Cara Mudah Mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Seri I (1770 SS)

Bulan Januari 2012 sudah hampir berakhir, bagi sampeyan para patriot bangsa yang dengan sedikit terpaksa kesadaran sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak alias NPWP sebagai salah satu wujud kecintaan terhadap negeri pasti sudah siap-siap untuk melakukan hajat tahunan, melaporkan Pajak Penghasilan Orang Pribadi.

“Lapor opo mbayar Le?” Tanya Kang Noyo waktu semalem menikmati kopi Mbok Darmi di tengah hembusan angin kencang yang menambah dinginnya rasa di tanggal tua. *halah*

“Yang jelas wajib itu lapor Kang, mbayar atau ndak itu urusan belakangan, setelah jelas itung-itungan dalam laporan pajak sampeyan.” Jawab saya.

Memang kadang ada salah kaprah di masyarakat, kalo berurusan sama pajak berarti masalah pembayaran, padahal ndak selalu. Kenyataannya adalah yang lapor ndak selalu harus mbayar, tapi yang mbayar pasti harus lapor. Laporan lah yang kadang malah lebih vital dalam urusan sampeyan dengan pajak.

“Kalo misalnya aku mau laporan pajak tahunan caranya gimana?” Tanya Kang Noyo lagi.

Pertanyaan Kang Noyo tadi adalah pertanyaan standard yang hampir selalu terulang tiap tahun. Lha gimana, wong ngisi SPT Tahunan memang cuma setahun sekali, waktu diajari mungkin apal, tapi tahun depan biasanya lupa lagi.

SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi ada tiga macem, yang paling sederhana disebut SPT 1770 SS (Sangat Sederhana). Yang boleh laporan SPT Tahunan pake formulir ini harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Statusnya karyawan alias ndak punya usaha sendiri
  2. Memiliki penghasilan bruto maksimal Rp 60.000.000 setahun
  3. Tidak mempunyai penghasilan lain kecuali bunga bank dan/atau bunga koperasi

“Cara ngisinya gimana?”

Gampang sekali, inilah yang harus sampeyan lakukan dalam mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 SS :

  1. Menghitung jumlah harta

    Silakan sampeyan hitung nilai nominal harta yang sampeyan miliki. Ingat, nilai yang dipake adalah nilai perolehan, bukan nilai pasar. Jadi misalnya dulu sampeyan beli rumah tahun 1985 dengan harga Rp 10.000.000 sedangkan di tahun 2012 kalo dijual laku Rp 50.000.000 maka harga yang sampeyan tulis tetep yang Rp 10.000.000.

    Misalnya inilah daftar harta sampeyan :

    Jenis Harta

    Tahun Perolehan

    Harga Perolehan

    Keterangan

    Rumah

    1990

    Rp 15.000.000

    Honda Mega Pro

    2005

    Rp 12.000.000

    Jumlah

    Rp 27.000.000

  2. Menghitung jumlah hutang

    Hutang yang sampeyan hitung di sini adalah hutang yang dibuat dengan perjanjian tertulis alias bisa dibuktikan, jadi kalo cuma sampeyan ngutang gorengan lima biji di warung Mbok Darmi misalnya, ndak usah dihitung.

    Nama Pemberi Pinjaman

    Alamat Pemberi Pinjaman

    Tahun Peminjaman

    Sisa pinjaman

    BRI Pasuruan

    Pasuruan

    2009

    Rp 15.000.000

    Jumlah

    Rp 15.000.000

  3. Meminta bukti pemotongan PPh Pasal 21, yaitu Formulir 1721-A1 bagi pegawai swasta atau 1721 A2 bagi pegawai negeri, dari pabrik tempat sampeyan kerja

    Formulir 1721 A1

    Formulir 1721 A1

    Formulir 1721 A2

    Formulir 1721 A2

    Formulir ini berisi jumlah penghasilan dan pajak yang sudah dipotong dari bayaran sampeyan selama setahun.

  4. Mengisi formulir 1770 SS

    Formulir 1770 SS

    Formulir 1770 SS

    Yang harus sampeyan isi dalam formulir ini adalah :

  • Identitas, berupa NPWP, nama, alamat, nomor telepon
  • Tahun pajak (letaknya di pojok kanan atas)
  • tanda tangan, jangan sampe lupa, karena tanpa tanda tangan laporan pajak sampeyan ndak sah.
  • Sertakan Formulir 1721 A1/A2, jangan lupa juga, karena ini lampiran wajib

“Gampang tho Kang?” Saya lihat Kang Noyo manggut-manggut.

“Itu yang paling gampang. Kalo cara ngisi yang dua jenis lainnya?” Tanya Kang Noyo lagi.

“Besok-besok saja Kang, wis kemaleman.” Saya lihat makin malem anginnya makin menakutkan.

“Mbok sekarang saja!”

“Besok saja Kang, lama soalnya.” Saya memelas.

“Jelaskan singkat saja.” Kang Noyo ngotot.

