Mengatasi Virus Tanatos.J/H

Seperti umumnya kantor-kantor perusahaan yang agak canggih dan bonapid, kantor saya pun komputernya sudah make jaringan semrawut dengan kabel menjulur kesana kemari membentuk jaring-jaring spiderman. Banyak kelebihan yang bisa diperoleh daripada jaman saya dulu pertama kali kerja, jaman mesin ketik masih berkuasa dan yang menguasai komputer jangkrik udah berasa kaya raja. Dengan adanya jaringan saya bisa lebih mudah tukeran filem sora aoi, mendistribusikan gambar maria ozawa, mendapatkan data, lha kerjaan saya memang lebih banyak mainan data kok, dalam konotasi positip tentunya.

Celakanya, jaringan pula yang bikin saya dapet masalah kemaren. Masalah itu bernama virus Tanatos.J/H, sebuah virus yang menyerang file exe, klo melihat namanya mungkin dia ini masih anak turunan Tanatos.A/B. Gara-gara saya ini hobi mengeklak-ngeklik filem-filem bokep file yang dishare di jaringan. Tiba-tiba mak bedunduk ada warning dari Avast, sang penjaga komputer saya, bahwa excel saya dalah virus! Lho? Kaget tho saya, excel kok virus?! Abis itu berturut-turut program mikrosop word juga jadi virus, pairpox (baca: firefox) juga virus, trus file-file exe yang lain juga jadi virus. Tobat saya, tak bunuh langsung si avast itu, asem! Apa komputer saya mau dilumpuhkan? Kok semua program dianggep virus.

Saya coba-coba mbrowsing di internet setelah install ulang pairpox, isinya kok orang mengeluhkan tanatos semua, jarang yang bisa ngasih solusi, paling disuruh donlot Bank Norman, yang setelah saya pake ternyata gak ngefek, tanatos terus bercokol di komputer saya, ada yang nyuruh donlot tool dari AVG, ndak bisa juga.

Weh, tobat tenan saya! Akhirnya iseng-iseng saya coba cara lama, saya copot bajunya anak seksi sebelah yang montok atas bawah hardisk komputer yang bervirus, saya masukkan keranjang sampah jadikan slave di komputer lain yang punya antivirus (kebetulan mcafee), scan sampe 3 kali (biar yakin ndak ada virus yang masih bersarang), balikin lagi, beres!

Jadi saran saya apabila komputer anda kena virus tanatos.J/H copot saja harddisknya, slave di komputer lain yang punya antivirus dengan fasilitas “ngeclean”, misalnya bitdefender ato mcafee. Soale selama tetep di komputer aslinya saya yakin sampeyan susah membasminya, sampeyan pelototin proses yang lagi jalan pun percuma, ndak bakal nemu nama yang aneh wong virusnya pinter ngumpet kok.

21 comments on “Mengatasi Virus Tanatos.J/H

  1. gnine berkata:

    hare gene berternak itik… eh surip

    *ngacir….*

    mas stein:
    waduh, apa hendak dikata aplikasi lokal KPP dibikin oleh ikhwan ahluwindoz wal jamaah…

  2. fika berkata:

    mas….
    mo nanya ni….
    biarpun itu kompie uda diinstal ulang…
    apa itu virus tanatos masi ttp ada????
    ehheheheeh……
    mohon bantuannya ya….
    lagian itu virus aneh deh…
    di scan pake pc-mav 9 ga kedeteksi…
    tp klo pake avg 8 kedeteksi…
    sayangnya avg-nya malah dirusak ama itu virus T.T
    gimana dunk???

    mas stein:
    waduh mbak, kasiannya sampeyan ini, mosok sampe install ulang…? kalo sudah diinstall ulang kemungkinan apa masih ada? ya mungkin saja mbak, tetapi dalam posisi “tidur”, bisa langsung dibunuh tanpa perlu kuatir dia nggigit balik. saya juga sudah nyoba nyeken make PC-MAV, dan betul kata sampeyan, ndak ndetect blass, mungkin karena belum kenalan…

  3. khusfika berkata:

    cara hapusnya gimana???

    mas stein:
    biasa aja mbak, sampeyan sudah install ulang tho? brarti kita asumsikan si pirus sudah ndak ngendon di system, ndak jalan di proccess, alias dia ini lagi bener-bener ngorok “tidur”.
    dalam kondisi begini dia gak akan bisa membunuh anti virus yang sampeyan install, jadi cara ngapusnya biasa aja, sampeyan install anti virus (saya sarankan mcafee, bitdefender, atau avast), setelah selese discan misalnya ada yang terinfeksi sampeyan pilih di “clean” dulu, ini njagani siapa tau file yang terinfeksi masih bisa diselamatkan. kalo misale ndak bisa diclean, baru sampeyan pilih karantina ato hapus sekalian.

