16 Januari 2010

Hari ini ndak terasa tepat setahun sejak tulisan pertama saya terbit di blog jelek ini. Tadi saya intip jumlah postingan di dashboard ada 182 dengan jumlah komentar 3.733, ndak terlalu istimewa memang. Tapi saya bersyukur masih bisa nulis dan masih ada satu dua orang yang nyasar ke blog ini, entah mereka mbaca atau ndak. πŸ˜†

Sampai sekarang konsep blog ini masih ndak jelas, tema tulisannya campur aduk, tergantung ide apa yang saya dapet waktu lagi dalam perjalanan dari atau ke tempat mburuh saya yang di Pasuruan. Sebagian besar tulisan saya di sini saya pikir masak-masak walaupun hasilnya mungkin masih keliatan cetek.

Tapi ada juga tulisan yang saya bikin ala kadarnya, misalnya tulisan tentang Rani Juliani, yang ternyata mengundang buanyak banget pengunjung sesat, bahkan gara-gara tulisan itu saya mendapat kehormatan dapet komentar dari ndorokakung, pertama dan satu-satunya komentar beliau di blog ini.

Sebagai blogger anyaran saya pernah terobsesi dengan alexa traffic rank dan google page rank, tiap hari saya ngecek kedua ranking itu. Blogwalking dan nyampah di mana-mana dengan harapan bisa nembus traffic rank di bawah 100 ribu, ternyata susah! :mrgreen:

Hal ini diperparah dengan google page rank saya yang ndak nambah-nambah dari angka nol besar. Sampe akhirnya saya putus asa dan males ngurusi blog lagi. Waktu itu kebetulan saya juga dapet mainan baru, ndobos sama simbok-simbok di RT sebelah yang bertajuk ngerumpi[dot]com.

Pada akhirnya saya sadar, waktu dan kemampuan saya ndak cukup kalo buat mendulang ketenaran lewat blog. Pasrah saja saya sekarang, menulis cuma buat menyalurkan pikiran-pikiran yang bersliweran. Mau dibaca sukur, ndak dibaca kok ya tega bener, mbok ya dibaca.Β  πŸ˜†

Pada tulisan ini saya mau berterima kasih kepada mbah mbelgedez indrawan durjana, saya tau yang namanya blog sejak mbaca blog lama beliau. Gara-gara mbaca tulisan di situlah saya akhirnya mbikin blog ini, maksud hati pengen setenar beliau, apa daya ilmunya ndak njangkau. Juga kepada mbak ulan, yang tulisan-tulisannya mengalir, saya pengen niru tapi ndak mampu. Mbak chic, yang tiap tulisannya dikomentari wong sakjagat, ngiri tenan saya.

Untuk para pembaca, juga para blogger yang masih mau mampir dan komentar, saya berterima kasih sebesar-besarnya. Paling ndak saya bisa berbesar hati, masih ada yang mau mbaca tulisan saya. Mohon maaf apabila belum sempat berkunjung balik. πŸ™‚

24 comments on “16 Januari 2010

  1. wongiseng berkata:

    Wah 182 tulisan dalam setahun berarti rata-rata dua hari sekali sampean nulis mas, ampuh πŸ™‚ Dan tadi saya iseng mencek pagerank situs sampean ini, sudah sama dengan blog gombal dan situsnya ndorokakung πŸ™‚ Page Rank nya 4. Top, happy anniversary ! πŸ™‚

  2. liudin berkata:

    ternyata udah ultah blog yang pertama ya. mungkin benar juga bahwa menulis untuk menyalurkan ide kita. buat masalah page rank dan lain-lain , wah saya juga kurang mengerti mas gimana caranya biar bisa melejit nonggol di urutan teratas. maklum lha wong blogger baru.

  3. christin berkata:

    selamaaaatttt !! nulis itu yang paling enak ya yang dari hati sih. *halah koyo yak2o*

  4. budiono berkata:

    saya belajar dari njenengan mas.. mohon petunjuknya… πŸ™‚

  5. shanushy0809 berkata:

    salam sukses…
    satu tahun dan masuk PR 4 walau hanya 183 posting…
    hebat…. mas
    ajarin donk…

  6. desty berkata:

    jangan merendah gitu, mas…lha saya malah pengen belajar dari sampeyan, gimana menulis dari hati dengan baik..
    saya fans tulisanmu, mas…

  7. yustha tt berkata:

    Saya jd ngecek kpn sy pertama nulis. Ternyata dah hampir 2th, lha postingan pertama tgl 25 Juni. Itu sj sampe skrg ndak sampe 100 jumlah postingan sy, hehehe… Salut sm njenengan mas.. Lanjutkan! Campur bawur jenis tulisannya ndak papa, anggap aja itu gaya mas stein. Hehehe..

