Program Investasi “Andre Wongso” (II)

Saya lihat tiap hari ada yang nyasar ke blog saya dengan keyword “program investasi andre wongso” atau “bisnis investasi andre wongso”. Penasaran, saya coba googling dengan keyword “program investasi andre wongso”, hasilnya blog jelek saya ini memang nongol di nomor pertama. Tapi yang bikin saya takjub ada blog di wordpress juga yang mbahas program investasi ini dari sisi yang lain. Yup! Beliau membenarkan program ini dan merupakan pelaku aktif. Sayangnya waktu saya googling lagi untuk bahan nulis ini blog tersebut sudah lenyap dari halaman depan hasil pencarian.

Sebelumnya saya pernah nulis tentang sebuah brosur program investasi andre wongso yang saya cap sebagai penipuan. Saya akui ndak ada penjelasan mendalam kenapa itu saya sebut penipuan karena waktu saya nulis postingan itu saya berasumsi kita semua sudah paham dengan model penipuan semacam ini. Tapi setelah beberapa tanggapan yang kontra dan terlebih lagi setelah saya liat ada blogger yang menjadi penyebar brosur, saya jadi merasa perlu untuk membahas lagi brosur ini.

Kalo melihat dari fisik tulisan yang ada di brosur sampeyan akan melihat bahwa brosur ini dibuat dengan bahasa yang sangat bombastis. Siapa yang berani menjanjikan hasil investasi 4 miliar dengan modal transfer 100 ribu dan fotokopi brosur sebanyak 100 lembar? Ada boss, seseorang yang mengaku bernama Andre Wongso yang menandatangani brosur ini.

Apa itu berarti penipuan? Menurut saya bukan, itu hanyalah angin surga untuk memotivasi calon korban. Menurut saya sah-sah saja menjanjikan hasil segitu dengan asumsi-asumsi tertentu.

Pada angka 12 langkah-langkah yang harus dilakukan ada kata-kata seperti ini :

Program bisnis investasi ini telah dipelajari dan diteliti bertahun-tahun serta teruji nyata hasilnya oleh pakar investasi Indonesia bapak Andre Wongso beserta pakar-pakar investasi lainnya.

Dari sini brosurnya sudah mulai ngawur, Andrie Wongso adalah motivator ulung, bukan pakar investasi. Dan kalo pembuat brosur ini mengklaim bahwa program ini sudah diteliti “pakar investasi lainnya” maka saya tegaskan bahwa selama saya mengikuti milis safir senduk dan rekan (ssr-klub at  yahoogroups.com) yang notabene diikuti juga oleh beberapa ahli perencana keuangan, belum pernah ada satu pun yang merekomendasikan program ini. Sesuatu yang sangat mustahil mengingat dahsyatnya program ini menurut si pembuat brosur.

Sampeyan pernah dengar Skema Ponzi? Kalau sampeyan mengikuti tulisan Dahlan Iskan yang mencoba menjelaskan sebab musabab terjadinya krisis global dengan bahasa orang awam mungkin sudah pernah mendengarnya.

Skema ponzi adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah sistem dimana seseorang menginvestasikan dana demi mendapat keuntungan dan keuntungan yang diperoleh adalah berasal dari investasi yang dilakukan oleh investor berikutnya.

Program investasi yang mengklaim dirinya ciptaan Andrie Wongso ini menurut saya adalah anak turunan dari Skema Ponzi yang berwujud skema piramida.

Sekarang sampeyan bayangkan suatu hari sampeyan yang sudah mentransfer dan memfotokopi selebaran ini nemu selebaran yang sama yang disebarkan oleh orang lain. Kira-kira sampeyan bakal mentransfer lagi ke nomor rekening yang dicantumkan di selebaran itu gak?

Dalam skema piramida yang paling diuntungkan adalah yang berada di puncak piramida, semakin ke bawah hasil yang didapat semakin sedikit, dan kalo sampeyan apes berada di level terbawah dari piramida ndak akan ada yang transfer ke sampeyan. Apa ini bukan penipuan?

