Bukan Sekedar Semangka

Pulang kampung kemaren saya sempatkan untuk main ke rumah Kang Ndaru, teman sepermainan waktu kecil. Ndak seperti saya yang kurang mbakat bertani dan pilih kabur dari kampung jadi buruh di kota, Kang Ndaru milih untuk tetep di kampung, ngurusi sawahnya yang cuma sepetak.

“Stein, kamu inget jaman kita kecil dulu waktu malem-malem nyari jangkrik di ladangnya Paklik Noyo? Yang dia keluar sambil bawa parang karena dia pikir kita lagi ngambil semangkanya?” Tanya Kang Ndaru.

“Inget tho Kang. Saya kabur ngibrit sampe terpisah dari rombongan, ndepipis sendirian di pinggir kali.” Saya ngakak, teringat jaman masih suka adu jangkrik. Malem-malem nyari jlitheng (jangkrik warna hitam), atau jrabangan (jangkrik warna merah). Suatu saat kami serombongan nyari di ladang semangkanya Paklik Noyo, ndak dinyana beliau keluar teriak-teriak sambil ngacungin parang. Kami lari semburat ke segala arah.

“Kayaknya sekarang aku tau kenapa waktu itu beliau marah begitu.” Kata Kang Ndaru.

“Memang kenapa?” Tanya saya pura-pura ndak tau.

“Halah gayamu! Kamu tau tho hasil bertani itu ndak seberapa, waktu nanem padi beli bibitnya mahal, pupuknya dan obatnya sering ngilang dari pasaran, begitu ada harganya bisa berkali lipat. Saat panen harganya jatuh. Kalo nanam selain padi kayak sekarang seperti berjudi, pas harganya bagus ya dapetnya lumayan, kalo lagi jatuh ya ndak dapet apa-apa.” Tukas Kang Ndaru.

“Lha trus hubungannya sama marah-marahnya Paklik Noyo apa?” Saya tetep pura-pura ndak ngerti.

“Kelakuan bocah ngarit itu lho! Nyari rumput, tapi sambil iseng-iseng ngambil semangka. Mana mereka ngambilnya milih yang bagus, dipikir semangka mbahnya apa ya??” Kang Ndaru emosi.

“Cuma anak-anak Kang, apa ya mau sampeyan acungi parang kayak Paklik Noyo dulu? Atau mau sampeyan laporkan polisi? Wong cuma semangka sebiji saja.” Kata saya.

Kadang di kampung hal-hal yang sepintas sepele ini sering jadi masalah. Misalnya pucuk bunga jagung yang sering diambil orang buat makan sapi padahal jagungnya belum gede, atau tanaman kacang yang “salah liat” dan dikira rumput, atau jerami yang dikira nganggur trus diangkut. Beda sama kenakalan anak di kota yang iseng nyolong mangga sampeyan misalnya, yang diambil di kampung ini sesuatu yang merupakan mata pencaharian, tanaman yang ditanam untuk menutup kebutuhan hidup.

“Kamu masih inget jamanmu sekolah? Waktu mau mbeli rokok sebungkus kamu harus mbelani ngirit-ngirit. Trus begitu beli ada temenmu dateng ngambil sebatang, dateng satu lagi ngambil sebatang, dan ada yang ngambil lagi sampai habis rokokmu. Yang ngambil ndak merasa punya beban, wong cuma ngambil sebatang, tapi kamu yang untuk beli sebungkus merasa berat pasti jengkel.” Tukas Kang Ndaru.

“Asyem…!” Batin saya.

Iklan

8 comments on “Bukan Sekedar Semangka

  1. Wempi berkata:

    Kalo nyuri semangka di kejar pake parang,
    yang nyuri pake karung kejar pake apa tuh? atau mending gak usah di kejar kali ye 😆

  2. Mawi Wijna berkata:

    saya kira cuma si kancil yang bisa nyuri semangka, eh…ketimun. 😀

    Karena itu pula saya jadi serba salah kalau harus nginjek sawahnya orang di kampung.

  3. warm berkata:

    hebat sampeyan, bisa lari cepat rupanya 😀

  4. Chic berkata:

    tapi kalo semangka yang di curi dari kebun milik petani kaya raya dan sombong, kan berasa robin hood.. 😆

  5. mandor tempe berkata:

    Buktinya sampeyan slamet hingga kini, jadi kapan nyari semangka lagi ?

  6. Mas Adien berkata:

    rasanya dah lama ya kita ndak saling minta rokok..lha sampeyan ketok sibuk tiap hari nungguin angka

  7. elia|bintang berkata:

    oo jadi ini nih yang ngambil semangka sayaa… balikin.. hehe

    oiya mas, thnx ya udah review lagu saya di ngerumpi! lupa komen disana. disini dulu deh ya, abis ini kesana 😀

  8. oglek berkata:

    masalah sepele biso dadi gawe yo kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s