Kuis Malem-malem

Tulisan yang pernah nangkring di ngerumpi[dot]com, ungkapan kekesalan saya karena perlakuan semena-mena yang diterima senior saya di Persatuan Orang Jelek Seluruh Indonesia Thukul Arwana.

bisik-bisikSampeyan betah melek malem? Kalo iya coba sekali-kali pas hari Selasa atau Rabu sampeyan pelototin TPI sekitar jam 2 pagi, ada kuis interaktif yang mantab susunya. Lho, kuis kok mantab susunya?? Saya ndak salah nulis sodara-sodara karena pembawa acara kuisnya memang jualan paha dan payudara.

Kalo itu terlalu larut buat sampeyan jangan kuatir, ada alternatifnya, sekitar jam 12 malem di hari yang sama ada kuis F1 Sensation di Global TV. Hampir sama dengan Kuis Bisik-bisik, di acara kuis yang berdurasi sekitar setengah jam ini pembawa acaranya juga jualan paha dan payudara.

Konsep kedua kuis itu relatif sama, sampeyan harus menjawab pertanyaan super duper gampang yang berbentuk pilihan ganda dengan cara mengirimkan sms, tarif premium tentunya. Setelah itu pembawa acara akan menelepon sampeyan untuk menanyakan jawabannya. Kalo sampeyan sudah pernah nonton pasti akan terheran-heran melihat para peserta kuis ndak bisa njawab pertanyaan nggilani macem, “siapakah pentolan Dewa 19, Ahmad Dani atau Ahmad Albar?”

Mungkin karena itu banyak orang curiga kuis itu berbau penipuan, misalnya pengaduan yang masuk ke KPI berikut ini :

ian, Sumatera Selatan

acara kuis di tv tpi bisik-bisik,merugikan…

saat host-nya bilang gak ada sms yg masuk,temen saya langsung kirim sms ke kuis itu 5 kali dan udah dapat nimor pin kuis tapi 2 menit kemudian host nya bilang belum ada yg masuk…GIMANA CERITANYA….

TOLONG HARAP DIAWASI ACARA KUIS YANG BERBAU TIPU…

atau yang ini

Rizawanto Kurniawan, Yogyakarta

Tolong quiz F1 Sensation di globaltv dipantau. Karena aturan quiz sangat tidak jelas dan sangat dicurigai terjadi kecurangan.

Untuk penjelasan sudah ada yang membahas dalam blog

http://angga.web.id/2009/05/02/kuis-f1-sensation-globaltv-acara-sampah/

http://rizakasela.wordpress.com/2009/04/29/quiz-f1-sensation-yang-tidak-jelas-hanya-di-global-tv/

Terlepas dari masalah kuis itu menipu atau bukan, saya lebih tertarik untuk menyoroti komisi yang berfungsi sebagai regulator penyelenggaraan penyiaran di Indonesia, Komisi Penyiaran Indonesia.

Seperti sampeyan tau, KPI didirikan berdasarkan UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Sebagai bagian tidak terpisahkan dari tugas KPI adalah Pasal 36 Ayat (1) UU No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran yang menyebutkan,

Isi siaran wajib mengandung informasi, pendidikan, hiburan, dan manfaat untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemajuan, kekuatan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengamalkan nilai-nilai agama dan budaya Indonesia.

Sampeyan tentu masih inget Thukul yang ndeso dan katro kayak saya itu sudah dua kali acaranya dihentikan dengan alasan telah melanggar Undang-undang Penyiaran No. 32/ 2002 Pasal (5) b yang berbunyi

bahwa Isi siaran dilarang menonjolkan unsur kekerasan, cabul, perjudian, penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang.

Saya ndak anti pornografi, kalo pun dua acara kuis ini ndak ditegur atau dihentikan saya juga seneng-seneng saja. *mukamesumdotcom*

Hanya saja saya mau bertanya dimana letak keadilan dan supremasi hukum, ataukah jangan-jangan KPI berpendapat kedua kuis itu mengandung informasi, pendidikan, hiburan, dan manfaat untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemajuan, kekuatan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengamalkan nilai-nilai agama dan budaya Indonesia serta tidak mengandung unsur kekerasan, cabul, perjudian, penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang?

About these ads

38 comments on “Kuis Malem-malem

  1. sedjatee mengatakan:

    waahhh… belum pernah ngikutin kuisnya je… belum tahu juga kalo ada obralan tengah malam… hehehe… salam sukses…

    sedj

    http://sedjatee.wordpress.com

  2. Ayam Cinta mengatakan:

    Sampe apal gitu mas jadwalnya…. Hehehehe

  3. nothing mengatakan:

    hahaha, kabeh cen palsu

  4. Chic mengatakan:

    wooogh kok sampeyan ngerti yang kayak ginian toh Mas? Lah itu kan jamnya bobok :lol:

    • dimas wahyu mengatakan:

      duh aku juga sering tergoda to melihat terus ,hingga kebayang2 lho payudaranya….m tp kita berpikr positip aja,,,,,,,
      opk

  5. suryaden mengatakan:

    halah lak tenan to…
    memang sms premium itu… ?

  6. adipati kademangan mengatakan:

    sampeyan iki mesthi keracunan kopi terus gak iso turu :D.

  7. kucrit mengatakan:

    kayaknya perlu diperbaiki lagi tuh undang-undangnya….

  8. yimz mengatakan:

    walhadalah, pertanyaanmu dowo tenan, sampe 8 baris, total 50 kata. hanya orang yg esmosi yg bisa buat satu kalimat super majemuk sepanjang itu. hehehe..
    *lagi sinau tata bahasa indonesia.