Saya heran dengan pemikiran beberapa orang yang membedakan penipuan dan bukan penipuan berdasarkan kerja yang dilakukan serta hasil yang diperoleh. Siapa yang bilang penipu itu ndak kerja keras? Sampeyan lihat acara di teve swasta kemaren yang membahas penipuan dengan modus menyelipkan kupon menang undian di produk tertentu? Itu butuh kerja keras untuk menyebarkan kuponnya, butuh modal juga, dan tentu ada hasilnya juga.

Begitu juga dengan beberapa orang yang sudah menjalankan program investasi andre wongso ini, mereka merasa tidak tertipu karena memperoleh hasil. Bahkan beberapa menuduh saya skeptis dan menghalangi orang untuk maju. Wew! Mbok jangan berpikir sependek itu tho. Mungkin sampeyan berpikir apa artinya duit 100 ribu kalo berpeluang memperbaiki nasib, kalo pun ilang anggap saja sodaqoh. *lha kok le ngimut*

Ini program yang diklaim sebagai program bisnis investasi. Seyogyanya bisnis dilakukan dengan cara-cara yang fair. Dan menurut saya apa yang ditulis dalam brosur itu bukan sesuatu yang fair.

Apakah sampeyan juga pengen memperoleh 4 miliar dengan modal 100 ribu?

61 comments on “Program Investasi “Andre Wongso” (II)

  1. hawe69 mengatakan:

    Apakah sampeyan juga pengen memperoleh 4 miliar dengan modal 100 ribu?

    transfer ke gw ajah kalo ada yang pengen! hihihi

    #mas stein:
    tapi sampeyan transfer balik 4 milyar yo mbak :mrgreen:
    *pegang pulpen siyap nulis nomer rekening*

  2. wijna mengatakan:

    Menurut saya, kalau mau dapat rejeki yaitu uang harus disertai dengan usaha-kerja keras. Kalau cuma transfer uang aja, dimana usaha-kerja kerasnya? Kalau boleh ditanya, gimana caranya dapet uang 4 miliar dan siapa yang kerja-keras? Nah lho!

    #mas stein:
    hehehe

  3. Chic mengatakan:

    sayah pengen mas kalo cuma modal 100rb dapet 4 milliar… :mrgreen: tapi ya ga ngikut si Andre Wongso sapa lah itu.. mau tak bikin warung burjo berwifi saja laaah… 😛

    #mas stein:
    wew! emang bisa mbak? saya urun 50ribu keuntungan 20% ndak papa wis :mrgreen:

  4. Catra mengatakan:

    Kan bukan MLM ya pak? Saya udah kapok sama MLM pak

    #mas stein:
    sepupu jauh kayaknya 😆

  5. Eru mengatakan:

    Suka geli juga sih liat headline bombastis macam “dengan modal A bisa menghasilkan X”, sampai ada
    brosur yang membuat situs .com (yang mirip sama nama sebuah bank terkemuka)

    Untuk skeptical person macam saya 🙂 tidak ada uang jumlah besar yang mudah didapat (kecuali warisan dan undian), dan itu butuh effort 🙂 nah model kaya gini tu yang ‘ga banget’ effortnya 😛

    #mas stein:
    investasi dengan penawaran keuntungan yang ndak masuk akal memang mencurigakan, celakanya kadang ada yang berfikir pendek, demi perut sendiri

  6. Eru mengatakan:

    Toh Ponzi juga disebut penipu bukan ekonom 😛

  7. Basyarah mengatakan:

    Siapa yang ga’ mau modal 100rb dapet 4 milyar? nanti mas aku kirim deh 4 milyar lewat excel 😀

    #mas stein:
    …….. :mrgreen:

  8. dian mengatakan:

    eh mas, kalo komen spam yg suka nyasar ke saya kok nawarin viagra, obat kuat dan alat2 bantu seksual ya. wis jan… pastinya langsung tak buang ke spam to ya..
    parah!!

    #mas stein:
    lho…?

