Audisi Calon Drummer Dream Theater

Bagi saya, salah satu band terbaik saat ini adalah Dream Theater, yang dibentuk tahun 1985 dengan nama awal Majesty oleh John Petrucci, John Myung, dan Mike Portnoy. Menurut ilmu kemeruh saya, band ini seperti jazz-nya musik metal, para personelnya sudah paham di luar kepala teori-teori musik, dan saat bermain mereka melupakan semua teorinya. Misalnya diibaratkan musik pop adalah jalan santai, musik speed metal lari sprint, maka musik progressif metal ala Dream Theater adalah lari kesandung-sandung, jalan santai, tiba-tiba sprint, lalu jatuh gelundungan, sulit ditebak, dan yang jelas sulit dimainkan.

Semua personel Dream Theater hebat, kecuali mungkin vokalisnya yang kadang agak keteteran , tapi salah satu nyawa utamanya terletak pada sang drummer, Mike Portnoy. Kalo sampeyan pernah mendengar permainan bass Billy Sheehan yang ndak puas cuma jadi penjaga ritme, demikian halnya dengan Mike Portnoy, hingga ada semacam olok-olokan kalo beliau ini ndak sekedar drummer tapi lead drum. Kadang dalam sebuah lagu yang menjadi penjaga ritme justru gitarisnya, John Petrucci, sementara si Portnoy ngedrumnya pecicilan kemana-mana.

Makanya cukup mengagetkan waktu Portnoy menyatakan diri keluar dari Dream Theater, setelah sekitar 25 tahun membesarkan band ini. Susah membayangkan Dream Theater tanpa Mike Portnoy, seperti membayangkan Dewa 19 tanpa Ahmad Dani, atau Metallica tanpa James Hetfield, dangdut tanpa Nita Talia, atau industri porno Jepang tanpa Maria Ozawa. *woi! fokus woi! fokus!!*

Tapi memang itulah yang terjadi, pada 8 September 2010 Mike Portnoy mengumumkan bahwa dia resmi meninggalkan Dream Theater, untuk kemudian mengisi posisi drummer pada band Avenged Sevenfold sampai Desember 2010.

Dan Dream Theater pun membuka lowongan drummer. Menurut kabar burung yang saya dengar konon ada tujuh orang calon drummer yang diundang untuk mengikuti audisi, dan sudah tentu saja mereka bukan drummer sembarangan. Sampeyan haruslah drummer terbaik untuk bisa bergabung dengan band terbaik.

Inilah tujuh drummer tersebut:

  1. Aquiles Priester

    Lahir 25 Juni 1971, drummer dengan genre power metal dan progressive metal, pernah bermain dengan band Angra dan Hangar.

  2. Derek Roddy

    Lahir 28 Agustus 1972, drummer serba bisa dengan genre death metal, blues, jazz, dan rock. Konon dia ini terkenal memiliki kecepatan dan kekuatan yang luar biasa. Pernah bermain dengan band Hate Eternal, Malevolent Creation, Nile, Divine Empire, Aurora Borealis dan Council Of The Fallen.

  3. Marco Minnemann

    Lahir 24 Desember 1970, termasuk salah satu drummer yang seneng mengutak-atik perangkat dan permainan drum, juga pinter menuangkannya dalam bentuk pelajaran. Konon bukunya yang berjudul Extreme Interdependence dan Maximum Minnemann dipuji-puji oleh banyak orang sebagai buku pelajaran drum terbaik.

    Dia ini ndak cuma bisa main drum, gitar, bass, keyboard, organ, dan perkusi pun dia embat. Dan ndak cuma sebagai pemain, dia juga berperan sebagai komposer, produser, dan engineer, pokoknya kemaruk lah. Genrenya jazz, rock, heavy metal, dan instrumental metal. Soal pengalaman bermain juga ndak perlu dipertanyakan lagi, dia sudah main dengan banyak musisi top macem Paul Gilbert, Greg Howe, selain proyek solo dan band bentukannya sendiri.

  4. Michael Mangini

    Lahir 18 April 1963, drummer dengan genre trash metal, funk metal, progressive metal, dan instrumental metal ini pernah bermain bersama Annihilator, Steve Vai dan Extreme. Dia juga ngajar di Berklee College of Music. Kalo pengen liat gimana dia main sama Petrucci dan kawan-kawan monggo disimak video audisi drummer Dream Theater part I

  5. Peter Wildoer

    Lahir 5 September 1974, drummer bergenre heavy metal ini pernah bermain untuk band Armageddon, Majestic, Pestilence, Silver Seraph, Arch Enemy, Time Requiem, Gardens of Obscurity dan Dawn of Oblivion. Dia juga pernah berkolaborasi dengan vokalis Dream Theater, James Labrie dalam album Static Impulse.

