e-Form, Cara Mudah Melaporkan SPT Tahunan

Februari sudah hampir berakhir, dan walaupun kewajiban pelaporan SPT Tahunan sudah bisa dilakukan dari awal Januari, mbok yakin sebagian besar dari sampeyan belum melakukannya. Memang, bagi sebagian orang, termasuk saya, kalo ndak mepet itu ndak greget rasanya. Laporan di tanggal yang sudah mepet, dengan antrian yang melebihi antrian pembagian kurban di Istiqlal, atau hambatan server yang sering down bagi yang laporan online, membuat kita merasakan aura perjuangan.

Dan konon katanya, untuk mengurangi jumlah wajib pajak yang misuh-misuh saat server diakses orang-orang penuh semangat perjuangan tersebut, Direktorat Jenderal Pajak membuat sebuah inovasi baru, berjudul e-Form, alias formulir elektronik. Kalo dalam bahasa sederhana, dengan e-Form ini, sampeyan mengunduh formulir, mengisi secara offline, lalu mengunggahnya kembali. Lebih aman daripada sampeyan deg-degan mengisi online, sudah separo jalan, ternyata koneksi error.

Saat ini e-Form tersedia bagi sampeyan yang mau melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 2016 dengan formulir 1770S (pegawai) dan 1770 (non pegawai).

Sampeyan minat? Ini langkah-langkahnya:

  1. Login melalui situs djponline, lalu masuk ke profil lengkap profil-depan
  2. Aktifkan fitur e-Form ubah-profil
  3. Klik e-Form eform-sudah-ada
  4. Lalu pilih buat SPT buat-spt
  5. Setelah itu akan ada dialog untuk menentukan jenis SPT yang harus sampeyan isi dialog-jenis-spt
  6. Pilih tahun pajak 2016, dan klik kirim permintaan untuk mengunduh formulir dengan ekstensi *.xfdl kirim-permintaan
  7. Cek email sampeyan, akan ada kode verifikasi yang nantinya sampeyan perlukan saat mengunggah laporan kode-verifikasi
  8. Buatlah kopi, siapkan sebungkus rokok, lalu unduhlah viewer dari situs djponline. Kenapa harus ada kopi? Karena mengunduh viewer ini membutuhkan kesabaran tingkat dewa. Tapi, kalo sampeyan ndak sabar, cobalah unduh di tautan ini.
  9. Setelah viewer terinstall, buka e-Form yang sudah sampeyan unduh buka-form
  10. Edit isian e-Form edit-spt
  11. Setelah semua terisi, di bagian terakhir sampeyan akan diminta memasukkan kode verifikasi yang ada di email sampeyan input-kode-verifikasi
  12. Klik submit submit
  13. Monggo buka email untuk melihat tanda terima SPT sampeyan tanda-terima

Cepat dan mudah. Walaupun sebenarnya bagi saya ini agak mengecewakan. Saya jadi tidak lagi bisa merasakan semangat berjuang melawan server jahanam. Tapi, konon ada hal-hal lain yang lebih layak mendapat alokasi semangat perjuangan, cinta misalnya, atau mungkin sekedar berjuang melawan pembodohan.

Apalah.

4 comments on “e-Form, Cara Mudah Melaporkan SPT Tahunan

  1. Pradirwan berkata:

    Langsung muncul… Mantap

  2. snuppy berkata:

    sangat bermanfaat gan…

    *Smart Home Indonesia*

Tinggalkan komentar