Tukang Becak, Tukang Pijet, dan Hotel Esek-esek

Hari Minggu kemaren saya ke Solo, menghadiri undangan ngunduh mantu seorang adik kelas saya di sekolah tinggi kaum dhuafa yang juga pernah satu kantor di Probolinggo. Saya berangkat Minggu pagi abis subuh dengan harapan sampai Solo siang trus survey-survey panti pijet istirahat dulu, dari hari Kamis saya nyaris ndak istirahat gara-gara disuruh ikut In Hotel Training sama pabrik tempat saya mburuh.

Acaranya sendiri baru mulai jam 7 malem, saya ndak mau berangkat siang karena ndak tega liat anak saya yang pasti bakal nangis-nangis kalo saya tinggal. Dia rada ngambek karena sudah beberapa hari saya tinggal terus.

Singkat cerita saya sampai terminal Solo sekitar jam 1 siang. Seperti biasa saya langsung dirubungin tukang becak yang ngikutin terus sambil minta tanda tangan nanya-nanya, “mau kemana mas?”

Sebenarnya saya rada males melayani mereka, teringat pengalaman buruk waktu dulu saya ditipu mentah-mentah.

Dulu saya pernah bingung di terminal Solo karena tempat ngetem bis yang jurusan barat (Jogja, Purwokerto, dll) beda sama tempat ngetem bis jurusan timur (Surabaya, Purwodadi). Masih dalam satu terminal tapi beda tempat. Sama tukang becak saya dibilangin, “kalo mau ke Jogja dari terminal baru mas”. Alhasil saya terpaksa merogoh kantong cuma untuk diputerin dari satu sisi ke sisi lainnya. *mungkin saking susahnya nyari duit sampe aksi tipu-tipu pun terpaksa dilakukan*

Kemaren itu pun akhirnya saya nyerah sama tukang becak karena didesak terus, saya nanya dimana hotel yang murah, sekedar buat istirahat nunggu jam 7 malem. Dengan semangat tukang becaknya bilang, “saya anterin saja, tinggal pilih mau yang pake AC atau ndak”.

Dan dianterlah saya ke sebuah hotel yang jaraknya ndak sampe 50 meter dari tempat tukang becak tadi ngetem. Parahnya lagi waktu saya liat daftar tarifnya ada pilihan “SHORT TIME“. Siyalan!! :shock:

Akhirnya saya masuk, murah, cuma 45 ribu perak. Dan seperti sudah saya bayangkan sebelumnya, kamarnya kumuh. Ndak ada kunci kamar, jadi kamar cuma bisa diselot dari dalam.

Tak berapa lama kemudian penjaga hotelnya ngetuk kamar saya, “boss, mau dicariin cewek ndak?”

Saya bilang carikan tukang pijet saja, soale saya capek tenan. Kata si penjaga, “nanti sampeyan nego sendiri saja kalo mau plus-plus, kalo cuma pijet saja 75 ribu”. Ndak masalah saya bilang, pokoknya cari yang memang bisa pijet.

Abis itu pintu kamar saya diketok lagi, masuk mbak-mbak setengah mak-mak yang kata si penjaga hotel adalah tukang pijet. Begitu masuk si mbak tadi langsung nglepas celana jins-nya, jadi tinggal make celana dalem. Ugh! Saya langsung napsu perasaan saya langsung ndak enak.

Tanpa basa-basi si mbaknya langsung bilang, “di sini paketnya kalo pijet sama maen 250 ribu”. Heh?! Apa?! :shock:

Mbaknya sampe ngomong 3 kali baru saya bisa nangkep dengan jelas maksudnya. Saya nanya, “kalo misalnya saya cuma mau pijet saja gimana?” kata mbaknya, “ya pijatnya ditambah satu jam tapi bayarnya tetep 250 ribu, soalnya sudah jadi satu paket”.

Walah! Saya langsung bangun, ini sih pemerasan! “Ndak jadi deh mbak pijetnya, sampeyan pulang saja saya kasih ongkos”.

Eh, mbaknya marah, “kalopun saya disuruh pulang sekarang sampeyan tetep harus mbayar 250 ribu! Saya kerja ikut orang, sekali keluar gini ditarget harus pulang mbawa duit 250 ribu!”

