Mempercepat Lock GPS pada Samsung Galaxy Gio

update Januari 2012 : silakan sampeyan upgrade Galaxy Gio ke Gingerbread 2.3.6, dan langkah yang dilakukan cukup sampai nomor 5 saja. Saya coba sudah ndak perlu sinkronisasi waktu lagi.

Salah satu kelemahan samsung galaxy gio yang paling saya rasakan adalah susahnya ngunci GPS. Jadi kadang saya mikir percuma saja menginstall aplikasi GPS macem Ndrive, Navitel, atau Papago. Rugi tho sudah menetapkan kemana tujuan kita tapi ndak tau di mana posisi kita sekarang, dan aplikasi GPS di sistem masih kedap-kedip tanda ndak dapet sinyal satelit.

Kelemahan itu semakin saya rasakan sesudah meng-upgrade samsung galaxy gio saya dari froyo ke gingerbread. Belum pernah sekali pun GPS saya nge-lock, yang berakibat tiap kali saya sedang di pabrik maka yang terlihat di google maps adalah posisi saya sedang berada di sungai. Waktu kemaren disuruh juragan ke Banyuwangi dan lagi santai-santai sambil ngopi di hotel saya liat posisi saya di google maps sedang berada di Selat Bali.

Mohon maap, saya termasuk yang ndak percaya bahwa aplikasi GPS tertentu lebih cepat nge-lock dibanding aplikasi yang lain. Soale saya sudah mencoba banyak aplikasi GPS, dari Ndrive, Navitel, Papago, Sygic, sama saja, susah nge-lock. Menurut saya masalahnya ada di sistem, kalo GPS sampeyan susah nge-lock pada saat mbuka aplikasi semacem google maps atau foursquare maka berganti aplikasi GPS apapun ndak akan banyak membantu.

Setelah nanya-nanya sama mbah gugel akhirnya saya berhasil membuat GPS di samsung galaxy gio nge-lock dengan lumayan cepet. Dan berikut ini akan saya uraikan langkah-langkahnya, yang mungkin berlaku universal, karena struktur file di android saya pikir ndak jauh beda antara satu dengan yang lain. *ini pernyataan yang sungguh kemeruh*

  1. Pastikan android sampeyan sudah rooted

    Ini wajib, soale kita mau ngutak-atik file sistem yang memerlukan hak root alias super user.

  2. Download SU File Manager (SUFBS)

    Program ini diperlukan untuk mengubah atribut file pada sistem dari Read Only menjadi Read and Write. Dalam penggunaannya nanti mungkin sampeyan juga bakal disuruh mendonlot BusyBox.

    Download SU File Manager di mana?

    Di market ada, tapi mbayar…

    Kalo ndak mau mbayar silakan cari di pasar-pasar gelap.

  3. Mengedit file /etc/gps.conf

    File ini adalah file sistem, buatlah dulu back up file aslinya, misalnya dengan mengkopi ke SD card, berilah nama lain misalnya gps.conf.old.

    Di samsung galaxy gio saya file aslinya berisi baris sebagai berikut :

    NTP_SERVER=xtra1.gpsonextra.net

    XTRA_SERVER_1=http://xtra1.gpsonextra.net/xtra.bin

    XTRA_SERVER_2=http://xtra2.gpsonextra.net/xtra.bin

    XTRA_SERVER_3=http://xtra3.gpsonextra.net/xtra.bin

    SUPL_HOST=supl.google.com

    SUPL_PORT=7276

    Buatlah file baru di notepad dengan mengubah NTP_SERVER-nya

    NTP_SERVER=id.pool.ntp.org

    XTRA_SERVER_1=xtra1.gpsonextra.net/xtra.bin

    XTRA_SERVER_2=xtra2.gpsonextra.net/xtra.bin

    XTRA_SERVER_3=xtra3.gpsonextra.net/xtra.bin

    SUPL_HOST=supl.google.com

    SUPL_PORT=7276

    Simpan di SD card dengan nama gps.conf

  4. Rubah atribut direktori /etc

    Monggo dibuka aplikasi SUFBS, klik Mount System RW dan Mount Data RW.