  6. Virgil Donati

    Mungkin drummer paling tua yang ikut ambil bagian dalam audisi ini, lahir di Melbourne, 22 Oktober 1958. Drummer bergenre instrumental rock, progressive metal dan jazz fusion ini pernah bermain bersama ex keyboardis Dream Theater, Derek Sherinian, dalam band bernama Planet X.

    Sekedar info buat sampeyan, Derek Sherinian ini pernah juga mengisi track keyboad di salah satu albumnya Yngwie Malmsteen. Buat yang ndak tau Yngwie Malmsteen, beliau ini salah satu pelopor gitar yang mengandalkan kecepatan, yang keluar dari band bernama Alcatraz karena konon Alcatraz ndak bisa menerima kenyataan kalo gitarisnya lebih terkenal daripada nama bandnya.

    Ndak tau Alcatraz? Itu nama penjara yang konon setara dengan Azkaban. Tau Azkaban kan? *Woi! Fokus! Fokus!*

Demikianlah nama ketujuh calon drummer Dream Theater tersebut.

Lho, kok tujuh? Baru enam itu!

Lha mbuh, wong dari video audisi drummer Dream Theater memang yang nongol cuma enam kok. kalo ada yang tau siapa oknum ketujuh, monggo, jangan sungkan-sungkan untuk ngasih tau saya.

Apdet tanggal 28 April 2011, terima kasih buat Fandrisha Zhahira, inilah drummer ketujuh yang ikut audisi drummer Dream Theater:

7. Thomas Lang

Lahir 5 Agustus 1967 di Wina, Austria. Dia ini pernah dinobatkan oleh majalah Drummer Magazine sebagai salah satu drummer tercepat dan paling ruwet, alias penuh dengan teknik tingkat tinggi. Genrenya cukup lengkap, mulai dari pop, rock, jazz, sampe progressive.

Kalo sampeyan belum tau, dia pernah bermain untuk John Wetton (UK, King Crimson), Robert Fripp, Glenn Hughes, Robbie Williams, Kelly Clarkson, Sugababes,  Steve Hackett,  Falco, Nina Hagen, Steve Jones, Geri Halliwell, Emma Bunton, Victoria Beckham, Ronan Keating, juga Boyzone. Ya, Boyzone sodara-sodara

*foto-foto ngambil tanpa permisi dari situs drummerworld

About these ads

28 comments on “Audisi Calon Drummer Dream Theater

  1. Antyo | Arsipaman mengatakan:

    Woh ada veterannya, eks-Alcatraz :)
    BTW kalo denger An Evening with Jordan Rudess dan Joh Petrucci, serasa dapat sketsa musik DT. :)

    #stein:
    saya sebenernya mikir, gimana kalo lagu macem change of season, atau album scenes from a memory, atau six degrees of inner turbulence itu dibikin semacam filem gitu. kan sudah berbentuk cerita itu paman

  2. chocoVanilla mengatakan:

    Saya milih nomer 4, Mas. Kok kayaknya ganteng gitu :oops:
    Eeh, ini ndak disuruh milih to?

    Saya ndak terlalu ngerti drummer2 itu, wong saya cuma mahir main rebana :oops:

    #stein:
    saya juga ndak gitu ngerti, untungnya ada om google :lol:

  3. Fandrisha Zhahira mengatakan:

    thomas lang, kelewat tuh

    #stein:
    makasih infonya, sudah saya edit

  4. Asop mengatakan:

    Waaaaah sebegitunya ya Dream Theatre…. :o
    Saya gak suka jenis musiknya, jadi ga terlalu perhatian ama mereka. :)

    Tapi, saya punya akal, kenapa nggak Akira Jimbo yg jadi drummer barunya? :D

    #stein:
    saya pernah liat videonya, manteb banget

  5. bowo mengatakan:

    Baca biografinya aja rasanya udh ruwet, gimana mainnya yah? Maklum mas taunya cuma mantous dg campursarinya je.

    #stein:
    saya juga aslinya cuma tau didi kempot, cuma demi pencitraan saya harus nulis beginian :twisted:

  6. mandor tempe mengatakan:

    saya lihat mainnya mike portnoy di dream theater kok malah melihat sepertinya dia nggebuk sembarangan, gak bisa mengikuti pukulan-pukulannya :D saking ruwetnya. Lha kok sekarang malah keluar dari dream Theater.
    Sampeyan gak ikut ndaftar? mungkin ada lowongan mbawain dan masang cymbal nya

    #stein:
    hahaha, saya mburuh saja lah

  7. mamaray mengatakan:

    weh
    salam 3 jari…!

