Jogja, Saya Kembali

Menyebut nama Jogja selalu menimbulkan rasa sriwing-sriwing di hati saya, banyak kenangan tertinggal di sana walaupun mungkin sebagian nuansanya sudah hilang karena perkembangan jaman.

Simbok saya orang mBantul, banyak pakdhe, budhe, bulik, yang tinggal di Jogja. Alhasil tiap liburan sekolah jaman SD dulu saya sering main-main ke sana. Liburan yang selalu ditutup dengan kenyataan bahwa senyaman apapun Jogja, saya tetep harus pulang ke kampung halaman nan ndeso pol itu. Konon dulu tiap kali pulang liburan saya selalu ngeluh ke Simbok, “Lho Mbok, kok pulang ke sini?”

Jaman SMA hubungan saya dengan kota ini lebih intim lagi (halah!), tiap kali mbolos Jogja adalah salah satu tempat faforit yang menjadi tujuan saya. Adanya mbakyu saya yang waktu itu kuliah di STIPER sangat membantu saya makin seneng sama Jogja.

Memangnya ke mana ke Jogja-nya?

Ya ndak kemana-mana, paling ke Malioboro, atau jalan kaki menyusuri jalan Solo, makan sego kucing, minum air putih yang kecampuran kopi.

“Opo kuwi air putih yang kecampuran kopi?” Tanya Kang Noyo.

“Datang saja ke Jogja Kang, nanti sampeyan tau sendiri,” Jawab saya.

Di mana lagi di tanah Jawa ini sampeyan bisa nemu kopi encer disajikan make gelas gede?

Lulus SMA saya pernah dipisuhi anak-anak gara-gara mereka saya ajak jalan kaki dari terminal Umbulharjo sampe ke Malioboro. *Lha wong seinget saya itu deket kok!*

Sampe di Malioboro jam 9 malem, bingung nyari tempat nginep. Bukan karena ndak ada hotel, tapi karena ndak ada duit. Nanya sama tukang becak, “Pak, mesjid yang deket sini mana?”

Ditunjuklah sebuah arah, yang waktu kami datangi ternyata sebuah gang dengan penampakan agak horor. Di kemudian hari saya baru tau kalo nama tempat itu adalah Pasar Kembang alias Sarkem. Jiyan!

Pernah juga di suatu malam kami berame-rame naik bis dari arah Surabaya, niat turun di kalasan tapi kebablas sampe pertigaan jalan Magelang. Berhubung duit mepet kami balik ke arah Solo naik pick up. Dasar ndak apal jalan, kebablasan lah kami sampe candi prambanan. Turun lampu merah nebeng pick up lagi, dan bodohnya ndak sembuh-sembuh, kebablasan lagi kami sampe Jalan Magelang. Nyerah, jalan kaki ke Kalasan tempat bulik saya. 6 cowok lusuh ketok-ketok pintu jam 11 malem, kami dikira rampok!

“Yang nyasar numpang truk trus keujanan di bak terbuka, naik bis ndak mbayar dari Ngawi ke Solo itu ndak diceritakan sekalian?” Tanya Kang Noyo.

Halah!

Sempet beberapa bulan ngekos di Papringan, tiap hari jalan kaki ke jalan Cik Ditiro untuk pura-pura ndengerin pengajar les bimbingan belajar. Pernah sok-sok mendem di bawah jembatan kereta api sebelah Malioboro. Pernah ini di Pogung Dalangan, pernah itu di Condong Catur, pernah anu di nganu (halah!). Pokoknya Jogja selalu di hati.

Dan minggu ini ada undangan reuni konco-konco lawas SMA di Hotel Satya Graha, Jogja tanggal 26-27 Pebruari.

Jogja, saya kembali.

gambar ngambil dari sini

Iklan

30 comments on “Jogja, Saya Kembali

  1. mawi wijna berkata:

    hoolha…selamat datang kembali di Jogja Kang! Saya masih setia menanti. Halah!