Welhah, saya ini orangnya males ribut, tapi saya kan ndak punya duit mau diperas sama tukang pijet palsu ini. “Wis mbak, kalo sampeyan ndak mau terima yo wis, kita ke polisi saja”. Dia nggertak ya saya bales nggertak tho.

Si mbaknya ngomel-ngomel terus, “kalo sampeyan ndak mau maen ya ndak papa, saya pijet biasa saja, ongkosnya 100 ribu”. Akhirnya saya kasih 100 ribu, “wis, pulang sana, ndak usah pijet, cocotnya sampeyan ndak enak didengar!” *sumpah, seumur-umur saya baru sekali ini mengumpat orang dengan cocotnya*

Abis itu saya ke tempat resepsionis yang lebih mirip sama meja penjaga toilet umum, penjaga hotelnya nanya, “kenapa ndak jadi boss?”

Saya ngomel, “sampeyan ini ndak nggenah blas, tadi saya bilang apa? Saya nyari tukang pijet, bukan perek cewek yang omongannya ndak enak didengar ini!”

Setelah itu saya ngurung diri di kamar, keluar cuma sekali nanya arah kiblat, yang dijawab dengan muka heran penjaga hotelnya, “mau sholat boss…?”

Sampe akhirnya saya pamitan mau check out si penjaga masih ngomong, “sampeyan ini dicarikan gadis kok ndak mau tho boss”. Batin saya, “gundhulmu atos kuwi! harganya ndak cocok sama kualitasnya

Waktu di acara resepsi saya ceritakan peristiwa itu sama temen saya si Sugiman Partodikromo. Dia ngakak, “rasakno…!”

*cocot : bahasa jawa kasar untuk mulut

About these ads

106 comments on “Tukang Becak, Tukang Pijet, dan Hotel Esek-esek

  1. mawi wijna mengatakan:

    hiii parah! Cari hotel murah-meriah yang bener-bener “bersih” itu susah juga ya? Solo rupanya juga belum benar-benar “bersih”, hmmm…

  2. warm mengatakan:

    nasibmu lagi apes, bos :D
    iya tuh, apa cmua tukang becak di solo gitu ya ? saya juga pernah nyaris diputer-puter gitu hu uh

  3. edy mengatakan:

    tau gitu kan mending skalian nunggu di tempat pijet plus plus aja yaa :lol:

  4. big sugeng mengatakan:

    oaalah……. ki kasihan tenan …… kira2 kalau yang mijit kayak manohara yaa nggak diceritain di sini ya…
    nggak tahu orang pajak sudah modern

    #stein:
    tau saja sampeyani ni om :mrgreen:

  5. rizda mengatakan:

    wakakakaka…lucu bgd pengalamana…

    yah seratus ribu melayang sia-sia deh…

    wkwkwkwk

  6. mang kumlod mengatakan:

    Bayar tukang pijet lebih mahal dari kamar ya bro hehehe…

  7. Generasi Patah Hati mengatakan:

    Owalah, sungguh pengalaman yang mengesankan itu :lol:
    wah di Solo juga udah kayak gitu ya, apalagi di kota lain yang lebih besar hahaha.
    sayang juga 100ribunya tuh :lol:

  8. nomercy mengatakan:

    asli … asli … saya ngakak abis baca ini … huaahahaha .. :lol:
    hampir-hampir mirip ketika saya dahulu ke yogya … juga begitu … mau cari penginepan murah malah dianterin ke tempat esek-esek … saya gak tahu awalnya … maklum dari kampung … tahunya sewaktu mau daftar malah ditanya mau shorttime atau berapa lama dan mau dicariin cewek segala … saya malah marah-marah di situ … langsung keluar cari tukang becak yang kebetulan yang tadi juga dan dia heran kenapa saya balik … saya diem aja terus bilang anterin saya ke masjid terdekat …
    hahaha … untunglah di masjid malah ketemu temen sekampung saya dan dianterin ke rumah sahabatnya …
    asli mas … saya ketawa ngakak baca ini … pagi jadi seger banget rasanya …

  9. Gandi Wibowo mengatakan:

    Hmmm… untung saya gak kena kayak Gitu.. Waktu ke semarang, saya juga nyari hotel murah, tapi alhamdulillah Gak pake ditawarin cewek :D

  10. muhamaze mengatakan:

    waduw gitu ya.. aku belum pernah ke Solo dan aku ada rencana mau ke solo lho..