  9. arman mengatakan:

    emang gak bermutu ya, tapi buktinya banyak yang suka, makanya tetep ada aja acara beginian di tv.. hehehe

  10. yustha tt mengatakan:

    KPI kok skrg ngebiarin acara2 ndak mutu bebas tayang ya?? Herman saya!!

  11. sugiman mengatakan:

    KPI…bangun!!

  12. Takodok! mengatakan:

    wah.. jamnya bobok itu.. bener mbak Chic :lol:

  13. mawi wijna mengatakan:

    Bener nih, sekali-kali ajak KPI bergadang bareng dunk Mas Stein. Biar mereka tahu ada yang jualan paha dan payudara malem-malem, hihihi…

  14. masoglek mengatakan:

    berarti sampean sering nonton, hayo ngaku!!

  15. Eka Situmorang-Sir mengatakan:

    skr seringnya ngerumpie nih mas stein ;)

    anw…. saya pernah liat kuis itu juga,
    aneh bin ajaib tu kuis..
    and ya bener gak jauh2 dari paha and dada

    heeem kok jadi pengen ayam goreng ya :D

  16. aNGga Labyrinth™ mengatakan:

    Waduh, siaran di TV kita ini memang banyak masalahnya
    ngak salah dong klo anak2 (seperti saya) lebih seneng nonton anime yang kualitas cerita yang disajikan lebih berbobot dari acara TV.

    Masalahnya anime yang disiarkan di TV kita juga ngak yang mendidik, gimana coba?

  17. zefka mengatakan:

    emang kuis2 yg tengah malam itu gak mutu banget.. apalagi yg pake tipu2. Mungkin masih dibiarkan KPI krn jam tayangnya tengah malam ya, diharapkan hanya orang dewasa aja yg nonton dan jg diharapakan orang2 dewasa tsb udah bisa berfikir dan menentukan sikap. Kalo udah tau gak mutu….. mending gak usah ditonton dan diikuti kuisnya deh. Kalo gak ada yg ikut kan bisa aja nantinya gak ada acara model kayak gitu

  18. GeLZa mengatakan:

    yayayaya…
    saya juga sering liat tuh kuis..
    yang menang sih ada…

    yang seharusnya dihentikan itu sinetron…

  19. shanushy0809 mengatakan:

    kuis seperti itu mang nggak bermutu
    tapi…
    ada manfaatnya lho
    obat ngantuk, menyegarkan mata setelah lama-lama didepan monitor
    he..he..he..

  20. cjdw mengatakan:

    KPI nggak sempat sensor,
    maklum malam-malam lagi enaknya tidur pulas

  21. mercuryfalling mengatakan:

    eh emang hadiah kuiznya apaan sih ? rahma azari ? kok pd rajin banget ngirim sms :D

  22. arby mengatakan:

    Emang benul tuch mas,..
    dimana relevansinya klo acara Tukul dah 2x
    di brenti’in..cma gra” cipika-cipiki ma mkn cicak..
    ato emang mungkin orang indonesia g bleh liat orang maju kalee ya..Hheehee

  23. Barray d. mengatakan:

    Pembawa acara kuis F1 Sensation di globaltv klo mo donlot video nya yg kbetulan ga pake cd,,,
    silahkan ,,,,

    http://www.ziddu.com/download/6127997/MVI_2741.avi.html

  24. warm mengatakan:

    beneran pengamat acara tengah malem sampeyan ini :D
    saya gak pernah ikutan, males mas, mending kayak sampeyan, nonton anteng :D

  25. hendra mengatakan:

    :D kpi nya keasikan nonton juga kayanya..

  26. [...] cicak lawan buaya, toh sama-sama mengklaim based on true story. Atau siap-siap begadang nanti malem nonton kuis F1 Sensation dilanjut dengan Kuis Bisik-bisik. Diterbitkan [...]

  27. [...] apa ya? Saya malah inget poto-poto, video-video, kuis galaxy. Jiyan! Diterbitkan [...]

  28. prasetyandaru mengatakan:

    Mbalik lagi ke tulisan situ yang kembali ke era ********** itu paklek..mungkin selera kebanyakan orang di negara ini ndak jauh dari itu, meski siang treak2 anti pornografi dan pornoaksi..malem2 nonton gituan…idep-idep pengantar tidur to

    #stein:
    sekarang sudah mulai lagi lho… :mrgreen:

  29. [...] sekarang layanan seperti ini masih saja bertahan, dan mungkin malah bertambah. Mulai dari acara kuis yang berbau esek-esek sampe konten yang berisikan ceramah agama semua ada di [...]

  30. [...] Tarif 50% untuk TNI/Polri Kadang kalo abis begadang nonton kuis esek-esek macem kuis galaxy di TPI atau kuis bisik-bisik di ANTV yang tayangnya barengan sama jadwal PSK pulang kerja itu saya berangkat ke pabrik ndak naik motor, [...]

  31. Asop mengatakan:

    KPI gak bergigi…. :(

  32. dimas wahyu mengatakan:

    kapan ada acaranya kuis digelar lagi…dah kangen ni ma mbk yeyen…n rahma yang aduhai…..

  33. kumba mengatakan:

    kpi minta setoran kaleee…….
    biasalah di negeri kita biar licin…

  34. Hariansyah mengatakan:

    Itu sih acara memang khusus deqwasa tapi g masalah sebenarnya karena gimana qt menanggapinya, klo sy pribadi sih tanggapannya lucu kog Host cantik2 mau kerja tengah malam mending sy kerjai dirumah saya

  35. hiyosoka mengatakan:

    sekarang acaranya uda gk ada ya???
    ato masik ada??
    klo ada hari apa n jam brapa???

    dah bingung nih gk ada chanel yg mantab……:D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s