  2. rizda berkata:

    kemarin senin saya ke jogja,,naik kereta jam 6 pagi,,puter2 malioboro naik becak,,liat2 pasar bringharjo,,jam 4 pulang ke surabaya naek kreta,,ampe sby jam 11 malem,,

    quick vacation,,tapi bener2 bkin fresh,,hehehe

  3. oglek berkata:

    wah welkam to jogja mas, jogja emang berhati nyaman, nyaman buat semua orang, kecuali yang merasa tidak nyaman *mbulet mode:on*

  4. budiono berkata:

    lho lho lho… aku yo duwe kenangan kang pas jaman mari sma, bimbel nduk ngarep setadion kui, tapi pas wektune bimbel malah mlayu nang malioboro mall ngadem..

    kost ndek tukangan pernah, ndek jalan krasak yo pernah, trus numpang nang concat yo tau..

    jogja kota sejuta pesona xixix..

  5. Mamah Aline berkata:

    yogya selalu membuat kita ingin kembali ya, kotanya ngangenin…

  6. dobelden berkata:

    mugo jogja iseh kelingan kr dirimu ๐Ÿ˜†

  7. marshmallow berkata:

    hahahaa… pengalaman mastein lucu.
    lagian kok malah ke sarkem sih?
    mungkin yang nunjukin jalan melihat potensi dirimu, mas.
    kikikik…

  8. buJaNG berkata:

    Welcome back to Yogya mas… Saya juga sekarang gi numpang idup bentar di Yogya, ntar klo dah bosen baru pulang kampung :mrgreen:

  9. Vicky Laurentina berkata:

    Saya nggak tahan keliaran di Malioboro lama-lama. Mendingan nongkrong keliling Jogja pakai TiJeh. Dari dulu saya pingin nonton wayang di keraton dan nonton Ramayana di Prambanan, tapi nggak kunjung kesampaian..

  10. Hajier berkata:

    Aku yo kangen karo Jogja.
    Pengen balik lagi tapi waktu n rizki blom memungkinkan hehehe……..

  11. desty berkata:

    jalan kaki dr umbulharjo ke malioboro? LOL. ndak mampir lempuyangan dulu mas?

  12. Bitch, The berkata:

    waaaaaaaah! JOGJA!
    terakhir kesana liburan akhir taun 2008. abis safari jatim–jabar-jateng, mampir semarang, terus sama temen numpak shuttle Joglosemar turun di Jamal. abis itu naksi ke Amplas karena yg njemput dan mo anter puter2 sekaligus kos nya boleh diinepin itu nunggu di… STARFUCK!
    saya kaget mendapati Jogja nggak beda dengan Jakarta. apalagi pas nunggu di STARFUCK nya itu. saya berharap ketemu temen2 saya, mbak2 yg kerja di bilangan Sudirman dan Kuningan lagi kongkow asik sambil hotsepotan dan merokok menikmati segelas Moccha Frappuchino atau Choco Latte ukuran Venti. tapi kemana pun kepala menoleh saya dapati logat yg saya kangenin setengah mampus selama beberapa taun di Jakarta.
    Cik Ditiro – Sagan – Terban itu dulu sering saya puterin tengah malem sampe dini hari, jalan kaki, hanya supaya saya bisa capek terus bisa tidur. Pak Sarjono-yg nggak pernah kuliah tapi bisa langsung sarjana, hihi-itu langgananku beli Bentoel Mild ketengan di warungnya yg pas depan pintu masuk Panti Rapih. warung bakmi dan susu segar seberang gang Superindo Sudirman tu tempat aku sharing sepiring capcay kuah dan sepiring nasi bareng kakakku, dan segelas susu segar berdua juga. kalo udah selesai makan dan minum, kami nyebrang ke Superindo buat nyari cuci mulut: ngemil klengkeng, anggur, salak pondoh dan jeruk mandarin. mbak2nya tau kami cuma mahasiswa kere ga tau malu yg nyari buah2an gratis. tapi ya mereka tetep senyum sopan.
    eskrim seliteran di Superindo itu bakal di diskon kalo mendekati tanggal kadaluarsa. saya dan dua temen sekosan sering patungan sambil bawa sendok kecil sendiri2 (karena kami nggak mau pakek sendok kayu dari supermarket. nambahin sampah!). kalok antriannya panjang, sambil berdiri nunggu giliran mbayar, kami rayahan eskrim bertiga, sambil ngerumpi2. pas sampe di kasir, kami mbayar kotak eskrim kosong yang glondangan berisi sendok kecil tiga biji. terus, wadahnya tetep kami bawa pulang, dicuci, terus buat tempat pernak-pernik.
    sepertinya sekarang Jogja udah penuh sama kafe, butik, dan mall.
    Gejayan itu tempat saya babak bundas dibuang dari rumah ibuk buat nimba ilmu (jare). ujung2nya, kalok siang saya males pulang, saya nongkrong di perpus sebentar, minjem buku, buat dibaca di bawah beringin Soekarno depan BAAK. abis itu ketiduran ampe sore, dibangunin Pak Uban, tukang sapu halaman kampus yang guwedenya sak ndayak itu.