  11. Vicky mengatakan:

    Hwahahahaha! Mas, ini ceritaannya saya bacain keras-keras di kantor, sekantor ketawa semua. Mantri saya nanyain, Mas, itu hotelnya di Solo alamatnya mana? Nama hotelnya apa? Ada harga korporat, ndak? Hahahaha!

    #stein:
    hotel yang kayak gini banyak di solo mbak, konon sama banyaknya kayak salon plusnya. buat yang solo, maap :smile:

  12. egah mengatakan:

    :)) :)) :)) :))

    cuma iso ngguyu mas ora iso komentar….sampek dideloki kasi-ku ngguya-ngguyu dewe nang ngarepe komputer…

    :)) :)) :)) :))

  13. arifsearifarifnya mengatakan:

    ntar ngajak sayah ya mas…..tak dudohke nggon sing nggenah…pijet thok ato nambah yang lain-lain

  14. lambenesugiman mengatakan:

    Akhirnya diposting juga..haha

  15. deeedeee mengatakan:

    haduuuuuuuuh… serem bener euy ceritanya…
    besok2 nyari hotel yg mahalan dikit, mas, biar aman… :mrgreen:

  16. lambenesugiman mengatakan:

    thank bro..

  17. samsul arifin mengatakan:

    emang mas, biasanya kalau pasang wajah “mesum” ya dikasihnya ya yang “berbau” mesum juga. hehehehe. :mrgreen:

    gini aja mas, lain kali kalau mau nginep di hotel, pake baju koko aja, jadi bisa “sedikit” lebih dihormati.

  18. Chic mengatakan:

    wooo ya lain kali booking hotel or penginapan dulu Mas, biar sampe sana sudah ada arah dan tujuan mau kemana…

    • Iya, bener2 ni kata mbak Chic… Hehehe. Tapi kadang hal2 atau pengalaman2 seperti yang mas ceritain di atas juga bikin hidup jadi lebih berwarna… Hehehehe…. Yang penting tetep ‘do the best’ ajalah…

      *btw ni ceritanya dah agak lama yaaa, tapi gapapa deh… :D

  19. marshmalow mengatakan:

    wah, lama absen ngeblog, datang-datang disuguhi cerita serem saya. hahahaaa… mastein beneran nolak juga kalau si mbak cakep dan seksi? hueeee… ngaku!

    #stein:
    klo itu namanya rejeki mbak, pantang ditolak! :mrgreen:

    seks memang jadi komoditi murah-meriah ya, mas? antara himpitan ekonomi dan kesenangan juga kayaknya. buktinya kalau jadi tukang pijet yang lurus, kayaknya sekadar hidup sederhana boleh juga. jadi kenapa musti pake plus-plus? apalagi bila mengingat resikonya. *pengalaman pribadi.com* :mrgreen:

    #stein:
    duitnya lebih banyak mbak, tapi yang jelas kalo saya itu memang salah dari awalnya. wong hotel esek-esek ya dapetnya yang esek-esek juga :lol:

  20. si-69 mengatakan:

    Kenapa yah, gw pikir kalo si mbok2 pijetnya sexy kayak Monica Belluci.. sepertinya ending cerita akan lain…hahhahaa.
    Maap lho Mas.. kucing kan gak mau ikan asin basi.. maunya yang seger… hahhhaha

  21. masoglek mengatakan:

    saya cuma mau numpang ngetawain sampean kok mas :D

  22. Jadi mas, capeknya tidak hilang dong… Kasihan wanita tu mas ya…cari uang dengan plus..plus… he..he…

  23. AeArc mengatakan:

    hehe.. kok ga da pijat min-min ya? :D

  24. Ade mengatakan:

    nyari hotelnya yang mahalan dikit mas, jadi ‘kualitas’-nya juga lebih bagusan hehehe.. :mrgreen:

  25. kucrit mengatakan:

    untung imane sampean kuat mas…

  26. suryaden mengatakan:

    aku yo melu ngakak waelah… sabar mas sabaaar… hahaha

  27. Abi Rafdi mengatakan:

    Jaman sekarang semakin gampang orang menghalalkan zina ya..ck ck ck..saya rasa semua agama melaknatnya..dan ada hukuman setimpalnya..minimal sampe mati lah hukumannya..itu aja baru hukum dunia..gmana hukuman akiratnya ya mas?..bagus mas,kuatkan terus imanmu.