  9. carra mengatakan:

    lah baguslah yg nyasar pake keyword itu…

    di blogku yg paling banyak keyword nyasar adalah “Bandung Lautan Asmara” yang emang pernah kujadiin judul postingan ketemuannya aku sama suami aku… tapi pasti pd dikira film esek2 nya anak ITENAS itu 😆

    ato keyword “cewek nungging” … yg ini pasti di postingan teranehku sepanjang masa itu 😆

    #mas stein:
    kayaknya saya perlu mbikin postingan yang rada esek-esek nih 😆

    • icha mengatakan:

      Nggak juga mas, aku kesasar kesini karena artikel berjudul TIPS Membeli rumah..hehe…berarti secara SEO sampeyan sukses mas. Nggak perlu pake nama Andrie Wongso segala biar populer.

  10. podelz mengatakan:

    saya hanya percaya kalau kita memang berusaha sekuat tenaga untuk mencari rejeki secara halal, rejeki itu pasti akan datang dengan sendirinya.
    mau andrie wongso atau yang lainnya, bodo amat asal metodenya masuk akal.
    Tapi si andrie wongso ini menawarkan sesuatu yang tidak masuk diakal saya, jadi coret secoret-coretnya 😛

    #mas stein:
    memang rada aneh bin ajaib yang ditawarkan 😆

  11. kawanlama95 mengatakan:

    ya hati-hati mas ,itu biasa mas, jangan percaya penuh.
    penipuan sekarang memang modusnya beragam kalo itu sepertinya Bohong mas.

    #mas stein:
    ini memang untuk menegaskan kenapa saya menuduh mereka bohong kok mas

  12. soyo soewoeng mengatakan:

    kok masih ada yang terpedaya ya?

    #mas stein:
    mungkin karena mereka belum belajar ilmu suwung om

  13. cez mengatakan:

    hm… saya kok gak pernah termotivasi ama motivator2 seperti mereka ya… aneh saya mas… 🙂

    #mas stein:
    terlalu skeptis mungkin mas :mrgreen:

  14. Silly mengatakan:

    Halahhh, saya mah gak percaya yang gini2 mas… Mending cari dulit yang luru2 aja dehhh… hasilnya juga nikmatinnya lebih ridho 🙂

    #mas stein:
    setuju mbak 🙂

  15. wahyuapriani mengatakan:

    Aku belum pernah ikutan kaya gitu…
    mau ah kl modal cm 10 rb
    (aaaiiiih, 100 rb Wahyu, ntar ditimpuk sm Wiliam Wongso, uuupps salah lagi, Andre Wongso)

    #mas stein:
    halah!

  16. annosmile mengatakan:

    jelas spam tuh
    wkwkwkwk

  17. preaxz mengatakan:

    Keknya memang bisnis MOTIVATOR sudah tidak lagi menjanjikan. Banyak motivator yang tiba2 beralih profesi menjadi “EKONOM” (tanda kutip) dan membandari program investasi (katanya). Yang sebetulnya penipuan dengan skema ponzi. Mungkin karena melihat keutungan yang didapat dari membandari sistem itu.

    Sayang sekali …

    #mas stein:
    saya bilang kok pikirannya pendek, gak mikir nasib yang level-level bawahnya

  18. ekaria27 mengatakan:

    Capeeek deeech !!
    Benci.. benciii… sama promo2 aneh model begitu
    Penipuan

    #mas stein:
    yang bikin tambah eneg, dengan modal segitu tentu yang banyak tertarik golongan menengah ke bawah, menipu kok orang susah

  19. adipati kademangan mengatakan:

    Gak popo mas, tak kek’i modal lek mek satus ewu ae plus modal fotokopi bundel 100x kuwi. kudu berhasil oleh 4 milyar yo. trus hasile paro edeng.

    #mas stein:
    wakaka! cocok om… 😆

  20. suryaden mengatakan:

    marai alergi yo mas, paling sing entuk 4 milyar yo cuman mimpi… hahaha

    #mas stein:
    wong testimonine paling yo mung apus-apusan om

  21. Jafar Soddik mengatakan:

    Zaman sekarang ini kalau boleh diibaratkan sudah seperti rantai makanan di hutan. Yang lemah memakan yang kuat, yang tak berdaya/bodoh dimakan yang perkasa/pintar, rakya kecil dimakan penguasa. Dan salah satunya adalah program penjual mimpi, dimana yang pintar (atau licik) memangsa mereka yang awam (bodoh) dengan produk mereka.