“Ndak cukup waktunya Kang, kalo cepet-cepet kuatirnya otak sampeyan ndak nutut.” Kata saya sambil mbayar trus buru-buru pamitan.

“Wogh! Kemaki!” Kang Noyo misuh-misuh.

“Lho, woi! Kopiku belum mbok bayari!”

Lha kan, untung saya buru-buru pergi.

Jiyan!

*) formulir 1770 SS bisa sampeyan download di sini

About these ads

48 comments on “Cara Mudah Mengisi SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Seri I (1770 SS)

  1. adiekeputran mengatakan:

    wah penjelasannya kena…sempat belajar pengantar pajak, tapi gak sampai isi2an gini, maklum beda spesialisasi..hehe

    menarik mas stein :D

    #stein:
    terima kasih, sekedar berbagi, mencoba membahas pajak dengan cara yang ringan :smile:

    • ermy mengatakan:

      M Stein, tlng sy dijelaskan pngisian SPT Masa PPN, untuk bahan ajar maz…matursuwun

      • mas stein mengatakan:

        kirim email saja mbak, persisnya seperti apa yang sampeyan butuhkan, untuk wajib pajak dengan spesifikasi seperti apa. karena SPT PPN ada macem-macem: 1111, 1111 DM, 1107 PUT.

  2. Gusti 'ajo' Ramli mengatakan:

    informatif… buat saya yang baru punya NPWP…

    Kalau penghasilan dibawah Rp 60.000.000 setahun gak perlu lapor khan masbro??

    #stein:
    tetep lapor boss

    • winkthink mengatakan:

      Harus lapor dengan menggunakan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770 SS.
      SPT ini digunakan utk melapor apabila penghasilan diperoleh dari satu pemberi kerja dan maksimal pendapatan sampai 60 juta.
      Diatas 60 jt menggunakan jenis SPT lain :)

  3. chocoVanilla mengatakan:

    Saya ngikut suami, wis ben doi aja yang ngisi :mrgreen:

    #stein:
    kalo saya boleh ngikut sampeyan ndak mbakyu?

  4. [...] kemaren saya membahas soal pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770SS yang luar biasa simpelnya, sekarang saatnya kita naik kelas, membahas SPT Tahunan Orang Pribadi [...]

  5. [...] kemaren saya membahas soal pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770SS yang luar biasa simpelnya, sekarang saatnya kita naik kelas, membahas SPT Tahunan Orang Pribadi [...]

  6. eric mengatakan:

    Apabila di tahun 2011 pada bulan Agustus kita berhenti kerja gimana bro Mas Stein?
    Apakah perlu buat surat tersendiri untuk itu ?
    klo perlu surat boleh kasi contoh surat nya makasi

    #stein:
    berhenti bekerja lalu pensiun atau gimana? surat khusus sih ndak ada, tergantung keperluannya saja pak

  7. ari chandra mengatakan:

    kalo harta berupa tabungan gimana ngisinya kang? harga perolehannya jadi berapa?

  8. [...] sudah semakin dekat. Semoga sampeyan yang karyawan sudah beres dengan pengisian SPT 1770 S dan 1770 SS. Sekarang saatnya bagi sampeyan yang kerjanya ndak ikut orang, alias punya usaha sendiri, untuk [...]

  9. [...] sudah semakin dekat. Semoga sampeyan yang karyawan sudah beres dengan pengisian SPT 1770 S dan 1770 SS. Sekarang saatnya bagi sampeyan yang kerjanya ndak ikut orang, alias punya usaha sendiri, untuk [...]

  10. jasmine mengatakan:

    mas.. kalo gaji suami dibawah 60 juta tapi gaji istri diatas 60 juta, tetap pakai form 1770 SS juga?

  11. jasmine mengatakan:

    lupa info, npwp istri ikut suami. terima kasih :)

  12. Nelly mengatakan:

    Mas Stein,

    Kalo misalkan saya pindah alamat, berarti di kotak perubahan data hrs saya ‘x’ kan trus apa aja ya yg harus dilampirkan? KTP saja cukup?

    Terimakasih banyak sebelumnya :)

    • mas stein mengatakan:

      seharusnya begitu, tapi pengalaman membuktikan perubahan data yang diisi lewat SPT Tahunan kebanyakan tidak diproses oleh kantor pajak. konon karena alur dokumen dan SOP SPT Tahunan mereka untuk perubahan data ndak nyambung.

      saran saya sampeyan mengisi formulir update data, dilampiri KTP, dilaporkan tersendiri alias tidak tergabung dalam SPT Tahunan.

      • Nelly mengatakan:

        ic…berarti bagusnya dipisah aja ya.
        * Mas Stein punya formulir perubahan data-nya ga ya? Atau bs sy dapat darimana gitu.
        * Trus perubahan alamat ini apakah di kirim ke Kantor KPP asal atau yang baru.
        * Jika tidak saya ganti, apa ya efeknya nanti

        Thanks a lot :)

  13. eria mengatakan:

    mas, trus untuk pelaporannya harus di kpp tempat terbitnya npwp kah???kalo saya laporan via drop box ae piye???