  28. christin mengatakan:

    jadi pergi trus nyari hotel laen yang ceweknya lebih cantik gitu mas? :lol:

    *disetrum*

  29. mercuryfalling mengatakan:

    aduh aku gak berenti ngakak daritadi wkekkekkekek mejanya mirip meja penjaga toilet kakkakkakka

    100 ribu mau ngelanjutin pijet juga udah gak enak ya mas. kalopun dilanjutin juga, jangan2x pake kaki dia mijetnya ahhaa

  30. Billy Koesoemadinata mengatakan:

    huakakakak.. makanya mas, jangan sembarangan masuk hotel.. :P

    untung iman masih terjaga.. kalo ndak, wah.. bisa dosa tuh..

  31. hot area mengatakan:

    thx infonya sob…

    download full software,request software,crack,serial,keygen

    disini:

    http://www.copie-pastie.blogspot.com/

  32. Eka Situmorang - Sir mengatakan:

    HUaahahaha
    kocak abiiis

    ajianmu kurang mas makanya dpt tk pijet yg begitu :p

    coba mandi kembang dulu 7 rupa
    pasti lain cerita hihihi

  33. iskandaria mengatakan:

    Hehehe.. Jadikan aja pengalaman manis mas :)

  34. Muzda mengatakan:

    Kamarnya sih boleh cuma 45 ribu, tapi (nggak) pijetnya 100 rb,, hahaaa
    Haiyah ..

    Ndagel!
    Hahaaa :D
    Ndak bisa brenti ketawa saya
    hahaaa ….

  35. suwung mengatakan:

    bener bener modern sampe hotel nyari yang 75 rebu

  36. Cerita Panas Dewasa mengatakan:

    Info yang menarik, makasih ya… :)

  37. asri mengatakan:

    ngakak mampus bacanya =))

  38. Jafar Soddik mengatakan:

    Untungnya Mas Stein masih kuat iman ya menghadapi tukang pijat wanita yang sudah buka celana jeans :D.

    Agak susah memang jika berada dalam lingkungan yang ‘samar-samar’ seperti itu. Kita cari yang benar-benar bisa pijat tapi justru itu yang ga ada, yang ada itu bisa plus tapi ga bisa pijat.

  39. fajar mengatakan:

    Wakakkakakakakkakakakk……Ceritamu lucu-lucu ngono an….Ngko maneh yen arep rono takon hotel sing nggenah karo wong solo & sekitarnya sing alim-alim (hehehehehheee)

    #stein:
    asline ancen golek sing ora nggenah kok cak :mrgreen:

  40. beruangqutub mengatakan:

    mbak – mbak iku anak buahku An

    kalo memang pengen yang mantep kyk monica bellucci, kan tinggal telpon aku wae, ben tak ganti.

  41. Mas Adien mengatakan:

    Stein…maaf aku wong Solo..kampung patangpuluhan alias 40 kilometer dari solo alias klaten hahahahaha…..sakno rek adoh adoh diapusi uwong…

  42. Anto mengatakan:

    “gundhulmu atos kuwi! harganya ndak cocok sama kualitasnya“ –> hyahahahaa…. best part !!

  43. Syukriy mengatakan:

    murah kok njaluk nyaman, bos?
    hehehe…. piss, salam kenal, pak.

  44. bundarozan mengatakan:

    ada ada aja…aja aja kok ada

  45. […] warung. Mungkin lagi serius mbaca pertempuran kadal lawan cicak, atau bisa juga lagi melototi iklan pijat plus yang makin hari makin vulgar. Saya dekati sambil mbawa cangkir kopi yang masih mengepul, “Liat apa […]

  46. ucrit mengatakan:

    yg sabr y o boss.

  47. Tetanggajenderal mengatakan:

    wakakaka…baru tahu ternyata saya menghabiskan 5,5 tahun di Sekolah Tinggi Kaum Dhuafa. Tapi sampeyan luar biasa bos, baru satu hari di Solo udah dapet pengalaman yg menakjubkan, saya sudah bertahun2 di solo belum pernah merasakan hotel deket terminal.

