    en son will olwez be mom litlle hero *ngetik sambil buka kamus*

  9. omiyan berkata:

    komet kedua ntar nyusul ya mau baca baca dulu, sekedar absen deh hehehe

  10. detx berkata:

    bulan depan rokok mundak! kwkwkw

  11. adipati kademangan berkata:

    iya, saya sepakat sama itik, mboknya itu kok malah menjerumuskan anak begitu.

  12. chocovanilla berkata:

    Anak manja yang terperangkap di tubuh dewasanya

    (Hayah, mangsude opo to? Sing penting komen hihihi….)

  13. Thanks a lot for applying time in order to write “Waru (seharusnya) Sudah Gede Mak!
    mas stein”. Many thanks once more -Isabella

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s