    SUFBS

    mount as RW

    Kalo sudah huruf S dan D di bagian atas akan berwarna merah.

  5. Replace file gps.conf

    Dengan aplikasi yang sama, monggo dikopi paste file gps.conf yang sudah sampeyan buat dari SD card ke direktori /etc, setelah itu reboot android sampeyan. Jangan lupa untuk mengembalikan atribut direktori /etc menjadi read only.

  6. Download aplikasi Mobile TimeSync Expert

    Aplikasi ini berfungsi untuk mensinkronisasi waktu pada satelit GPS dengan waktu pada sistem android sampeyan, gratis di market. Setelah aplikasi ini terinstall monggo sampeyan pilih Gps pada option > Primary mode, dan hilangkan tanda centang pada Gps > UTC Time.

  7. Sinkronisasi waktu

    Yang ini butuh sedikit kesabaran. Silakan cari tempat lapang untuk mempermudah sampeyan dapet sinyal satelit, tunggu beberapa saat (pengalaman saya butuh menghabiskan sebatang rokok) sampai nongol jam pada bagian GPS, lalu klik sync.

    Mobile TimeSync Expert

Selesai sudah, sampeyan bisa ngetes dengan mbuka google maps. Semoga ndak sampai 2 menit GPS sampeyan sudah nge-lock.

Kalo ndak?

Bersabarlah, karena Tuhan bersama orang-orang yang sabar…

28 comments on “Mempercepat Lock GPS pada Samsung Galaxy Gio

  1. rully berkata:

    Orang sabar disayang Tuhan…. (^_^)
    btw, aku ra ngerti tulisane sampeyan iki, blas hehehehe… 😀
    tapi HP-ne bojoku Monte karo Galaxy Fit kok GPS-e anteng2 ae yo, ra enek masalah. Opo mergo masalahe cuman neng HP Gio yo mas?

    #stein:
    kalo saya ndak salah GPS di galaxy gio ini memang yang paling parah di serinya mbak

  2. abu_qital berkata:

    terimakasih, saya dapat kasus yg sama. sebelumnya ga ada masalah, tapi setelah galaxy gio istriku upgrade ke ginggerbread tak pernah bisa ngelock, not avaiable terus…
    saya hendak coba apa yang anda tuliskan di artikel ini. terimakasih lagi..
    semoga sukses selalu..

  3. Nugraha berkata:

    Setelah mencoba cara ini selama seminggu berhasil lock dengan cepat, namun setelah seminggu GPS tidak bisa lock sama sekali..
    ada solusinya mas?

    #stein:
    punya saya masih baik-baik saja, mungkin bisa dicoba aplikasi gps status, monggo cari di market.

  4. saiful berkata:

    untuk nge root nya sama nggak ya froyo dengan gingerbird…?

    #stein:
    lain mas

  5. ruly berkata:

    mas stein, saya mau bertanya.
    gio punya saya juga susah nge-lock satelite.
    saya punya masalah buat ngikutin tutorial ini.
    gio saya sudah di root.
    di direktory /etc/ tidak ditemukan file gps.conf
    di cari di folder lain juga tidak ketemu.
    saya pakai ES file explorer.

    apa perlu pakai kabel data mas?

    #stein:
    ndak perlu kabel data, kalo memang ndak ada file gps.conf bikin baru aja.

  6. zanasykur berkata:

    wiidiiiihhh..mantab gan..!!!! ane muter2 nyari cara biar bisa cpet locj gps, berbagai cara ane coba [lebay mode:on] akhirnya pake cara mas Stein langung ngelock..
    thx’z bgt infonya 🙂

    maen2 lah ke http://www.asykur.com 😉

  7. Atom02 berkata:

    mas waktu sinkronisasi harus koneksi internet gak? kalau ya.. bisa gak menggunakan koneksi dari wifi? maap nih banyak nanya maklum nubi

    #stein:
    harus konek ke internet mas, saya blom pernah coba pake wifi, jadi gak ngerti juga pengaruh atau gak. tapi yang sekarang samsung gio saya upgrade ke 2.3.6, gak perlu pake program tambahan, cukup gps.conf yang dimodifikasi sudah cepet banget ngelock GPS, di luar ruangan biasanya gak sampe 2 menit.