  48. hitamputih mengatakan:

    250.000 harusnya dapat mahasiswi ya boz…

    #stein:
    memang dapet ya segitu? :lol:

  49. Huang mengatakan:

    Semalam saya ngobrol sama penjaga ditempat saya memburuh. Dia bilang kalau dia pernah ngewe sama cewek dan tarifnya sama seperti mas, 250ribu :D dan itu dari malem sampe subuh bakal dilayani. hag hag hag…

    +1 buat share pengalamannya mas.

  50. Ryan mengatakan:

    gue nitip ketawa… kwkwkkwwkwk… jujur pagi2 gw search di google nyari tukang pijet…. eh malah ketemu blog gokil kayak gini…. hilang dah nafsu gw mau di pijet…..

  51. danial mengatakan:

    wah…belum tahu ya mas.sekitar trminal itu ada 200 psk lho.Di solo emang byk salon plus,panti pijat plus2 ,rumah penampungan,trus cewek panngilan.
    smoga g’ terulang lagi.jaman udah edan .skrg ini

  52. yuduto mengatakan:

    hehehhee…solo oh solo

  53. semendo mengatakan:

    ketawa ngekek bacanya :)

  54. matajuling mengatakan:

    saya ndak pernah comment mas, kali ini terpaksa ikut comment : hahahaha hihihi hahahaha hihihi, sakit perut.

  55. arumaarifu mengatakan:

    hahhahaha…. sumpah… ngakak.. beneran,,, :-D

  56. damoel mengatakan:

    HA HA HA HA,,,,,,Kasian juga ya mas,EMANG NGGAK MANDI WAKTU MAU KESOLO?

  57. Wati mengatakan:

    hahahah….apes bgt seh mas…..

  58. Penginapan di jakarta mengatakan:

    mampir nich dari jakarta selatan…
    also visit jasa pengamanan

  59. encrit mengatakan:

    waaaaaaaaaaaowwwwwww…………..
    amazing banget……..

  60. travel haji plus mengatakan:

    ngebacanya aja udah ngeri n geli kalo ngebanyangin itu terjadi sama saya. jd lain kali hati2 bro kalo request tukang pijit, jgn asal minta aja hihihi :P

  61. Prudential mengatakan:

    wah salut buat mas stein, ga tergoda dengan perempuan murahan

  62. melilea mengatakan:

    Begitulah seharusnya kita, tdk tergoda dengan kesenangan duniawi yang hanya semntara, sy justru kasihan sma wnita tsb,mudah2an Allah mmberi ptunjuknya

  63. Travel Haji mengatakan:

    Memang manusi tak lepas dari godaan dan cobaan, dan mas stein sdh mampu meleawtinya.mudah2an istiqomah. Slam kenal ya mas

  64. Wisata Edukatif mengatakan:

    Hanya iman yang kuat yang bsa mnahan godaan apapun,termasukgodaan wanita

    #stein:
    iman yang kuat plus kantong yang tipis :mrgreen:

  65. Travel Haji mengatakan:

    ga diman2 mana ya,tukang pijit ada layanan lainnya

  66. Tabri mengatakan:

    Hahaha….
    Cerita saya beda tipis…..
    Kejadian di Bogor, lagi asyik sendirian dalam kamar hotel tiba-tiba pintu diketuk, saya buka masuk tante-tante “permisi… Maas, saya temenin ngobrol ya….”. Kontan aja saya bingung, “memangnya ngobrol apa?”. “yaah apa aja boleh koq” jawabnya. Ujung-ujungnya sama, kayak gitu juga.
    Halah, saya suruh pergi dia ga mau, terpaksa dengan goceng melayang baru nyelonong tuh tante…..
    Gelo.