  4. khusfika berkata:

    oiya leave comment pake bhs indo aja jg gpp kok di blogq…heehheeheheh….
    makasi ya bwt infonya 🙂

    #mas stein:
    malu saya sebenernya sama sampeyan ini, apa saya ikut kursus EF aja ya, mumpung di malang baru buka, lagi harga diskon

  5. Lucifer berkata:

    numpang isi mas. 2 hari ini kom q kna tanatos j/h. Anehnya, lain anti virus, lain nama. Sekedar info, saya td malam donload sality remover dari avg, fungsinya buat matiin “bapaknya” tanatos. Setelah selesai, saya scan ulang pake avg free (bawaan majalah pc media. Takut kalo download. hasilnya masih kedeteck file2 anak2nya. setelah dihapus (remove to virus vault) saya coba scan ulang, ternyata sudah tak ada. hehehe….. skedar info ja mas. tp saya masih takut mrka kembali….

    mas stein:
    makasih atas masukannya mas…

  6. qu4ck berkata:

    weh weh weh… yang saya tau Sality/tanatos itu nyerang exe lewat media sharing yang membuka mode Full control, sedikit saran aja, bila kompie koneksi network n ada kompie temen2 kantor yg sudah terinfeksi. Jangan membuat media file sharing dalam keadaan Ful Control yg artinya setiap orang bisa Read, Write n execute pada komputer kita melalui media Sharing.

    #mas stein:
    ok! saran ditampung, makasih mas… 🙂

  7. jhony berkata:

    mas stein laptop sy kna tanatos ne msa d scan pke avg8 windows tu d ang6ep virus! Trus gmN mas klo laptop pa msh nyopot hrdisk jg? Pa ge hardsk Q msh segel! Gmn ne? Plis bntuanx!!!

  8. tank berkata:

    emang virus satu ni bikin pusing ja.pake avg windows jadi rusak pake antivir lainnya gk ndetek piye to yo yoo…

  9. betton berkata:

    saya jg lg puyeng nch sudah 2 minggu kena tu virus tanatos.j sudah cari2 anti virus ampe virus removernya tp ngk ada yang mempan tu ampe sekarang virusnya masih betah bercokol di laptop,please solusinya dong

  10. ghozzell berkata:

    semaleman gw bertarung ma tu si tanatos pinter banget si tu virus ngumpet melulu gw coba install anti virus di blok ama dia pake norman dah diganti ekstensionnya ke cmd masih ga bisa juga akhirnya gw coba install avg 8,5 install langsung dari cd bawaan pc media rebes di bantai juga tu virus dan file yg ke infeksi ada yg bisa di sembuhin dan ada yg didelete ma avg selamat mencoba

  11. ahmad berkata:

    belum lama ini, saya juga habis kena tu virus tanatos, karena pake pc mav gak bisa diapa-apain, saya pake avg 8, bisa kedetect, trus kepaksa yang kedetect saya hapus semua, lha sekarang saya kena lagi, bahkan avg pun kena, task manager saya juga ilang gara-gara itu.
    caranya tau kalo tu virus dah huabis bener gimana dong?

    • mas stein berkata:

      biasanya discan ulang mas, 2 ato 3 kali sampe yakin ndak ada virus yang nyangkut.

      saran saya jangan make avg, pengalaman dulu dia ndak ada fasilitas healing datanya, main langsung apus aja.

  12. ireng_ajah berkata:

    Instal ulang ae piye mas??

    hehehehhehe…

  13. tolong berkata:

    mas, klo laptop gmn?

  14. riyantoro berkata:

    Lah kalo laptop gimana? Mosok yo mau copot hdd juga?
    Aku ketiban sial juga nih kena virus
    Nasib, kudu install ulang maneh
    Belum ada juga taktik jitu ya untuk ngalahin virus ini
    Gara2nya tadi antivirus saya matiin bentar mau install vware ckckck
    Fatal tenan Om… 😦

  15. mas stein berkata:

    pake mcafee bisa kok bro, gak perlu copot harddisk 🙂

  16. wealah…gitu ya mas, pantes…udah habis 6 jam aku cari2 cara untuk hapus tu virus Tanatos.J….gak ada yang berhasil…ya weslah mas, aku tak pamit dulu ya mas…mo bo2k…bsk pinjem komputer kawan aja….thx u mas..

  17. Bobby berkata:

    coba aja DL AVG 9.0 semua virus tanatos di komp aku terscan ma ni anti virus. tapi bejibun kaya mau pulang kampung ni.

  18. rdnaq berkata:

    Gw pernah keinfeksi ama tuh virus bahkan ampe 1600 file

  19. rdnaq berkata:

    teneng ni virus bisa di clean

Tinggalkan komentar