  8. hamrin berkata:

    gmana cara mngetahui gionya ud d root atw belum, maaf ane newbie

    #stein:
    kalo sudah diroot akan ada gambar tengkorak dengan nama superuser di menu program

  9. imam berkata:

    berati setiap mw pake gps harus singkronisasi dulu ya mas? thx..soalnya pertama kali coba berhasil, trus besoknya pas mw make susah lg dpt sinyal gpsnya…

    #stein:
    coba sampeyan upgrade ke GB 2.3.6, saya gak perlu sinkronisasi lagi, malah sudah saya buang programnya 😀

  10. Diki Nur I berkata:

    Om time sync master kuk gag nyambung2 ya
    padahal uda ada tulisan sync ok
    tapi jam.nya gag ada perubahan

    #stein:
    androidnya sudah di-root belom?

  11. abbay berkata:

    cara mereplace gps.conf yg baru dengan yg lama gmn???

  12. renggo berkata:

    btw, acces permisinya gimana? apa semua dicentang?

  13. iqbal berkata:

    gan, mohon ptunjuk. ane puny nexian extreme. susah ngelock jg, klo ud ngelock, kadang suka ilang2an, alias kelap2. apakah cr ini bs d pake y? ane ud cari etc/gps.conf kok g ada y. mohon bantuanny

    #stein:
    mohon maap boss, saya belum punya pengalaman dengan nexian extreme. dengan sistem operasi yang sama harusnya caranya gak jauh beda. kalo misalnya file itu ndak ada silakan sampeyan bikin sendiri.

  14. fahar berkata:

    trus saat mau sinkron waktu, indikasi waktu gps g aktif (angka nol semua) itu kenapa ya…

  15. Aris berkata:

    sudah di coba di GalW ane…. mantap bro, jadi mudah sekali lock GPSnya ga sampe 30 detik 🙂 thanks 4 share

  16. Aris berkata:

    sebelumnya susah lock karena saya pakai ROM yg versi euro, GPSnya aja ke north.america 🙂

  17. adie berkata:

    apakah ini orang yg sama?
    http://fitramaster.blogspot.com/2012/01/mempercepat-lock-dan-akurasi-gps-pada.html

    #stein:
    beda mas, dia ini copy paste tulisan saya 🙂

  18. wahidkusrimoyo berkata:

    mas copy paste nya ga ngaruh di File Manager (SUFBS)

  19. amie berkata:

    samsung gio saya sudah di upgrade ke gingerbread 2.3.6, sudah di root, gps.conf sudah diupdate sesuai penjelasan diatas, saya juga install mobile time sync expert… tapi gps masih lama lock.nya di gps status maupun di mobile time sync… ada saran? ada setting yg kurang kah?.. mohon pencerahan.. trims..

  20. ria berkata:

    iseng- iseng nyoba dan berhasil mas, wah akhirnya bisa lock satelite jg nih gio ^0^

  21. Andysw berkata:

    Kalau ndrive susah nglock, pertama restart HP anda, setelah itu buka ndrive …dan hasilnya alhamdulillah bisa ngelock. itu pengalaman saya … sekarang kalau buka ndrive saya restart HP dulu…bye thanks

  22. eyciik berkata:

    deeeeh… ane nyoba persis langkah diatas sampai tahap 4, habis di restart malah gak masuk system. cuma stuck di logo samasung.. *apess* hadeeeeh

  23. aviq berkata:

    mantab ilmunya gan,sy jg brhasil,makasih gan.dah mu share ilmunya

Tinggalkan komentar