  14. eria mengatakan:

    oiya mas, kalo saya beli rumah secara kpr dr salah satu bank negara, itu masuk harta ato hutang ya??? soalnya saya masih nyicil ke bank itu selama 10thn…. misalnya saya beli rumah tsb seharga 180juta, dan saya sudah cicil ke bank 50juta, sisa hutang saya ke bank 130juta… yg saya laporkan dlm spt sbg HUTANG saya yg 130juta kan???
    kemudian HARTA yg saya laporkan dlm spt yg 180juta kah ato gmn???
    mohon penjelasannya mas, maturtengkyuuuu…

  15. nuniek mengatakan:

    mas stein,
    saya karyawan swasta dan suami juga karyawan swasta. NPWP ikut suami, tidak ada harta dan tidak punya hutang. Bgmn pelaporan SPT 1770ss nya?
    Terima kasih,Nunik

    • mas stein mengatakan:

      kalo suami istri kerja ndak bisa pake 1770SS Bu, harus pake 1770S.

      • nuniek mengatakan:

        walaupun suami gajinay dibawah 60 jt harus tetap pakai form 1770SS ya mas stein? Mohon penjelasan. trims Nunik

        • mas stein mengatakan:

          walaupun gaji suami di bawah 60jt, karena 1770SS tidak menampung penghasilan istri. kalo di 1770S penghasilan istri masuk formulir 1770S-II bagian A

          • nuniek mengatakan:

            mas stein,
            Bagaimana bila pelaporan spt tahunan th 2009 dan 2010 menggunakan 1770ss, apakah th 2011 boleh langsung diganti form 1770s?

            Bagaimana juga kalau di 1770ss pada pelaporan 2009 dan 2010 pada kolom harta, diisi angka gaji suami selama 1 tahun, apakah itu benar? kalau salah apakah bisa dikoreksi?
            Terima kasih. Nunik

            • mas stein mengatakan:

              boleh langsung diganti 1770S.

              untuk kolom harta diisi harta ya Bu, jangan gaji, karena ndak semua gaji jadi harta, ada yang langsung habis untuk konsumsi kan :)

  16. yohana mengatakan:

    Mas stein, kalo saya dulu ikut KPP Serpong, tp setelah menikah saya ganti KTP menjadi ktp jawatengah tepatnya sukoharjo, kalo begitu harus pindah / ngisi perubahan data ya mas? Kalo pindah gitu apa kudu dateng ke KPP atau cukup kirim? trus dapet kartu NPWP baru gimana mas? makasiih.

  17. mas mau nanya, kalo pindah kerja gmn ya?
    jadi 6bulan kerja dikantor lama, 6bulan dikantor yang sekarang.
    itu kan ada 2bukti wajib pajak kan mas yang harus dilampirkan?
    terus ngisinya pakai yang 1770 s apa 1770 ss ya?
    bingung

  18. mas stein mengatakan:

    dua-duanya dilampirkan, jumlah penghasilan netto digabung. saya cenderung pake 1770S, soale kadang itungannya jadi gak pas.

  19. Dewy mengatakan:

    Mas Stein yang baik, saya dimintai buatkan spt tahunan untuk ibu saya yg dah pensiunan pns. ngisinya pake formulir yang 1770s apa 1770ss ya, caranya?. Terima kasih.

  20. aonie mengatakan:

    mas stein mau tanya, kalau tidak salah tabungan dan deposito masuk penghitungan harta juga. bener g sih? trus ngitungnya jadi gimana? tinggal ditambahin saldo terakhir tabungan gitu? makasih.

  21. santoso mengatakan:

    mas, skrg katanya bisa online ya untuk Form 1770 S dan SS
    udah pake lapor SPT online?
    mohon share ya..

  22. [...] kemaren saya membahas soal pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi 1770SS yang luar biasa simpelnya, sekarang saatnya kita naik kelas, membahas SPT Tahunan Orang Pribadi [...]

  23. nikky mengatakan:

    mas stein mau nanya, kan menurut aritikel mas stein kalo penghasilan bruto dibwh 60jt kan oake 1770ss.

    tapi sodara saya bilang berdasarkan penghasilan netto. mohon petunjuk, soalnya klo berdasarkan bruto saya harus pakenya 1770 s.

  24. yeni mengatakan:

    mas, kalo pajek saya gak dibayar ama t4 kerjaku, trus suruh urus sendiri. trus aq udah lapor ke kantor pajak alamatku, lah tapi kan aku tinggalnya sekarang nomaden(baca: pindah kota tiyap taon), trus seteah lapor pajak ke kota tempat aku daptar pajak Gak direspon apa2 gimana. kiriman laporan pajakku jadi semacam angin lalu aja. apa aku mesti lapor tiyap taun?? btw suwun inpohnya

  25. pakseno mengatakan:

    waiki sing tak goleki, nunut sinau sam :D

  26. Arni mengatakan:

    kalo dari perusahaan ga dikasi formulir 1721-a1 gmn??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s