  67. Prudential mengatakan:

    binis birahi / sex berekdok panti pijit,bukan hal yg rahasia lagi..bukan hany di yogya hampir di seluruh wilyah indonesia kayanya ada tuh..nauzubillah

  68. bali property mengatakan:

    Hmmm selamat Mastein, anda layak dapat bintang…(terhindar dari zina) Luxury Rental Bali

  69. Haji mengatakan:

    Selamat bagi anda Mastein,,sudah terhindar maksiat. Alhamdulillah…

  70. ari fin mengatakan:

    mas2..ni ku mlem2, ngntuk.. ku bela2 in bka comp…mo nyri info bwt nginepin tmen dr jatim..biasa, nyri yg murah…eee mlah ngakak nggak ketulungan bca crita ni..halaaaahh…kkkkkkk…

    #stein:
    sukurlah :lol:

  71. agung mengatakan:

    Mantap

  72. azysforever mengatakan:

    Klo didjogja banyak gan,,malah lebih murah.. ane tau banyak t4nya..

  73. wong solo mengatakan:

    sbg warga solo saya mint mf atas ktdk nyamanan’a ms..
    ,tarif kmr sgitu kmahaln(ad yg 50rb dh tv,bersh)
    Mungk klau saya brkunjung kkota anda,pst jg akan brnasip sama.

  74. budiyono mengatakan:

    Ha..ha.

  75. slamet mengatakan:

    huahahahahaha….
    untung masbro esih eling…
    hahahaha…

  76. ciwir mengatakan:

    Aslli ngakak maca iki…
    Pengalaman berharga bos
    Hahah

  77. travel umroh mengatakan:

    dikasih rejeki sesaat tuh…. tapi dosanya sepanjang masa….xixiixi

  78. iwansalafi mengatakan:

    Nauzubillah min zaalik

  79. Travel Umrah mengatakan:

    Kefakiran mendekati kita kepada kekufuran, Banyak sekali usaha berkedok panti pijat, Pijat tradisional dll, ternyta didalmmya kemaksiatan

  80. Adhi Yulistianto mengatakan:

    ha……………………….ha……………..

  81. umrah haji plus mengatakan:

    Kira-kita pa Jokowi tahu ga ya hal seperti ini terjadi di wilayah kekuasaannya, solo ??

  82. ari mengatakan:

    wahhhhhhhhhhh yang sabar boss,,gitulah lika liku cari uang

  83. ricky mengatakan:

    tarip pijat disolo mahal mahal bos masak pijat aja 100 ribu

  84. ricky mengatakan:

    solo emang mahal tarip pijatnya,rata rata 100 ribu

  85. ricky mengatakan:

    kalau mau nginap murah di solo di hotel kendedes aja atau hotel lorin, selain murah juga nyaman

  86. Allecthio mengatakan:

    Ndagel itu mbak nya
    Maen ga maen kok tetep njaluk 250
    kayaknya kalau jd maen, keluarnya juga ditarget,
    2 menit harus udh croot..

  87. adiekeputran mengatakan:

    sekolah tinggi kaum dhuafa :mrgreen:

    jiyaaaan

  88. hahahaha mau ketawa bacanya.
    keren jg ya bisa mengalahkan nafsu. pasti istri & anaknya seneng bgt deh.

    salam kenal :D lucu

  89. Selamet Hariadi mengatakan:

    he… Cari yang bersih butuh perjuangan. :)

  90. Kerajaan mengatakan:

    pengen banget

  91. yandi@obatjantung mengatakan:

    waduh parah dong pengen istirahat malah bikin emosi jiwa plus hilang uang 100ribu. mendingan hotel sedang dan bersih untuk istirahat gan, good post gan boleh ketawa kan gan ha ha ha, piss gan

  92. cahyo bagus mengatakan:

    PIJAT REFLEXOLOGI/ CAPEK Panggilan
    Anda capek??
    Ingin sehat, terhindar dari stroke, depresi, stress, lelah, letih dan gangguan lain? Pijat Refleksi Solusinya.
    Pijat refleksi sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, memberikan rasa relaksasi yang mendalam, menghilangkan stress, depresi, gangguan tidur, konsentrasi kurang, rasa lelah, letih, mencegah stroke, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penyakit tanpa menggunakan alat, obat-obatan dan sejenisnya, alamiah dan tanpa efek samping.
    … … … …
    Murah perjam 30rb perak!! buruan

    Request ke 0856 4309 6773
    Area Jogja

  93. alifandra mengatakan:

    jogjakarta tempat yang paling indah, ada tempat dugem ada pula pasarkembang, hahaha, ngakak lho baca legendamu kui,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s