    Ah, Jogja…

  13. antyo rentjoko berkata:

    Jian, bandel tenan Mas Stein iki! Sekarang sudah insyaf to? ๐Ÿ˜€ Gimana reuninya, ngajak bande-bandelan juga? ๐Ÿ˜€

  14. ungkapkan berkata:

    wach jogja memang penuh kejuta kapan ya saya kesana ๐Ÿ˜›

  15. zefka berkata:

    gak ada habisnya kalo ngomongin jogja hehehe ๐Ÿ™‚
    Hampir semua yg pernah tinggal di jogja (sekolah, kuliah atau cuma main2) selalu pengin lagi ke jogja, bahkan ekstrimnya ada yg udah nganggap jogja sebagai kampung halaman.
    Kerja di seberang lautan, tapi bikin rumahnya di jogja. Bukan orang Jogja tapi kalo lagi cuti malah ke jogja.. cinta banget ma jogja deh… ๐Ÿ™‚ dengan segala keunikan dan keruwetannya ๐Ÿ™‚

  16. Prasetyandaru berkata:

    Jogja tho…jape mete mas.

  17. yims berkata:

    weh,ono postingan ini to. ono tulisan laporan pandangan mata reuni ora yo.. *menunggu

  18. Domba garut! berkata:

    Nampaknya Jogja memang fenomenal ya.. ini mengingatkan saya untuk segera merencanakan cuti.

  19. […] kopi sebelah pabrik tadi pagi, Kang Noyo harus nyari orang lain buat minta rokok. “Piye reunian di Jogja kemaren?” Tanya […]

  20. preaxz berkata:

    Halah, ga asik, ga mampir ke mabes …

  21. Asop berkata:

    Jogja…. jadi inget dan pengen nyoba kopi joss-nya… ^_^

  22. Program kasir berkata:

    hmmmm, rasanya aku jadi rindu jogja jalan-jalan ke malioboro berburu barang-barang tawaran, he…
    sambil cuci mata para touris

  23. melancongyuk.com berkata:

    Magelang- Target your next vacation…

    Indonesia, Magelang city crossroads known as military. Even before the site was established on April 11, 907, a military checkpoint in the long history of Magelang year. Dutch colonial army in favor of independence in the early 1940s, during the war be…

  24. Sewa Mobil Bali berkata:

    Nampaknya Jogja memang fenomenal ya.. ini mengingatkan saya untuk segera merencanakan cuti dan berlibur kesana..sambil cuci mata para touris,,hihihi,,,

  25. saya tidak pernak kejogja ney,,, gimana ya rasannya kalau kesana,,jadi kepengen nox!!! hehe,,,

  26. Alphard berkata:

    Jogya kota pelajar, keponakan saya sekarang sekolah di sana. salam kenal

  27. jogja kota yang berhati nyaman… jogja never ending asia………

  28. car rental bali berkata:

    jogja memang kota pelajar, asik untuk melancong ๐Ÿ˜€

  29. Pulau Tidung berkata:

    pulang ke kota mu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s