    Sebuah penipuan berbalutkan kata-kata ‘INVESTASI’ guna memperhalus dan membujuk mereka yang awan dan lengah.

    #mas stein:
    makanya bang napi selalu pesen, waspadalah waspadalah! 😆

  22. quinie mengatakan:

    penipu juga kerja keras.
    huahaha… bener juga.
    trus apa bedanya ama kita yang asli kerja keras bukan untuk nipu ?
    xixixi

    #mas stein:
    bedanya kita ndak nipu tho mbak 😆

    • ICAL mengatakan:

      beda tipis mas orang yang kerja keras dengan penipu, walaupun pekerjaannya halal tetap aja ada penipuan yang tidak kelihatan supaya barangnya laku atau menipu lewat kata dan suap supaya bisnisnya mendapat tender sampai 4 milyar, mana kita tau niat yang tidak kelihatan.merugikan uang negara milik rakyat itu lebih parah (perampok masih mending sedikit penipu model ini karna ada juga orang yang bisa dibuat sukses tidak dirugikan semuanya. mau tanya ? sudah habis modal berapa mas waktu nyebarin brosurnya ?

  23. Infinite Justice mengatakan:

    yah, kalau menurut saya sih gembar-gembor investasi yang kelihatannya menjanjikan hasil yang luar binasa justru kudu ditelisik lebih lanjut, karena pada dasarnya itu ganjil. dan memang iya sih, apabila ada minimal sepuluh saja orang yang menyebarkan ratusan ribu lembar kopian, maka tingga factor luck lah seandainya memang ada yang berbesar hati mau mentransfer duit ke salah satu kontestan… dan koq malah kelihatan seperti sejenis MLM ya?

    #mas stein:
    beberapa orang juga bilang MLM masuk kategori ini mas, tapi masih ada mendingnya, minimal ada barang yang dijual. walaupun dalam beberapa hal saya bilang MLM juga ndak fair

  24. -GoenRock- mengatakan:

    100 ewu opo sik? Yen satus ewu dollar paman Sam isih mokal nggo modal usaha iso dadi 4 miliar rupiah. :mrgreen:

    #mas stein:
    sebagai orang jawa tentu saya mbahas repes mas, rupiah… 😆

  25. masoglek mengatakan:

    dulu pertama kenal internet sering tergoda tawaran kayak gitu yang bertebaran di internet. Siapa sih yang gak mau uang segitu pake modal dengkul.
    eh ternyata sampe sekarang juga masih banyak

    #mas stein:
    ini bukan di internet lho mas, di ATM

  26. Ardy Pratama mengatakan:

    wah, saya banyak selebaran kayak gitu mas. Saya sih bukanx tertarik, cuman kadang masih pengen tau modus2nya seperti apa. Di koran juga banyak yg kayak gini. Biasanya disuruh kirim nama+alamat ke nomer yg tertera untk dkirimkan brosur.

    Karena gak pake biaya kirim ya saya minta aja brosurnya. Dan memang seperti penjelasan diatas. Mungkin bsa dsebut juga arisan berantai kali pak yah? Banyak tuh brosurnya saya simpan… heheheeh…

    #mas stein:
    kalo udah banyak bisa dikiloin, mayan 😆

  27. thetawvic mengatakan:

    ojo percaya, ngapusi…
    bukti nyoto ne ra ono, kalau modalnya besar pasti hasilnya juga besar tapi kalau modalnya kecil ya dapatnya kecil juga. kalau flowchartnya jelas sih boleh dicoba…….
    banyak kok penipuan gaya itu. ngapusi wong cilik

    http://www.tawvic.co.cc

    #mas stein:
    sebenarnya ndak selalu seperti itu sih, tapi kalo yang ini memang ndak jelas

  28. muhamaze mengatakan:

    kata pakar keuangan, investasi minimal 10 persen dari penghasilan kita, nah kalo utang jangan lebih dari 30 persen..
    hehe.. ndak nyambung ya..?

