Hemat Telepon dan SMS dengan Viber

Konon di jaman dahulu kala, handphone adalah barang mewah. Paling ndak itulah yang saya rasakan waktu masih menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Kaum Dhuafa, seorang mahasiswa yang punya HP sepertinya jadi gimana gitu. Atau mungkin itu cuma perasaan saya saja, yang kadang makan sehari sekali demi sebuah kutukan keramat bernama pengiritan.

Sekarang lain, ndak usah kelas buruh pabrik macem saya, tukang becak lho ada yang siap dipanggil lewat sms. Telepon genggam bukan lagi barang mewah, pembantu-pembantu di komplek saya biasa memakai gaji pertama mereka buat beli HP. Murah tenan HP itu sekarang, tapi…

Tapi?

Iya, tapi masih ada yang tetep mahal, biaya pemakaiannya.

“Ah, itu kan tergantung pemakaian, kalo jarang nelpon, atau yang selalu gonta-ganti kartu demi ngejar promo ya jatuhnya tetep murah.” Kata Kang Noyo suatu ketika.

Mungkin benar seperti itu, tapi survey ngawur-ngawuran yang saya lakukan membuktikan bahwa biaya pulsa lebih terasa mencekik dibanding biaya pembelian handset. Sampai pernah saya ketemu seorang pembantu yang terpaksa nyolong duit majikan demi pulsa.

Jaman makin canggih, ndak cuma telpon-telponan sama sms saja yang nyedot pulsa, sekarang ada lagi yang namanya paket data. Mbuka-mbuka situs esek-esek yang penuh dengan gambar model telanjang, streaming video porno, dijamin biaya pemakaian handphone sampeyan akan makin mbengkak. Untunglah pemerintah sekarang sudah mblokir banyak situs esek-esek, kalopun saya sampeyan ndak mampu menahan napsu, regulasi pemerintah bisa sedikit membantu.

Kan ada langganan internet unlimited?

Ini bisa jadi salah satu alternatif solusi, tapi kok ya tetep saya merasa mahal. Taruhlah misalnya saya langganan internet unlimited Rp 50.000, itu kan cuma buat internetan, belum yang buat nelpon, buat sms.

Makanya dulu saya membayangkan orang yang make blekberi itu adalah orang yang duitnya sudah turah-turah. Standardnya dulu langganan blekberi itu kan sebulan Rp 100.000, duit segitu cuma buat BBM-an, belum nelponnya, sugih tenan tho?

Lha trus piye?

Bagi sampeyan pemakai android dan iPhone, ada satu aplikasi yang mungkin bisa sedikit membantu sampeyan ngirit. *harap digarisbawahi, sedikit membantu, alias membantu tapi cuma sedikit*

*dikeplaki masa, ndobos ndak jelas ora uwis-uwis*

Aplikasi itu bernama…

Jreng…jreng…jreng….

*kelamaan, dibakar masa*

Aplikasi ini bernama Viber sodara-sodara, keterangan dalam situsnya menyebutkan :

  • Free international calls and text messages to other Viber users using 3G or Wi-Fi.
  • Uses your existing contact list – check out which of your phone contacts and friends is already on Viber so that you can call and text them for free.
  • Go ahead and start calling and texting. It’s free* and it works great!

Kalo sampeyan sudah make aplikasi semacam whatsapp sebelumnya, maka secara gampangnya aplikasi ini adalah whatsapp tapi bisa buat nelpon. Ndak perlu id tertentu macem di gtalk atau yahoo messenger, id sampeyan adalah nomer HP. Dan seperti halnya whatsapp, untuk bisa memanfaatkan layanan ini kedua belah pihak harus sama-sama menginstall viber.

Kualitas suaranya gimana?

Tergantung jaringan, saya mencoba aplikasi ini dengan menggunakan kartu axis, jenis paket data pro unlimited basic yang sudah terlampaui kuotanya, alias kecepatan maksimal saya cuma 128kbps, tapi suaranya masih lumayan. Memang ndak sebagus kalo kita make jaringan gsm biasa, tapi lumayan.

Bagi beberapa orang aplikasi ini mungkin ndak sebagus aplikasi yang lain, Mbak Pito misalnya, beliau bilang mendingan mbuka leptop, nebeng hotspot, Skype-an. Tapi buat saya yang jarang nongkrong di tempat berhotspot, dan (yang jelas) ndak punya leptop, aplikasi ini bisa jadi salah satu alternatif untuk sebuah kutukan keramat yang berjudul pengiritan.

About these ads

8 comments on “Hemat Telepon dan SMS dengan Viber

  1. yustha tt mengatakan:

    terimakasih infonya..
    karna di rumah cuma punya nmr rumah dan hp biasa (bkn smartphone), jd cuma memanfaatkan voip buat call rmh…

  2. rully mengatakan:

    dadi, hp-mu malih i-phone mas? wik, keren rek… :D

  3. Akbar PU mengatakan:

    Neng Android Market ono yo mas ? … gratis khan … nko koyo whatsapp mung 1 tahun ?

  4. leksa mengatakan:

    hanya ingin mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .
    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami di : http://www.optimasiseo.com/

  5. herry mengatakan:

    cucok buat yang punya pacar yo kang

  6. […] Pertanyaan yang sampeyan terima bukan lagi, “Berapa nomer HP?” tapi, “Berapa PIN BB? Punya whatsapp? Viber?” […]

  7. Achmad choirul mengatakan:

    mo tny bgaimana cranya menonaktifkan layanan viber harian?

  8. Kaos bola inter milan mengatakan:

    Sampe sekarang saya masih pakai HP jadul, yang pemberian nenek ku. Yang jelas dia bisa berdering dan sms. Sms deringnya menunjukka adanya orderan untuk toko online ku. Itu aja dah cukup ..hihihi..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s