Helm Gayung

Sampeyan tau gayung? Ciduk kata orang Blora, cibuk kata orang Jombang. Yang saya tau gayung itu fungsinya buat ngambil air waktu mandi, bukan buat dipake di kepala. Mungkin sampeyan bertanya, memang ada yang make di kepala? Ada! Dan itu bikin saya hampir celaka hari jumat kemaren.

helm-gayung

Ceritanya jumat sore kemaren saya pulang kantor, jalan masih rada santai karena belum keluar dari kota Pasuruan, mungkin sekitar 60km/jam. Di depan saya ada mobil sedan jenis lama, saya ndak apal mereknya. Lagi enak-enak jalan gitu tiba-tiba sedan di depan saya ngerem mendadak trus jalan zig-zag, oalah tobil anak kadal! saya misuh-misuh dalam hati karena kaget, ternyata mobil itu menghindari helm cibuk yang jatuh dari kepala pengendara motor di depannya.

Saya teringat enam atau tujuh tahun yang lalu waktu saya masih suka maen ke Jogja, kebetulan saya ini memang ada darah Jogja dan temen-temen saya di sana juga lumayan banyak. Waktu itu saya kalo naik motor di jalan sukanya make helm gayung dengan dua alasan, alasan pertama saya merasa budeg kalo make helm standard, kayaknya malah jadi takut celaka karena kurang peka, alasan yang kedua malu, kalo make helm standard itu rasanya ndak gaul. Mungkin sama halnya waktu saya pake motor yang kedua spionnya terpasang lengkap, bapak kost temen saya yang kebetulan polisi waktu liat motor pinjeman saya itu nanya, “ini motor pak lurah mana?” :shock: yang tertib malah dicela.

Kebiasaan berkendara saya di jalan mulai berubah waktu polisi jadi lebih galak di jalan, helm harus standard! Ternyata yang selama ini saya takut jadi kurang peka, budeg, dan sebagainya itu Cuma perasaan, masalah kebiasaan saja. Buktinya saya sekarang tiap hari make helm full face pun ndak masalah.

Waktu kemaren ada helm ala gayung jatuh itu saya mikir, apa orang yang make helm itu make helm gayung dengan alasan sama yang pernah saya rasakan beberapa tahun yang lalu itu. Apa dia ndak nyadar helm seperti itu nyaris ndak melindungi apapun, gimana mau melindungi wong kena angin saja terbang. Saya masih teringat jelas salah satu senior yang saya segani meninggal beberapa bulan lalu, di perempatan motornya ditabrak dari samping, dia meninggal karena cidera di kepala. Memang yang namanya takdir ndak bisa ditolak, tapi beberapa teman bilang kalau saja waktu itu dia pake helm standard mungkin akibatnya ndak  akan sefatal itu.

Mari budayakan malu kalo ndak tertib di jalan, budayakan sayang pada nyawa sendiri dan orang lain dengan memperhatikan kelengkapan keselamatan berkendara.

Malukah sampeyan kalau berlaku ndak tertib di jalan?

Mengenang mas Lovy Cahyadi, semoga sampeyan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya

About these ads

15 comments on “Helm Gayung

  1. mercuryfalling mengatakan:

    maksudnya helm yg kayak combat itu ya, mas ? yg suka dipake di lapangan.

    helm batok kalo kami nyebutnya di riau :D eh bener gak ya, lupa hehhehe

    #mas stein:
    betul mbak, kayak helm proyek gitu :lol:

  2. mercuryfalling mengatakan:

    eh ketinggalan. dulu kalo aku pake spion yg lengkap spionnya, suka diledekin spionnya berdoa :D

    #mas stein:
    persis, itu juga dulu yang dibilang sama temen-temen saya

  3. Chic mengatakan:

    oh ya betul itu Maaas… helm itu gunanya melindungi kepala, bukan buat gaya-gayaan…:D

    #mas stein:
    betul mbak, kalo mau gaya ndak usah pake helm, ndak ngrusak tatanan rambut, tapi harus naek mobil :lol:

  4. Vicky Laurentina mengatakan:

    Idih, saya ndak suka banget sama helm-helm ciduk kayak gitu. Bikin celaka banyak orang aja. Enaknya toko-toko yang masih jualan helm model gituan dibredel aja, masukin kantor polisi, truz disatuin sama selnya orang-orang gepeng..

    #mas stein:
    wuiks! sadis! :mrgreen:

  5. yessymuchtar mengatakan:

    Setuju banget mas..aku juga sukanya helm yang full face…

    #mas stein:
    betul mbak, lebih aman

  6. wijna mengatakan:

    iya mas, sekarang Jogja sampai di pelosok kabupaten pun tegas banget menindak oknum-oknum yang berseliweran di jalan memakai helm “batok”. Naik sepeda pun juga perlu helm lho.

    #mas stein:
    mosok sih mas, saya pikir kalo di jogja itu pake blangkon saja sudah cukup lho :mrgreen:

  7. wijna mengatakan:

    @mas Stein: itu berlaku kalau plus seragam kebesaran abdi dalem keraton. Mana ada polisi yang berani nilang? Ntar “ditarik” rejekinya sama Keraton piye? hehehe.

    #mas stein:
    ooo… saya pikir asal make blangkon saja :lol:

  8. suwung mengatakan:

    ngirit
    bisa buat mandi juga ya?

    #mas stein:
    lha itu om, masalahnya fungsi helm kan bukan buat mandi..

  9. hawe69 mengatakan:

    eh, model iklan-nya guanteng..hehehe

    #mas stein:
    like father like son lah :mrgreen:

  10. MzJiwo mengatakan:

    bapak kost’e sopo ya sing polisi???

    Wisma naga???

    iya tah….

    #mas stein:
    kose sing saiki dadi tukang sumur podho karo kowe iku lho kang :lol:

  11. deeedeee mengatakan:

    owalah,, saya kira itu ciduk yg sering saya pake buat mandi, tp ternyata cuman istilah toh.. *manggut-manggut*

    #mas stein:
    mosok blom pernah denger mbak?

  12. masnoer mengatakan:

    helm bathok ma helm ciduk bedanya dimana ya

    #mas stein:
    sama aja, cuma tiap daerah ngasih nama beda

  13. ekaria27 mengatakan:

    Turut berduka untuk temannya mas,
    mari sopan dan aman dalam berkendara.

    #mas stein:
    makasih mbak, di jalanan bukan cuma keselamatan diri sendiri yang dipertaruhkan

  14. asri mengatakan:

    ohhh, helm batok yak, yg warna putih itu :D
    di bandung dah nda ada yg pake deh, pulisinya galak :D

    disitu pulisinya kurang galak ya?

    #mas stein:
    welhah, di sini bukan kurang galak, tapi pengertian :lol:

  15. marshmallow mengatakan:

    tapi sudah empat bulan sejak saya kembali ke kota ini, hampir tidak pernah lagi saya lihat orang pakai helm proyek itu di jalanan. bahkan anak-anak yang katanya gawul pun pake helm lengkap yang standar. dan saya senang banget dengan kondisi ini.
    mudah-mudahan karena kesadaran tentang keamanan yang sudah tinggi, bukan karena takut dapat tiket dari polisi.

    #mas stein:
    bagus itu mbak, saya kadang mikirnya gini, kalo sama keselamatan diri sendiri saja sudah ndak peduli gimana mau mikir keselamatan orang laen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s