    Slamat ulangtaun ya..

  8. Mawi Wijna berkata:

    Lanjutkan mas! Saya sekarang sedang mikir sesuatu yg unik, yg bikin isi blog saya beda dari yang lain. Wlopun ndak populer banget πŸ˜€

  9. oglek berkata:

    berarti kita mulai lahirnya ngeblognya hampir bareng ya mas, cuman bedanya sekarang sampeyan lebih populer daripada saya πŸ˜€

  10. 1nd1r4 berkata:

    Wahhh selamat ultah buat blognya mas….semoga rajin posting tanpa peduli page rank…sopo ngerti ndalalah suatu hari dibuka page ranknya dah 3 πŸ˜€

  11. elia|bintang berkata:

    ah mastein ini merendah.. masa udah beken gini bilang ga terkenal sih.. apa jangan2 ini strategi merendah untuk ditinggikan? hahaha πŸ˜†

    selamat ulg thn buat blognya! tetap semangat nulis yah

  12. hedi berkata:

    Talames! saya termasuk yg jarang komen di sini meski blog ini masuk reader saya πŸ™‚

  13. adipati kademangan berkata:

    Sudah berulang tahun ternyata. Saya termasuk pembaca setia lho mas, jangan dilupakan πŸ˜›

  14. weh blognya ultah πŸ™‚
    SELAMAT YA dear blog πŸ™‚
    menulis itu terapi kalo buat saya, jadi perkara setelah itu ada yg komen, ada yg bagaimana, itu semua hanya bonus saja πŸ™‚

    btw selamat lagi, tulisannya dibukukan toh? πŸ™‚
    saya udh beli bukunya, kmrn nitip simbok hehehe

  15. Takodok! berkata:

    Selamat Ulang Tahun blognya mas stein πŸ™‚

  16. lina berkata:

    lah, saya ini suka menyesatkan diri di sini. seneng baca tulisan sampeyan yang seringnya bikin saya bilang “ooo ternyata gitu to”.

    Selamat Ulang Tahun untuk blog ini, semoga pemiliknya jadi makin semangat nulis.

  17. RhyzQ berkata:

    selamat ulang tahun deh buat blognya… πŸ™‚

  18. Chic berkata:

    jyaaaaaah… niat bener sampe ngecek Alexa n PR! πŸ˜†
    ah kalo kata ndoro, nulis lah dengan hati.. jadi ya itu yang saya lakukan, menulis dengan hati. ngga perduli traffic, alexa rank, page rank dan sebagainya itu.

    sukur masih ada yang baca, dan komen.. :mrgreen:

  19. Chic berkata:

    eh baru setahun 183 posting? 😯 duh, malu sayaaaa… 😳

  20. Ria berkata:

    Selamat ya mas…segitu banyak masih ngerendah aja…
    tetep semangat untuk nulis
    dan tetep semangat untuk berbagi, hidup blogger!!! πŸ˜‰

  21. arisdotinfo berkata:

    baca tulisan2 mastein ini jadi inget buku secangkir kopi karangan emha ainun najib. ada tokoh yang dimunculkan (kang noyo) untuk menambah hidup alur cerita.
    kagum juga membaca tulisan2 di blog ini dengan gaya penulisannya, mengalir dan sistematis sehingga enak dibaca dan dimengerti (jadi pingin belajar sama mastein). Itu yang membuat saya membuka blog ini terlebih dahulu ketimbang detik.com nggedabus
    selamat ulang tahun semoga tambah produktif dan kreatif dalam menghasilkan tulisan berikutnya.

  22. mochamad arif wibowo berkata:

    blog ini salah satu yang masuk dalam bookmark saya..( setara dengan blognya indra j pilliang, JSOP-nya jockie suryoprayogo, sujiwo tejo, faisal basri’s blog, komunitas muslimblog, rahardiramelan’sblog,blog tempo interaktif, kompasiana.com, blog liputan 6,he naked traveler, blognya hasnul suhaimi…)
    hahahhha..isone lagi moco thok bos…rung isoh nulis…..

    sugeng tanggap warso cak….( esek2 di solo karo kembu ta?…)

Tinggalkan komentar