    #stein:
    *headbanging*

  8. Emanuel Setio Dewo mengatakan:

    Penggambaran karakter musik Dream Theatre-nya bagus banget. Dari banyak lagunya, saya cuma nge-fans 1 lagu. Sayang judulnya lupa. Hiks…

    #stein:
    biasanya sih the spirit carries on :lol:

  9. ardhinugros mengatakan:

    yang terpilih Mike Mangini ya..

    #stein:
    yup, kalo ndak salah ex drummernya extreme

  10. sigit mbolang mengatakan:

    akhirnya yang kepilih Mike Mangini dan ternyata Mike Portnoy minta balik lagi ke DT (di Avenge Sevenfold doi nggak mau jadi personel tetap, cuma mau additional bae, eh A7F malah udah punya drummer baru lagi) sama DT ditolak. Jordan ruddes sampe bilang Mike ente nggak bisa nggituin kita2 neh..wong udah pinya Mangini..
    sayang bangged
    hope Portnoy bikin band baru lagi

    #stein:
    saya pikir nyawa DT sebenernya di portnoy, tapi ya gimana lagi. kalo mbikin band baru seharusnya ndak kalah dahsyat

  11. Singgih Octafianto mengatakan:

    kok drummer power metal ga diminta ikut audisi ya om.
    lha aku favorite yo power metal je :garuk2pantat:

    #stein:
    mungkin karena power metal kurang progresif :lol:

  12. Prudential mengatakan:

    mudah2an banyak drummer2 indonesia yg berbobot dan bsa mmbawa nama harum indonesia

  13. Prana mengatakan:

    aq ngakak bgt kalo liad si Marco Minnemann pas wktu audisi ,, dteng2 langsung pamer main jazz .. sampek wktu si voc, nya Lgi nya nyanyi, sampek ketawa2 gara2 liad ekspresinya si marco yg kyk rowan atkinson .. hahahhaaa

  14. Travel Haji Plus mengatakan:

    I like drum..tapi smpai saat ini belum sempat belajar,pdahal fasilitas sdh tersedia di kantor

  15. atonk mengatakan:

    dream theater adalah tidurku, yan selalu menemaniku memjelang tidur… SEMUNYA AKU SUKA, mulai dari ujung sampai pangkal, mulai awal sampai akhir, mulai bangun sampai tidur, dan mulai kenal sampai mati pun aku tetap mengagumi mereka…

  16. azlim mengatakan:

    dream theater(petunjukan mimpi)
    makna yg daleeemmm bgt . . ..

  17. gangsar mengatakan:

    kalo lagu-lagu yang dipake untuk audisinya itu, ada yang tau ga judulnya apa aja?

    trus sama judul lagu yang pas si james labrie komentar kaya gini “i was speechless watching this guy…, he’s fenomenal, he’s fenomenal.” di session 2 http://www.youtube.com/watch?v=-vaDfcKzLbY?

    ada yang tau???

    #stein:
    kalo saya ndak salah a night to remember, the dance of eternity, sama the spirits carries on.

  18. Innocent Faded mengatakan:

    numpang update ae kang Stein…
    Kangmas Portnoy sekarang udah bentuk band baru namanya Adrenaline Mobs,tapi dia milih genre bukan progressive metal/rock melainkan heavy metal…(katanya udah waleh ma jenis progressive)…
    sempet curhat bahwa ada konflik yang gak berujung ma personil DT yang lain…(kata kang Petruci lewat SMS ke saya DT lebih bebas tanpa dia soalnya dia diibaratkan the policeman of the band,,,hehehe…)
    tp whatever mudah2an dengan masuknya Mangini DT akan lebih mantap lagi…
    udah ada album barunya…tp skali lagi menurut saya yang enak cuma di mellow-nya aja yaitu “This is the life” dan “Far from heaven”…
    matur thank you kang…

  19. pay mengatakan:

    salam mettal……

  20. gareng mengatakan:

    smangat dream theater. bwat sang guru portnoy tetap no 1.

  21. fhilza mengatakan:

    COPAS!!

  22. Travel Umrah mengatakan:

    Asik kali ya kalau bisa main drum?

  23. Dahlia mengatakan:

    gw mau jadi drummer walaupun gw cewe tapi pengen banget…

  24. Ichy musisi mengatakan:

    mangini lbih susah ketukan’a kang… kalo portnoy ahli narsis kamera.hehehehee

  25. Fajar mengatakan:

    hmmm padahal si mike keren bnget saat mash breng dream theater….
    mike is the best lah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s