    #mas stein:
    blass 😆

  29. Billy Koesoemadinata mengatakan:

    kalo saya nyasar ke blogs ini, karena emang masuk mulu ke komen saya.. 😀

    #mas stein:
    wakakaka!

  30. warm mengatakan:

    cara bisnis yg keren :mrgreen:

    #mas stein:
    kanggo sing cupet pikirane om 😆

  31. deeedeee mengatakan:

    saya mampir bukan krn nyasar akibat googling dg keyword andre wongso kok mas *sumpah* 😀

    #mas stein;
    iya mbak, sampeyan kesini kan karena kangen saya 😎

  32. MAsih selalu salah mengatakan:

    CAPITALIZM…..
    AKU ANTI INVESTASI…KECUALI DIMODALI HIHI..

    DEADMALCOM

    #mas stein:
    iku jenengi gak gelem rugi boss :mrgreen:

  33. Ade mengatakan:

    klo saya mah maunya ga bayar, tapi dapet 4 milyar mas.. bisa tak? :mrgreen:

    #mas stein:
    wew!

  34. Putu Gede Sudira mengatakan:

    salam kenal,
    wah, terima kasih udah menautkan link ke blog saya. moga aja pengunjung yg maen ke blog saya jadi bertambah banyak. kontroversi adalah sesuatu yang kita butuhkan guna menuai popularitas, even sesaat.
    ya, dosen saya pernah mengatakan tentang skema ponzi tersebut.saya rasa piramida ini tak sempurna, kita hanya diberi 4 (EMPAT) kesempatan untuk mendapat transferan, setelahnya hilang. berbeda dengan MLM yang paling ujung yang menuai banyak.
    yah, pendapat dan opini adalah sah-sah saja. pro dan kontra selalu ada dan akan terus berdampingan untuk setiap hal di dunia ini.
    sebagai penyeimbang opini yang kontra (lewat tulisan mas) saya memberikan opini yang pro disertai pengalaman yang realistis dan tidak di-blow up(lewat tulisan saya). keputusan akhir, sesuai isi brosur….keputusan akhir di tangan anda,tidak ada paksaan guna mengikuti program ini.
    oh ya, ada yg tau rekening BNI untuk dompet peduli dan semacamnya ga?kudu inget sosial negh.
    thx all.

    #mas stein:
    yup, pada hal ini kita berseberangan mas, dan kayaknya susah ketemunya 😆

  35. Uke Poet mengatakan:

    Dulu pas masih culun pernah ikutan program investasi beginian. Tapi setelah banyak cari tahu, akhirnya saya semakin mengerti bahwa banyak orang2 culun seperti saya dulu yg tertipu dengan money game yang bersifat skema ponzi ini.
    Gak lagi2 deh ikutan yg gak jelas begitu 😀

    #mas stein:
    saya dari pertama liat langsung ndak percaya

  36. samsul arifin mengatakan:

    semoga aku tidak tertipu hal-hal seperti ini.
    lebih baik kerja keras daripada berharap 4 miliar setelah transfer 100 ribu.

    #mas stein:
    betul mas, ndak ada instant yang sehat di dunia ini

  37. Yudha wira taruna mengatakan:

    Klo lo pde tau brosurnya cma dikit kn? La gw yg motocopy rtusan lmbar pusing kale…, trus klo dh kelar ngopynya gw sllu dpt brBundel2 brosur gtuan, bwt yg ksih gw brosur-sory aj ya,cz dh gw bakar smua.

  38. Ricky sandy bukit mengatakan:

    Prtma x nglhat pRogram
    investasi ni, sya lgsung jTuh cinta pada pndangan pertma Lo n mlai brPikir 4 miliar tU duit pa kaga ya?Hahaha..

    Mkanya tdi sya blg
    pRogram ini bagus
    bget,,, bagus bget
    tUK mMbdohi level
    yg menengah k bwah
    dgan iming2 yg
    lebay.He..

    Pa g ksiHan ma
    kmi2 ni.
    Tobat ja sich.He..

    LbiH bae :
    “TUTUS ERDAHIN
    (RAJIN BEKERJA)”
    “TUTUS ERTOTO
    (RAJIN BERDOA)”

    Tuhan akan cukup
    kan semua nya.He..;-)

  39. faisal islamsyah mengatakan:

    emang mas program ini ada unsur penipuan saya salah satu korbannya dmana saya disuruh tranfer 200rb untuk 4 orang yang harus ditranfer @50rb/orang n sampai asaat ini ngak ada ada dana yang masuk kerekning saya .n saya aharap jgn percaya dengan selebaran tersbt

  40. jenggot mengatakan:

    sory numpang komentar gak usah resek bila ngasih opini biarin orang menentukan pilihannya,kalau mengigatkan gak usah saling menjatuhkan kasarane wong jowo OJO DHUMEH

  41. wahyu mengatakan:

    Sepintas memang seperti tak ada usaha..
    Tapi apabila di teliti, keuntungannya bukan untuk para pentansfer dan ditransfer saja ko….
    Negara juga…
    Inflasi bisa dikendalikan meskipun jumlahnya sedikit..
    Menurut saya Pak Andre Wongso…. Cuma menyumbangkan pemikirannya saja.. Bukan mengambil keuntungan to apalah.. Untuk kita semua….
    Makanya di teliti dulu, ini bukan MLM, bukan jual beli barang dan jasa yang ga jelas…..

  42. mas stein mengatakan:

    bahkan pak andrie wongso pun sampe lapor polisi karena merasa namanya dicatut untuk brosur yang ndak jelas ini, beritanya bisa sampeyan baca di sini

    [ Minggu, 09 Agustus 2009 ]
    Merasa Dicatut, Andrie Wongso Lapor Polda
    JAKARTA – Satu lagi kasus penipuan bermodus investasi terjadi. Kali ini menimpa tokoh motivator Andrie Wongso. Dia mengaku na­manya dicatut seseorang yang tidak dia kenal untuk aktivitas penawaran investasi.

    “Betul, Pak Andrie melaporkan itu ke polda karena seakan-akan beliau yang bikin,” ujar David, asisten pribadi Andrie Wongso, kepa­da Jawa Pos Jumat lalu (7/8).

    David membeberkan kronologi peristiwa itu. Kasus tersebut berawal pada 30 Juli. Saat itu, Andrie mendapat kiriman faksimile dari Zulkifli Syuaib yang menanyakan kejelasan atas tawaran investasi tersebut.

    Andrie yang tidak mengetahui hal tersebut ka­get dan keesokannya membalas faks Zulkifli. “Pak Andrie kaget karena tidak pernah mem­buat investasi semacam itu,” katanya.

    Andrie lalu mengingatkan Zulkifli agar ti­dak teperdaya oleh sang penipu. Merasa na­ma baiknya dicemarkan, Andrie kemudian me­laporkan hal itu ke Polda Metro Jaya. Dalam nopol LP/2268/K/VII/2009/SPK unit I, Andrie melaporkan dugaan pasal 310 KUHP, 311 KUHP tentang pencemaran nama baik. Andrie menyertakan bukti-bukti be­r­upa salinan faksimile dari Zulkifli serta fotokopi se­lebaran investasi yang digunakan pelaku untuk menipu calon korbannya.

    Dia menjelaskan, calon korban ditawari investasi Rp 200 ribu sebagai investasi awal. Dari investasi itu, calon korban diiming-imingi akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Untuk meyakinkan calon korban, penipu melampirkan testimoni dari investor fiktif yang telah bergabung. “Sebagai contoh, ada testimoni dari investor Richie yang menyatakan sudah berinvestasi Rp 200 ribu dan mendapat keuntungan hingga Rp 1,5 miliar dalam beberapa bulan saja,” jelasnya.

    Selain itu, pelaku memasang foto Andrie Wongso untuk meyakinkan korban. “Tapi, namanya ditulis salah. Seharusnya Andrie Wongso, ini ditulis Andre Wongso,” katanya. Pelaku juga mencantumkan situs http://www.investasimandiri.com agar calon korban lebih yakin. Padahal, Andrie tidak memiliki situs semacam itu. Akibat penipuan tersebut, Andrie merasa dirugikan secara immaterial. Nama baiknya sudah tercoreng. “Kita masih menunggu,” ujarnya.

    Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Chrysnandha Dwi Laksana saat dikonfirmasi menyatakan belum tahu perkembangannya. “Ini masih diselidiki,” katanya. (rdl/agm)

  43. repot mengatakan:

    betul, yg nama nya instan ga bagus apalagi klo kebanyakan..
    kyk makan mie instan aja, klo kebanyakan meninggal. haha

    investasi macem apaan itu? investasi kok ga tau untuk apa investasi nya.
    jangan bilang untuk dapet duit banyak ya.

  44. dian dwi yanthi mengatakan:

    yg ini bner mas…ada beberapa tmen saya mendapatkan hasilnya.mau dpt formnya…?krim aja ke email saya ddwiyanthi@yahoo.co.id.g pake psang2 foto sagala…

  45. bj trisulo mengatakan:

    Salam,

    Mengenai investasi by Andre Wongso, yang hanya menggunakan (maaf) “Bank Mandiri” sbg line transaksinya, dengan mengatasnamakan bisnis investasi yang menjanjikan (katanya), apakah ada terbersit pemikiran saudara2, bahwa debut investasi ini ciptaan bank² tertentu untuk memperkuat status keuangannya? Terlepas dari keuntungan yang diperoleh individu?
    Sementara Andrie Wongso sendiri sudah menyangkal akan keterlibatannya dlm investasi dimaksud (http://www.andriewongso.com/) dan tak ada klarifikasi dr pakar investasi atau perbankan lainnya.
    Bayangkan, perputaran uang harian, mingguan dan bulanan yang terjadi, dan bayangkan jumlah deposit yang tertampung, jika ada 10 peserta program investasi tsb memiliki saldo rek hingga 8M. Bayangkan bila ada 100 peserta, 1000 peserta, dst.
    Pihak Bank-lah yang sangat merasakan untungnya. Bank semakin kuat, semakin sehat.
    Secara alami, mmg tdk ada yg dirugikan. Beberapa peserta investasi menerima jutaan, bahkan miliaran rupiah di rek-nya. Namun secara kasat mata, perbankan-lah yang sangat diuntungkan.

    Demikian pemikiran saya

  46. bj trisulo mengatakan:

    Di sisi lain, dapat saya katakan, investasi andre wongso ini tidak lain adalah penjelmaan dari “Pengemis Elite jadi²an”. Sedikit berkorban untuk mencari keuntungan lebih.
    Bedanya, kalau pengemis jadi²an, berkorban minjem anak orang, berpanas²an, berlagak compang-camping, berlagak cacad, etc.
    Sementara “Pengemis Elite jadi²an”, berkorban 200rb utk mencari untung hingga miliaran.
    Sobat & saudara², kembali kepada norma & nilai, “Pengemis Elite jadi²an” ini kita serahkan kepada pribadi masing².
    Tp saya yakin, hukum alam akan membuktikan, “bila ada aksi maka akan menimbulkan reaksi”

  47. raul mengatakan:

    begini saja mas2 smwnya pa andre wongso hany membrikan kt jln tuk meraih sebuah kesuksesan. abang harus dan buktikan jangan menghayal saja dengan teori

  48. […] satu tulisan di blog jelek ini yang mendapat paling banyak komentar adalah tulisan tentang program investasi andre wongso. Menurut ilmu kemeruh tingkat tinggi yang saya punya program investasi yang ditawarkan di situ […]

  49. villselly mengatakan:

    yang nulis blog ini sudah ikutan program investasi ini loh…., cuman ngga mau ngaku…..malu ya mas…nggak usah malu lah…., jujur aja… uang hasil investasinya udah dibeliin apa aja…, berdosa loh kalau boong….ok..

    #stein:
    hahaha, sampeyan pinter ngelawak ternyata

  50. Ruru mengatakan:

    Intinya , Tserah pribadi yg mw ikud atw gk .. Blog ini dbuat untuk apa gw tnya ? Tjuannya apa ? Apa cm cri nama atw sensasi agar dtw Qlo Blog ini orang Jujur dan bsa dpercaya .. Jd coba Anda pkir sdr. Stein . Tjuan Blog atw Postingan ini apa !

  51. denny mengatakan:

    apalah arti uang 100ribu jika kita bandingkan dgn kebutuhan kita yg jauh lebih tinggi dr jumlah segitu.. sy rasa tdk ada pihak yg d untungkan hanya dengan uang 100ribu.. coba anda bayangkan uang segitu,ga cukup kn buat kredit sepeda motor..

  52. Buona lettura e quando si tratta di bambini, certo, il cuore non riesce a comprare l’unica cosa che serve a un bambino [peraltro gratuita], l’amore.

  53. nitsuy mengatakan:

    klu menurut aku gak da ruginya,,,di situ kan da di jelaskan semuanya yg mau ikutan silakan yg gak mau ikutan jg terserah gak ad unsur paksaan,,di stu jg gak di haruskan transfer sampe jutaan cm 200 rbu ja,,,seterusnya brosur di perbanyak trus di bagikan jd klu di blang gak kerja tu omong kosong,,,krna membagikan brosurny jg dengan mengeluarkan keringat,,tenaga kita habis tuk membagi-bagikan brosur,,,terserah tu hsil program investasiny andre wongso pa bukan yg jelas orang yg sdah capek”membagikan pemikirannya tersebut jelas”ingin membantu antar sesama agar semua orang dapat merubah hidupnya menjadi lebih baik,,,bagi orang yg pernah ikutan tp teryata gak dapat hasilnya jangan lansung mengatakan bahwa itu penipuan tp cb anda kroscek dlu ap anda sudah membagikan brosurnya dengan benar,,,klu memang blum gak ad salahnya kt coba lagi gak perlu transfer tp kt perbanyak brosurnya trus kt bagikan lagi,,klua mau di blang penipuan gak juga karna kita gak memaksa orang tuk ikutan mentrasfer,,,trus masalah uang yg kita trasfer kan gak jatuh di tangan andre wongso atau orang yg mbuat program ini tp uang yg kt trasfer kan jatuh di tangan orang”yg mengikuti program ini jg jd anggalah kt sdang bersedekah sp tau uang yg kt tranfer memang sangat di perlukan oleh orang”tersebut,,,trus klu di katakan program ini seperti program piramida tu salah besar karna semuanya akan dapat hasil sesuai seberapa besar dia kerja keras tuk membagikan brosur tersebut,,,jd ini tdak sama seperti MLM,,,jd pesan saya baca brosurnya dengan cermat dan teliti agar kalian bisa lebih jelas dan mengerti supaya prasangka”negatif itu tdak ada,,,,,klu mau sukses gak perlu mendengarkan ocehan orang”krna itu akan membuat mental kt akan jatuh oke klu ocehan itu ad benernya klu gak,,,kesempatan gak kan ad klu kt gak pernah mencoba,,,,,bagi orang”yg hidupnya sudah berkecukupan/ kaya,,,,biasanya mereka akan menjadi syirik atau tdak senang klu melihat orang”yg hidupnya tidak mampu/miskin menjadi sukses atau tiba”hidupnya menjdi serba kecukupan,,,,,

    • hendri mengatakan:

      setuju banget…..sesuatu hal harus dipandang dari sisi positifnya. Lagipula apalah arti uang segitu dijaman skarang…Menurut saya program ini cocok untuk orang yg benar2 membutuhkan dana. Yah sukur2 kalo berhasil..kalo tidak berhasil yah jangan kecewa…mungkin blom rejekinya kalo untuk orang yg sudah mapan sih program ini tidak akan menarik untuk diikuti. Anggap aja amal..toh nominalnya juga kecil….banyak amal banyak rejeki…..salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s